Adu Kekuatan Mobil Listrik, Jagoan Mana Tesla Model S Vs Porsche Taycan Turbo S? Tesla Model S mengungguli Porsche Taycan Turbo S. (Foto: Tesla)

SAAT ini berbagai brand roda empat terus berinovasi untuk mengeluarkan mobil listrik yang ramah lingkungan. Tetapi, harga yang dikorbankan dalam pengembangan mobil listrik adalah turunnya peforma atau daya pacu dibandingkan kencaraan ber-BBM.

Di luar pilihan turunnya daya pacu, kedua brand mobil, yaitu Tesla dan Porsche mengeluarkan mobil listrik dengan peforma yang tidak kalah cepat dari mobil sport dengan BBM. Kedua brand ini memiliki tipe unggulan mereka, Tesla dengan Model S dan Porsche dengan Taycan Turbo S.

Baca Juga:

Xiaomi Luncurkan Redmi Car, Mobil Canggih Harga Bersahabat!

Kedua mobil ini sering dibandingkan dari segi interior, desain, hingga peforma. Dikutip dari CleanTechnica, sebuah uji coba dilakukan oleh Tesla untuk menguji kecepatan Model S yang dibandingkan dengan Porsche Taycan Turbo S disirkuit Nordschleife, Jerman. Dalam uji coba tersebut Model S milik Tesla dapat mengungguli Porsche Taycan Turno S 20 detik lebih cepat.

Hal yang menjadi perdebatan adalah pada uji coba tersebut Tesla menggunakan roda Michelin Pilot Sport Cup 2. Pihak Michelin mengatakan bahwa penggunaan ban tersebut dapat meningkatkan 0,5 detik untuk per kilometernya. Hal tersebut berarti dengan kurang lebih 20 kilometer jarak pada sirkuit, Model S mendapatkan keuntungan 10 detik dengan penggunaan roda dari Michelin. Terlepas dari keuntungan 10 detik dengan mengganti ban, Tesla Model S masih memiliki keunggulan 10 detik, di luar faktor ban yang dipakai.

Untuk masalah peforma sendiri, Taycan Turbo S memiliki 750 tenaga kuda, dan mampu melaju dari 0-60 km/jam dengan waktu 2,6 detik. Untuk Model S sendiri memiliki 762 tenaga kuda dan mampu melaju dari 0-60 km/jam dengan waktu 2,4 detik, lebih cepat 0,2 detik dari Taycan Turbo S.

Baca Juga:

10 Raja Mobil Terbaik di Dunia

Dikutip dari Forbes, Tesla Model S juga memiliki keunggulan lain dari Porsche Taycan Turbo S, seperti jarak tempuh. Untuk Model S dapat menempuh jarak kurang lebih 587 KM untuk sekali pengisian penuh, sedangkan Porsche Taycan Turbo S hanya sekitar 411 km.

1. Tesla Model S dan Porsche Taycan Turbo S yang sering dibandingkan (Taycanevforum)
Tesla Model S dan Porsche Taycan Turbo S (atas) yang sering dibandingkan. (Foto: Taycanevforum)

Bagian paling krusial menurut Forbes adalah, masalah pengisian daya dari mobil listrik. Seperti Tesla memiliki teknologi untuk memandu pengguna mobil ke stasiun atau tempat pengisian listrik terdekat jika baterai pada mobil sudah mulai menipis. Tesla juga memiliki teknologi untuk melakukan pengisian instan dengan waktu 15 menit untuk jarak tempuh kurang lebih 289 km atau sama dengan 50 persen dari baterai.

Sedangkan untuk Porsche Taycan Turbo S, mobil ini memiliki daya pengisian 80 persen dalam waktu 22,5 menit. Menurut Forbes, teknologi pengisian daya Tesla lebih efisien dari pada milik Porsche. Dengan fakta-fakta itu, kamu lebih suka mobil listrik yang mana, nih? (Jhn)

Baca Juga:

Mobil Listrik Bebas Polusi Udara dan Suara Bahkan Kebal Ganjil Genap


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH