Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es Tidak Perlu Takut Menyimpan Daging Tanpa Lemari Es (Foto: Dartagnan)

SAAT ini sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan sesuatu hal yang sepele seperti kulkas atau lemari es yang kamu miliki sudah penuh dan tidak bisa menyimpan makanan lebih banyak lagi.

Terlebih jika sudah sampai pada hari raya Idul Adha, pastinya kamu akan mendapatkan daging kurban dari tempat penyembelihan hewan. Melansir laman home stide survival site, Berikut beberapa cara dan tips untuk menyimpan daging tetap awet tanpa menggunakan lemari es.

Baca juga:

Jangan Asal Makan, Ini Cara Sehat Mengolah Daging Merah

1. Pengasapan

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es
Mengawetkan daging dengan pengasapan (foto: Mongabay)

Ini merupakan metode tertua untuk mengawetkan daging, biasanya metode pengasapan ini digunakan untuk daerah yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi saja.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan metode ini saat kulkas kamu sudah tidak bisa menyimpan lebih banyak makanan.

Memang metode ini sedikit berbahaya, karena pengasapan sendiri bisa membuat daging memiliki zat karsinogen atau zat yang menjadi pemicu kanker.

2. Merendam

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es
Merendam daging (foto: SimplyRecipe)

Teknik ini merupakan teknik yang paling sederhana untuk dilakukan dan bisa dibilang sangat tradisional, biasanya teknik merendam ini menggunakan air dengan capuran dula dan garam.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu meletakkan daging dalam wadah yang bisa menampung air dan kamu bisa merendamnya hingga beberapa hari. Tetapi ada hal yang paling penting, kamu harus menyimpannya dalam suhu ruangan yang cukup dingin.

Baca juga:

Hilangkan Aroma Prengus Daging Kambing dengan Trik Ini

3. Pengasinan

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es
Menggantung Daging Setelah Diasinkan (foto: ThanhNienNews)

Teknik yang satu ini tidak jauh berbeda dengan teknik merendam, namun teknik ini sedikit memakan waktu yang lebih lama.

Caranya kamu hanya perlu area yang sejuk dan memiliki tempat untuk menggantung daging tersebut dan menaburkan garam keseluruh permukaan daging, dengan begitu kamu bisa menyimpannya untuk beberapa hari kedepan hingga kulkas kamu memiliki ruang yang kosong.

4. Pengalengan

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es
Pengalengan (Foto: Pinterest/Jmills2137)

Jika kamu memiliki sebuah kaleng yang sudah tidak terpakai kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan daging yang kamu miliki.

Saat ini metode ini yang paling populer untuk menyimpan daging tanpa bantuan lemari es, kamu cukup memanaskannya jika ingin memakannya, begitu mudah untuk dilakukan.

5. Biltong

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es
Biltong atau Merendam Dengan Air Cuka (Foto: IDNTimes)

Biltong merupakan sebuag proses merendam potongan-potongan daging dalam air cuka selama beberapa jam sebelum diberikan bumbu rempah.

Setelah direndam kemudian dikeringkan hingga benar-benar kering, dan metode ini adalah yang paling mudah untuk menyimpan daging selama beberapa hari tanpa lemari es. (ape)

Baca juga:

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH