Intuisi Alami, Anjing Mampu Ketahui Niatan Seseorang Anjing dapat mengidentifikasi mana orang baik dan jahat (Foto: pixabay/skeeze)

ANJING adalah binatang yang sangat sadar secara sosial, selain dapat merasakan ketika kamu bahagia, sedih atau marah, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, mereka juga dapat merasakan ketika seseorang tidak dapat dipercaya, sesuai dengan isyarat tertentu yang diberikan orang tersebut.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Akiko Takaoka dari Universitas Kyoto di Jepang. Penelitian melibatkan 34 anjing dengan tiga kali memerintahkan anjing dengan gerakan menunjuk.

Baca juga:

Waspadai 5 Ras Anjing Pemburu Paling Galak

Babak pertama, mereka menunjuk ke sebuah wadah tertutup yang penuh dengan makanan. Babak kedua, mereka menunjuk ke sebuah wadah yang kosong. Babak ketiga, sama seperti yang pertama, tetapi babak ketiga ini hanya sedikit anjing yang menanggapi perintah.

Intuisi Alami, Anjing Mampu Ketahui Niatan Seseorang
Peneliti mengisyaratkan anjing pergi ke wadah kosong dan berisi makanan (Foto: Pixabay/Chiemsee2016)

Setelah percobaan tersebut, Takaoka menggunakan seorang eksperimen baru untuk mencoba menguji dengan mengikuti babak pertama sebelumnya. Hasilnya, anjing-anjing memercayainya dan mengikuti perintah itu.

Hasil menunjukkan bahwa tidak hanya anjing yang sangat terampil dalam memahami isyarat manusia, tetapi para anjing juga membuat kesimpulan tentang keandalan manusia yang memberikan isyarat. Akibatnya, para anjing memodifikasi perilakunya secara fleksibel tergantung pada kesimpulan.

Takaoka mengatakan anjing memiliki kecerdasan sosial yang lebih canggih daripada yang kita duga. Kecerdasan sosial ini berkembang secara selektif dalam pengalaman riwayat hidup mereka dengan manusia.

Intuisi Alami, Anjing Mampu Ketahui Niatan Seseorang
Anjing akan merasakan gugup dan stres jika kebingungan (Foto: Pixabay/kudybadorota)

John Bradshaw dari University of Bristol di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan penelitian ini memiliki implikasi potensial dalam studi perilaku anjing. Studi ini memberi tahu kita bahwa anjing lebih suka dunia ini menjadi pasti, dan ketika gerakan menunjuk saat uji coba tidak konsisten, anjing cenderung menjadi gugup dan stres.

Baca juga:

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan

Penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa anjing juga mengendalikan bagaimana orang lain berinteraksi dengan pemiliknya. Dalam percobaan, pemilik anjing meminta bantuan orang. Setelah itu, orang-orang tersebut berperilaku kasar terhadap pemilik anjing, kemudian mereka berusaha memberi anjing-anjing itu hadiah.

Hasilnya, selain mereka menghindari orang-orang yang menganiaya pemiliknya, para anjing tersebut juga menolak pemberian dan perlakuan dari orang-orang yang berperilaku buruk atau kasar terhadap pemiliknya.

Para anjing lebih suka diberi makan oleh orang-orang yang membantu atau yang tidak melakukan apa pun terhadap pemiliknya. Jadi, orang-orang yang kasar dan agresif tidak bisa mendapatkan kepercayaan dari para anjing tersebut.

Intuisi Alami, Anjing Mampu Ketahui Niatan Seseorang
Anjing dapat membaca gerakan tubuh dan ekspresi wajah manudia (Foto: Pixabay/Seaq68)

Kesimpulannya, anjing dapat membaca gerak tubuh dan ekspresi wajah manusia. Mereka dapat menguraikan gerak tubuh manusia dan juga dapat memutuskan apakah mereka ingin mengikuti isyarat manusia atau tidak.

Jika kamu menyesatkan anjing, ia tidak akan memercayai atau mematuhi kamu lagi. Hewan tersebut juga dapat menghafal tindakan kamu, mau itu kasar atau lembut. (Arb)

Baca juga:

Cara Anjing Nyatakan Rasa Sayang pada Pemiliknya



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH