Ada Diskon 50% untuk Tiket Pesawat Mulai Maret Lion Air (Rizki Fitrianto)

BAGI para traveler sejati, tentu tak akan melewati kesempatan ini. Mulai Maret hingga April, kamu akan mendapatkan diskon 50 persen untuk harga tiket pesawat. Kebijakan tersebut dilakukan pemerintah khusus 10 destinasi wisata terpilih.

Kebijakan ini diterapkan karena adanya penurunan jumlah wisatawan akibat wabah virus corona. 10 destinasi wisata tersebut diantaranya Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Manado, Silangit, Batam, Malang, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang.

Baca juga:

Viral! Kerja 2 Jam Per Hari, Remaja ini Hasilkan Rp 181 Juta Tiap Minggu

Lion Air Boeing 737-900ER (foto : Daniel Andhika/Lion Air)
Lion Air Boeing 737-900ER (foto : Daniel Andhika/Lion Air)

Dilansir dari Antaranews.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan diskon 50 persen itu berasal dari insentif pemerintah pada sektor pariwisata dan perusahaan maskapai.

“Kita perkirakan diskon tiket pesawat bisa mencapai 50 persen yaitu 30 persen dari pemerintah dan 20 persen dari perusahaan airline,” katanya di Hotel RitzCarlton, Jakarta Rabu (26/2).

Baca juga:

Kecanggihan ScanEagle UAS, Drone yang Dihibahkan AS untuk Indonesia

Namun ada ketentuan yang berlaku dalam penerapan diskon ini. Misalnya diskon hanya untuk 25 persen seat yang tersedia di setiap penerbangan. Selain itu pemberian diskon juga terbagi menjadi tiga kategori.

Pertama diskon 40 persen untuk penerbangan maskapai full service. Kedua diskon 48 persen untuk pesawat medium class dan terakhir diskon 50 persen bagi maskapai low cost carrier.

Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal take-off. (Foto : garuda-indonesia.com)
Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal take-off. (Foto : garuda-indonesia.com)

Di tempat berbeda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kalau diskon ini bisa saja diperpanjang. "Jika memang belum recover, kami akan mempertimbangkan untuk diperpanjang," katanya di Jakarta, Senin (24/2).

Kebijakan negara ini ternyata bukan hanya diterapkan pada penerbangan saja, Sri Mulyani juga mengatakan kalau pemerintah akan mengenakan tarif nol persen pajak hotel dan restoran di 10 destinasi yang disebutkan. Ssebagai gantinya pemerintah daerah akan mendapat subsidi Rp3,3 triliun.

“Sektor pariwisata kita berikan berbagai paket mulai dari hotel, restoran, sampai agen travel dan airline nya. Kita harapkan ini bisa meningkatkan minat travelling di dalam negeri maupun dari negara di luar kecuali China,” katanya. (Yni)

Baca juga:

Naik Gunung? Persiapkan Celana yang Cocok


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH