Cybertruck, Konsep Truk Futuristik Besutan Tesla Konsep mobil terbaru dari Tesla, Cybertruck (Foto: Tesla)

CEO Tesla, Elon Musk, baru saja mengumumkan konsep truk pickup elektrik pertama yang mereka namakan Cybertruck. Dilansir dari situs resmi Tesla, Cybertruck dikatakan memiliki utilitas yang lebih baik dibandingkan truk dengan performa lebih baik dibandingkan mobil sport.

Nampaknya Tesla tak main-main untuk menepati slogan tersebut. Badan mobil Cybertruck dibuat dengan bahan cold-rolled stainless steel. Seperti dikatakan dalam presentasi yang diberikan Musk, itu merupakan bahan yang digunakan SpaceX untuk membuat roket-roket prototipe yang diterbangkannya ke Mars.

Baca juga:

Tesla Roadster, Melesat dari 0-100 Hanya dalam 1,9 Detik

Cybertruck, Konsep Truk Futuristik Besutan Tesla
Badan dan kaca mobil Cybertruck dibuat super tangguh (Foto: Tesla)

Untuk membuktikan kekuatannya, Franz von Holzhausen selaku kepala desain Tesla membawa palu besar ke atas panggung. Ia kemudian memukul pintu prototipe Cybertruck beberapa kali dan pintu tersebut tidak penyok.

Selain itu, kaca mobil Cybertruck juga dibuat menggunakan kaca yang sangat kuat dengan komposit berlapis polimer. Sayangnya, ketika Musk ingin membuktikan betapa kuatnya kaca Cybertruck dengan melemparkan bola besi, kaca prototipe Cybertruck retak.

Dilansir dari laman teknologi The Verge, Musk juga menunjukkan video dimana Cybertruck berhasil mengalahkan mobil Ford F150 dalam kompetisi tarik tambang dan Porsche 911 dalam kompetisi drag race.

Cybertruck, Konsep Truk Futuristik Besutan Tesla
Perbedaan ketiga model Cybertruck (Foto: MP/Andrew Septian)

Nantinya Cybertruck akan dibagi menjadi tiga tipe yakni single motor RWD (rear-wheel drive), dual motor AWD (all-wheel drive), dan triple motor AWD. Masing-masing tipe memiliki jarak tempuh, kekuatan menarik, dan tingkat akselerasi yang berbeda. Selain itu, harga untuk masing-masing tipe pun berbeda.

Baca juga:

Update Terbaru Jadikan Mobil Tesla Semakin Futuristik

Tiap Cybertruck dapat mengangkut hingga enam orang dewasa dan menampung beban hingga 3500 pound (1586 kg) dalam bagasinya yang mencapai ukuran 100 kubik. Bagasi Cybertruck pun dapat dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan pemilik Cybertruck.

Jika bagasi Cybertruck dirasa masih kurang, pemilik dapat membeli trailer tambahan untuk menambah kapasitas pengangkutan. Selain itu, tak lengkap rasanya jika Cybertruck tak memiliki fitur autopilot dan autopark yang dimiliki oleh beberapa model mobil Tesla sebelumnya.

Cybertruck, Konsep Truk Futuristik Besutan Tesla
Bagasi Cybertruck bisa dimodif sesuai keinginan dan kebutuhan (Foto: Tesla)

Untuk menemani Cybertruck, Tesla juga membuat sebuah ATV dengan desain yang futurustis. ATV tersebut bernama Cyberquad dan akan dijual bersamaan dengan Cybertruck dalam satu paket. Setidaknya pada awal perilisan kedua kendaraan tersebut. Cyberquad nampaknya memang didesain untuk melengkapi Cybertruck karena ukurannya yang pas di bagasi Cybertruck.

Orang yang tertarik membeli Cybertruck kini bisa langsung memesannya di situs Tesla. Cukup dengan mendaftarkan diri dan memberi uang muka sebesar USD 100 (Rp 1,4 juta). Uang muka tersebut bahkan bisa ditarik kembali. Rencananya model single motor RWD dan dual motor AWD akan mulai diproduksi di akhir tahun 2021. Sedangkan triple motor AWD di akhir tahun 2022. (sep)

Baca juga:

Adu Kekuatan Mobil Listrik, Jagoan Mana Tesla Model S Vs Porsche Taycan Turbo S?


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH