Fashion

Cara Menjaga Tato Agar Selalu Terlihat Seperti Baru

annehsannehs - Kamis, 08 Juli 2021
Cara Menjaga Tato Agar Selalu Terlihat Seperti Baru
Ini cara menjaga tato. (Foto Bustle)

TATO memang menjadi karya seni yang akan menghiasi tubuhmu selama-lamanya. Meki begitu, bukan berarti tato akan selalu terlihat sama seperti ketika kamu pertama kali mendapatkannya.

Seiring dengan waktu, biasanya tato akan menjadi pudar. Warnanya akan semakin menghilang, begitu juga dengan garis dan huruf yang menjadi buram dan tidak tegas.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tato gampang memudar antara lain kualitas tinta, kesehatan kulit tubuh, gesekan, dan paparan sinar matahari. Di sisi lain, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses memudar dan membuat tatomu selalu tampil lebih segar juga tahan lama keindahannya.

Dilansir dari Life Hacker, berikut merupakan beberapa cara untuk merawat tato kamu agar selalu bagus di jangka panjang.

Baca juga:

Benarkah Tato Bikin Ketagihan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

1. Cocoa butter

Berikan pelembab pada tubuhmu.  (Foto- Pexels/Adrian Boustead)
Berikan pelembab pada tubuhmu. (Foto- Pexels/Adrian Boustead)

Jika kamu memiliki kulit yang sehat dan lembab, maka tato di tubuhmu juga akan terlihat lebih nyata alias kereng. Kamu pun tidak bisa sembarangan memberikan produk pelembab terhadap tato kamu.

Disarankan, moisturizer yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tato adalah cocoa butter. Lemak kakao ini kaya akan asam lemak sehat, vitamin E, dan vitamin K. Beberapa komponen ini membantu memerangi atau setidaknya menunda penuaan kulit.

Kamu juga bisa menggunakan produk pelembab yang dibuat khusus untuk tato. Biasanya, produk-produk ini mengandung vitamin C dan E, roship oil, cocoa butter, argan oil, dan lidah buaya.

Baca juga:
Piercing dan Tato Dianggap Nakal? Ini Tanggapan Mike Marjinal

2. Perawatan khusus untuk tato yang sering terpapar sinar matahari

tato di jari tangan cepat pudar.  (Foto Instagram/Ghinkos)
tato di jari tangan cepat pudar. (Foto Instagram/Ghinkos)

Jika memiliki tato yang mudah terkena paparan sinar matahari, maka kamu harus memberikan perawatan khusus terhadapnya. Oxbow Tattoo mengatakan bahwa tato-tato yang terletak di tempat terbuka, contohnya bahu, harus diberikan tabir surya lebih banyak.

Tato yang terletak di jari-jari tangan juga biasanya paling cepat memudar. Ini disebabkan karena kita paling sering menggunakan tangan kita sehingga tato yang ada di jari tangan tidak boleh absen diberikan krim tato.

3. Retouch, retouch, retouch!

Tato di jari mudah memudar. (Foto- pixabay/free-photos)
Tato di jari mudah memudar. (Foto- pixabay/free-photos)

Meminimalisir paparan sinar matahari dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi merupakan cara-cara yang digunakan untuk memperlambat tato memudar. Meski begitu, umur tato juga dipengaruhi oleh kualitas tato yang digunakan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tinta tato juga berkembang dengan pesat. Pengaplikasian tato yang semakin canggih juga benar-benar membantu tato agar tetap hidup dan indah selama bertahun-tahun.

Kamu bisa berdiskusi dengan tattoo artist langgananmu untuk membahas retouch yang cocok dan tepat demi memperindah tato-tato lama yang sudah memudar karena waktu. (SHN)

Baca juga:

5 Stereotip 'Nakal' Tentang Tato yang Kini Sudah Tidak Relevan

#Tatto #Tato #Seni Tato #Lipsus Bulanan Juli
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan