Fashion

Cara Simpan Tas Supaya Awet Bertahun-tahun

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 31 Agustus 2022
Cara Simpan Tas Supaya Awet Bertahun-tahun
Tas memerlukan sejumlah teknik penyimpanan supaya tahan lama atau awet. (Foto: Pexels/Cats Coming)

TAS bisa jadi koleksi yang berharga, terutama untuk perempuan. Entah itu tas karya desainer, atau mungkin tas biasa yang harganya lebih kompetitif. Berapa pun harganya, kamu pasti ingin tas yang dimiliki itu awet dan bisa digunakan kapan pun.

Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menyimpan tas yang baik dan benar. Biasanya mereka hanya meletakkannya di atas meja atau menyimpannya di dalam lemari ketika tidak digunakan. Padahal, teknik dan gaya menyimpan memengaruhi bentuk dan keawetan tas, loh.

Baca Juga:

6 Tas Branded Klasik nan Legendaris

Menggantung tas lama kelamaan dapat menyebabkan bahannya menjadi melar dan berubah bentuk. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)


Nah, dilansir Byrdie, ada lima cara mudah yang bisa kamu terapkan supaya koleksi tas indahmu bisa semakin awet. Bahkan, tas kamu bisa awet bertahun-tahun.


1. Jangan menggantung tas

Kadang kita sering menggantung tas di gagang pintu atau gantungan tempel dinding. Kelihatannya memang praktis. Namun, menggantung tas bisa membuat bahannya jadi melar dan berpotensi merusak bentuk asli tas. Sebab, saat digantung beban tas jadi berpindah berat ke bawah.

Baca Juga:

Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips Jitu Memilih Tas Preloved Branded


2. Bersihkan tas sesuai bahannya

Tas perlu dibersihkan sesekali dengan teknik yang sesuai bahannya. Jika tas terbuat dari nilon, maka kamu hanya perlu membasuhnya dengan lembut memakai air dan sabun. Lalu keringkan menggunakan handuk. Jika tasmu berbahan kulit, kamu bisa membasuh tas menggunakan handuk yang telah dicelup ke dalam air hangat dan sabun. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan sisa sabunnya menggunakan handuk yang bersih. Air dan sabun juga bagus untuk menghilangkan bekas noda.

3. Isi tas dengan plastik atau kain

Tas yang lama disimpan dan tidak dipakai, bisa jadi mengalami perubahan bentuk karena suhu ataupun penyusutan bahan. Untuk itu, supaya tasmu senantiasa memiliki bentuk yang sama, kamu bisa mengisinya dengan plastik atau kain tak terpakai.

Setiap tas punya bahan yang berbeda dan cara membersihkan yang beda pula, misalnya antara bahan nilon dan kulit. (Foto: Pexels/Cottonbro)


4. Tutup ritsleting tas

Saat menyimpan tas dengan kondisi terbuka dan berisi banyak barang, bagian ujung ritsleting bisa berisiko sobek. Selain itu, bentuk ritsleting juga bisa jadi bengkok atau berubah. Untuk itu, lebih baik tutup ritsleting tas selama menyimpannya, ya.

5. Hindari menyimpan dalam kantong plastik

Meskipun kelihatannya aman dan dapat menahan debu serta air, tetapi kantong plastik lama kelamaan bisa merusak tas. Terutama pada tas kulit. Sebab, plastik akan menempel ke tas dan menyebabkan permukaan tas jadi lecet atau pecah-pecah.

Sebaiknya simpan tas dalam dust bag, kantong kain tipis yang berwarna putih keabu-abuan. Kantong ini biasanya didapatkan ketika membeli tas. Jika tidak ada, kamu bisa membelinya sendiri. (mcl)

Baca Juga:

Irresistible Bazaar 15, Surga Perburuan 'Preloved Branded Item' dan 'Streetwear'

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan