Vegan dan Vegetarian Sama? Ternyata Beda Banget!

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 03 Oktober 2019
Vegan dan Vegetarian Sama? Ternyata Beda Banget!
Dua hal yang berbeda pada vegan dan vegetarian. (Foto: marketwatch)

ISTILAH vegan dan vegetarian memang terdengar serupa. Banyak orang mengartikan bahwa vegan adalah singkatan dari vegetarian. Padahal keduanya berbeda meskipun sama-sama memiliki manfaat kesehatan.

Vegetarian merupakan sebutan bagi mereka yang tidak mengonsumsi hewani. Tapi masih memungkinkan untuk mengonsumsi produk hewani. Contoh makanan yang masuk ke dalam kategori vegetarian adalah sayur, buah, susu, kacang, keju, dan telur. Gaya hidup vegetarian memiliki beberapa jenis tergantung jenis asupan makanan yang dikonsumsi.


Baca Juga:

Si Pahit Kaya Manfaat

vegetarian dan vegan
Vegetarian dan vegan sama-sama makan sayur. (Foto: Pixabay/ponce_photography


Gaya hidup vegetarian konon sudah ada sejak tahun 700 SM. Awal mula kemunculannya diduga karena mulai timbulnya kesadaran masyarakat menjaga kesehatan. Kemudian ajaran agama maupun budaya yang pantang mengonsumsi daging. Gaya hidup ini diyakini membawa manfaat dari segi kesehatan, lingkungan, kemanusiaan dan etika.

Vegetarian dapat digolongkan ke dalam beberapa grup. Misalkan Lacto ovo yang menghindari konsumsi semua daging hewan, tetapi masih mengonsumsi produk berbahan dasar telur dan susu. Selain itu ada Lacto vegetarian, yang memakan produk susu tetapi menghindari telur dan daging hewan. Kemudian ovo vegetarian menghindari mengonsumsi semua olahan daging hewan, kecuali telur.

Sementara vegan adalah cara hidup yang menghindari segala bentuk produk hewan termasuk mengonsumsi semua daging hewan dan produk olahannya. Jika ingin menjadi vegan, kamu harus menghindari segala jenis makanan mulai dari bahan-bahan yang berasal dari hewan, telur, susu, madu, gelatin, dan beberapa bentuk vitamin D3.

Baca Juga:

Cobain deh, Sarapan Sayur Nikmat dengan Cara Ini

vegan tanpa produk hewani
Vegan sama sekali tidak makan hewan dan produk dari hewan. (Foto: Pixabay/RitaE)


Dilansir dari Buzzle, vegan dan vegetarian sama-sama memiliki manfaat kesehatan. Vegetarian bermanfaat unuk menurunkan risiko kolestrol, mencegah kanker payudara, menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Pola hidup vegetarian juga membantu menurunkan berat badan hingga mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Sementara pola hidup menjadi vegan memberikan manfaat seperti merawat kesehatan jantung, menghindari lemak dan kolestrol berlebihan, menurunkan darah tinggi, dan mencegah tipes. Menjadi vegan juga mencegah terjadinya kanker payudara dan osteoporosis.

Jadi, apakah masih bingung perbedaan vegan dan vegetarian? Jika sudah paham, pola hidup mana yang mau kamu pilih? (And)

Baca Juga:

Panjang Umur dengan Makanan Pedas

#Vegetarian #Sayur Mayur #Sayuran Berserat #Makan Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan