Dari Manakah Datangnya Intuisi? Intuisi muncul tanpa harus berpikir panjang. (Foto Unsplash Intuisi muncul tanpa harus berpikir panjang. (Foto: Unsplash/Aaron Huber)Aaron Huber)

KAMU pasti pernah dihadapkan pada beberapa pilihan dan kemudian langsung memilih tanpa berpikir panjang. Nah, bisa jadi kamu sedang mengandalkan intuisi dan perasaan. Intuisimu berkata bahwa semua akan berjalan lebih baik jika memilih keputusan tersebut. Namun, seberapa percayakah kamu dengan intuisi yang kamu miliki?

Semua orang punya intuisi tapi tidak semua orang bisa percaya dengan intuisinya. Mengutip laman Hellosehat, intuisi adalah ide atau gagasan yang muncul dari seorang individu dan digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan tanpa adanya analisis. Isu tentang intuisi sudah diperdebatkan oleh para filsuf dan ilmuwan sejak zaman Yunani kuno.

Baca juga:

Intuisi Alami, Anjing Mampu Ketahui Niatan Seseorang

Dari Manakah Datangnya Intuisi?
Intuisi bekerja berdasarakan alam bawah sadar. (Foto: Unsplash/Eugene Lagunov)

Beberapa penelitian membuktikan bahwa intuisi dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang benar. Misalnya dalam penelitian yang dilakukan pada 1980-an kepada para perawat. Menunjukkan bahwa perawat yang telah bekerja dalam waktu yang lebih lama dapat membuat keputusan cepat tapi hasilnya baik dan benar.

Penelitian lain juga dilakukan pada orang-orang yang ingin membeli mobil. Hasilnya, konsumen yang mengumpulkan informasi terlebih dahulu terkait mobil yang akan dibeli ternyata menghasilkan rasa puas sebesar 25 persen saja.

Sementara orang yang langsung dengan cepat memilih mobil dengan hanya mengandalkan intuisi mereka memiliki rasa puas lebih tinggi, yakni sekitar 60 persen.

Baca juga:

Logika atau Perasaan, Mana yang Paling Benar?

Dari Manakah Datangnya Intuisi?
Ada beberapa hal yang tidak bisa diputuskan berdasarkan intuisi saja. (Foto: Unsplash/Elijah O'Donnell)

Di dalam otak, terdapat dua tipe sistem berpikir, yakni sistem sadar dan sistem tidak sadar (bawah sadar). Otak kiri bekerja ketika manusia mengatur sistem sadar namun bekerja lebih lambat, menjadi pusat analisis dan semua yang dikerjakan ini diketahui olehmu.

Sedangkan sistem bawah sadar atau tidak sadar, diatur oleh otak kanan. Bekerjanya tidak diketahui secara sadar, dan menghasilkan respon cepat. Nah intuisi, diatur oleh sistem bawah sadar kamu. Ketika intuisi muncul maka keputusan itu adalah keputusan yang muncul dari alam bawah sadar.

Menurut para peneliti, intuisi akan berubah menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya waktu dan tergantung dengan seberapa sering kamu menggunakannya. Alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan intuisi adalah karena intuisi sering kali ‘tahu’ apa yang terbaik untuk kamu walaupun tidak bisa dimengerti dan dianalisis secara sadar. (and)

Baca juga:

Cara Menemukan Kebahagiaan Berdasarkan Zodiak


Tags Artikel Ini

Andreas Pranatalta

LAINNYA DARI MERAH PUTIH