Fesyen
6 Tas Branded Klasik nan Legendaris Tas klasik tak lekang oleh waktu. (Foto: Instagram/@luizvuitton)

TREN tas seolah datang dan pergi. Industri fesyen pun selalu berubah, tas desainer klasik tertentu telah bertahan dengan reputasi yang diinginkan selama beberapa dekade. Nilai mereka biasanya semakin tinggi oleh perkumpulan selebritas, desain abadi dan reimaginasi fesyen yang sesuai dengan kebutuhan.

Vogue melansir, tas-tas klasik dengan label edisi terbatas ini masih bertahan dan menjaga eksklusivitasnya, sehingga banyak yang menjadikannya sebuah investasi. Berikut adalah beberapa tas klasik paling elegan nan legendaris yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Baca Juga:

Intip 3 Tren Tas Pada Musim Semi 2022 untuk Inspirasi Busana Tahun Baru

Tas Gucci digunakan Jackie Keenedy. (Foto: Gucci)

1. Gucci Jackie Hobo

Tas ini dinamai Ibu Negara AS Jackie Kennedy pada tahun 1961. Tas tangan ini pertama kali diperkenalkan pada 1950-an sebagai Constance. Pada tahun 60-an, tas hobo berbentuk setengah bulan melengkung yang khas ini sangat disukai oleh First Lady Jackie Kennedy Onassis dan dia juga menggunakannya untuk melindungi dirinya dari paparazzi.

Sama seperti foto-foto terkenalnya yang menampilkan tas Gucci ini, popularitas tas pun kian melambung. Maka, secara resmi diganti namanya setelah tahun 1961 dan segera menjadi tren mode utama di tahun 1970-an tetapi memudar dari koleksi Gucci tahun 1980-an.

Tas tersebut mengalami kebangkitan di bawah direktur kreatif Tom Ford pada tahun 1999, dan Frida Giannini pada tahun 2009. Untuk Musim Gugur atau Musim Dingin 2020, Alessandro Michele meninjau kembali desain dan membuatnya tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

2. Louis Vuitton Speedy

Model khas Speedy sekarang tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Sejak diluncurkan pada tahun 1930-an, tas bercetak monogram Louis Vuitton telah mendefinisikan gaya sehari-hari dengan keanggunan dan kenyamanan yang luar biasa.

Setelah dipuji oleh ikon mode Aubrey Hepburn, Speedy 25 menyandang gelar ikonik. Pertama kali diluncurkan dengan bentuk yang sama tetapi lebih besar dengan ukuran masing-masing 30 cm, 35 cm, dan 40 cm, LV segera memperkenalkan versi ringkas yang disesuaikan dengan preferensi Hepburn dan permintaan konsumen yang terus meningkat.

Dinamakan dengan tepat setelah sifatnya yang portabel dan ramping, popularitasnya tidak pernah menurun sejak tahun 1950-an. Meskipun Speedy klasik tampaknya tak tergantikan bahkan hingga hari ini, model khasnya kini tersedia dalam berbagai ukuran, bahan, dan warna.

3. Chanel 2.55 Flap Bag

Salah satu tas tangan klasik yang paling mudah dikenali sepanjang masa, Chanel 2.55 dinamai berdasarkan bulan dan tahun pembuatannya. House of Chanel selalu mendefinisikan kemegahan dan daya pikat yang terbaik dengan pendiri Coco Chanel, yang meninggalkan warisan mode tinggi sebagai referensi gaya tanpa akhir.

Dinamai berdasarkan bulan dan tahun pembuatannya (Februari 1955), Chanel 2.55 Flap Bag dirilis oleh Gabrielle 'Coco' Chanel sendiri, yang memulai revolusi tas tangan, hingga akhirnya memungkinkan perempuan membawa tas glamor mereka secara hands-free.

Tas Chanel. (Foto: Chanel)

Terbuat dari kulit berlapis yang terinspirasi oleh jaket berkuda joki yang empuk, kunci khas, dan tali rantai bahu khasnya. Flap Klasik dengan logo CC ikonik yang menggantikan kunci persegi panjang pertama kali dibuat ulang oleh Karl Lagerfeld ketika ia mengambil alih sebagai Direktur Kreatif pada tahun 1983.

Baca Juga:

Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips Jitu Memilih Tas Preloved Branded

Pada Februari 2005, Chanel merilis ulang versi klasik 1995 untuk memperingati 50 tahun versi aslinya.

4. Hermes Birkin

Hermes Birkin dikatakan sebagai investasi yang lebih baik daripada saham atau emas. Momen terobosan Birkin dalam budaya pop terjadi dengan penampilannya di Film Sex and the City (2001). Sejak itu, tas tersebut mendominasi majalah mode dan menghiasi lengan orang-orang ternama seperti Victoria Beckham, Lindsay Lohan dan Melania Trump.

Simbol status ini terinspirasi dan diciptakan untuk supermodel Inggris-Prancis, penyanyi dan aktris Jane Birkin pada 1980-an. Semuanya dimulai pada tahun 1981 ketika dia memiliki kesempatan untuk berbagi penerbangan dengan Chief Executive Officer Hermes Jean-Louis Dumas.

Melihat perjuangan dan frustrasinya karena tidak dapat memasukkan semua barangnya ke dalam tas, dia berusaha merancang tas jinjing yang sempurna. Tiga tahun kemudian, tas Birkin pun terjadi.

Sejak diluncurkan tahun 1984, harga telah meningkat rata-rata 14,2 persen per/tahun. Tas ini dikatakan sebagai investasi yang lebih baik daripada saham atau emas. Produksinya pun dikendalikan dengan ketat untuk menambahkan elemen yang tidak dapat diperoleh di edisi yang sudah terbatas.

Dengan koleksi yang tersedia dalam berbagai jenis kulit, ukuran dan warna, yang tidak dapat dilewatkan adalah penutup atasnya di atas loop gesper. Setiap bagian juga dilengkapi dengan kunci dan kunci berkode nomor tertentu.

5. Lady Dior oleh Christian Dior

Sebelum berganti nama menjadi Lady Dior, tas ini awalnya dikenal sebagai 'Chouchou', yang berarti favorit dalam bahasa Prancis. Lady Dior ini menempati posisi teratas sebagai salah satu desain tas tangan Dior yang paling dikenal dan klasik.

Diberikan kepada Putri Diana pada tahun 1955 oleh First Lady of France Bernadette Chirac, motif 'Cannage' dengan jahitan atas dalam pola berlian membentuk identitas produk abadi ini. Tas ini kabarnya terinspirasi oleh karya rotan kursi Napoleon III, yang menjadi tempat duduk para tamu di pertunjukan haute couture Dior.

Kulit klasik berlapis mewah ini dengan pesona alfabet logam pelengkap dalam nada emas yang kaya menjadi tren seketika. Awalnya diperkenalkan sebagai 'Chouchou', yang berarti favorit dalam bahasa Prancis. Namanya diubah menjadi Lady Dior untuk menghormati Princess of Wales dan tetap menjadi salah satu merek yang paling didambakan.

Banyak reinterpretasi telah diperkenalkan dalam berbagai ukuran, warna, bahan dan salah satunya telah berkembang menjadi sebuah proyek seni.

6. Fendi Baguette

Fendi Baguette diluncurkan pada tahun 1997. Yang satu ini benar-benar cocok menjadi estetika dipakai saat makan siang. Jika ada satu tas yang Carrie Bradshaw lebih setia padanya adalah Fendi Baguette.

Dalam salah satu episode acara Sex and the City, ketika Bradshaw dirampok, dia dengan marah memberi tahu perampok bahwa Fendi berpayet ungunya bukan sekadar tas. "Ini Baguette."

Tas yang ringkas dan bergaya, mudah dikenali dari desain khasnya, tali lengkung, dan perangkat keras berlogo merek dagang. Tas ini memulai debutnya pada tahun 1997. Dirancang oleh Silvia Venturini Fendi, tas ini mendapatkan namanya tidak biasa karena ukurannya yang pas di bawah lengan, seperti baguette roti Prancis panjang dan tipis.

Model minimalis yang elegan ini meningkatkan reputasi Fendi dari sekadar desainer mewah menjadi jenius komersial yang merilis lebih dari 1.000 versi tas. (dgs)

Baca Juga:

Irresistible Bazaar 15, Surga Perburuan 'Preloved Branded Item' dan 'Streetwear'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gempa Dahsyat Guncang Yogyakarta di 2006
Fun
Gempa Dahsyat Guncang Yogyakarta di 2006

Gempa berkekuatan 5,9 SR mengguncang Yogyakarta pada tahun 2006

Pertamina x Gardu House Hadirkan Grafiti di Penghubung Arena Balap
Hiburan & Gaya Hidup
Pertamina x Gardu House Hadirkan Grafiti di Penghubung Arena Balap

Kolaborasi Pertamina dan Gardu House ciptakan visual art apik.

Ayah Juga Bisa Baby Blues, Bagaimana Mendamaikannya
Fun
Ayah Juga Bisa Baby Blues, Bagaimana Mendamaikannya

Bukan hanya ibu, ayah juga bisa baby blues

Pantangan Setelah Operasi Caesar
Fun
Pantangan Setelah Operasi Caesar

Hal-hal yang harus dihindari setelah operasi caesar.

Emak Jagoan Berprofesi Doula, Ajarkan Ayah Dampingi Ibu Saat Melahirkan
Hiburan & Gaya Hidup
Emak Jagoan Berprofesi Doula, Ajarkan Ayah Dampingi Ibu Saat Melahirkan

Awal baik akan menjadi rajutan kisah indah bersama buah hati.

Rahasia Tom Cruise Tetap Fit Meski Umurnya Tak Lagi Muda
Hiburan & Gaya Hidup
Rahasia Tom Cruise Tetap Fit Meski Umurnya Tak Lagi Muda

Cruise memang tampak fit bahkan tak tampak menua drastis di umur 59 tahun

Waspada, Malware Berkedok Squid Game Beredar
ShowBiz
Waspada, Malware Berkedok Squid Game Beredar

Perusahaan Keamanan Kaspersky menemukan beberapa file malware dengan menyertakan nama serial tersebut.

Babak Open Service IBrC 2022 Kian Memanas
Kuliner
Babak Open Service IBrC 2022 Kian Memanas

Peserta diperkenankan membawa biji kopi, air, grinder, dan alat-alat menyeduh sendiri.

Eka Winky Project Gandeng Mea Shahir di Single Baru 'Leave a Message'
ShowBiz
Eka Winky Project Gandeng Mea Shahir di Single Baru 'Leave a Message'

Lirik lagy Leave a Message diambil dari kehidupan sehari-hari.

Apa Dampak Jika Terlambat Vaksin COVID-19 Dosis Kedua?
Fun
Apa Dampak Jika Terlambat Vaksin COVID-19 Dosis Kedua?

Segera lakukan vaksinasi COVID-19 dosis kedua.