Cegah Obesitas Anak dengan Cara Ini Anak juga berpotensi mengalami obesitas. (Foto: Pixabay/Radium)

KEBANYAKAN orangtua memang lebih senang melihat anaknya gemuk. Mencubit pipinya yang chubby dan melihatnya berjalan kesana-kemari menjadi hiburan tersendiri. Tetapi di balik kegemasan yang hakiki, ada bahaya mengintai kesehatannya. Anak juga bisa mengalami obesitas.

Berangkat dari hal ini penyakit kronis akan bermunculan seiring bertambahnya umur si kecil. Lebih baik mencegahnya sejak awal. Dilansir dari doylestownhealth.org, tumpukan lemak membandel pada tubuh anak akan semakin sulit dihilangkan ketika dibiarkan sampai dewasa.

Baca juga:

Kasih Sayang dan Kepedulian Ayah dalam Film 'Taken'

Lemak jahat lama-lama akan berubah menjadi jaringan radikal pemicu penyakit kronis. Anak obesitas juga berpotensi lebih tinggi terkena serangan jantung saat dewasa. Oleh karena itu lebih baik mencegah sedini mungkin demi masa depan kesehatan sang buat hati.

1. Pola Makan

Biasakan pola makan yang sehat. (Foto: Pixabay/csifferd)
Biasakan pola makan yang sehat. (Foto: Pixabay/csifferd)

Jangan mentang-mentang masih kecil lalu kamu biarkan buah hati makan apa saja yang mereka mau. Asupan gizinya perlu diatur, jangan kebanyakan makanan berlemak terlebih dan mengandung gula tinggi. Cobalah membuat makanan kesukaan mereka menggunakan bahan-bahan yang sehat.

2. Olahraga

Ajak anak olahraga. (Foto: Pixabay/leoleobobeo)
Ajak anak olahraga. (Foto: Pixabay/leoleobobeo)

Mulai ajarkan anak pada olahraga. Tidak perlu yang berat seperti gym. Buat jadwal rutin olahraga ringan seperti lari sore atau berenang. Mereka akan terbiasa melakukan kegiatan fisik untuk membakar kalori berlebih. Kebiasaan ini akan terbawa sampai anak dewasa nanti.

Baca juga:

Ayah Kena Baby Blues

3. Jam Tidur

Perhatikan jam tidur anak. (Foto: Pixabay/ddimitrova)
Perhatikan jam tidur anak. (Foto: Pixabay/ddimitrova)

Anak merengek untuk menonton TV hingga larut malam? Stop! Kamu harus berani tega dan disiplin. Meskipun sebagai orangtua rasanya sedih karena tak bisa memberikan yang anak inginkan, tetapi ini semua demi bekal kesehatannya. Salah satu penyebab utama masalah kegemukan adalah begadang. Hal ini disebabkan oleh malfungsi kerja tubuh karena jam istirahat yang tidak teratur.

4. Edukasi

Ajari anak untuk menghitung kalori. (Foto: Pixabay/sasint)
Ajari anak untuk menghitung kalori. (Foto: Pixabay/sasint)

Ajarkan anak edukasi tentang pola diet sehat. Mereka akan mengenal baik makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Biasakan untuk menghitung jumlah kalori sesuai kebutuhan. Mereka pun terbiasa menjaga pola makan sehingga tidak ada lagi lemak berlebih yang menumpuk. (mar)

Baca juga:

Tiga Cara Jadi Ayah Keren bagi Keluarga


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH