Jangan Asal Makan, Ini Cara Sehat Mengolah Daging Merah Sebelum makan, ketahui dulu cara mengolah daging merah yang sehat (foto: pixabay/tomwieden)

DAGING merah yaitu daging yang ketika belum dimasak berwarna merah. Daging merah dapat dilah atau diawetkan menjadi daging asap, sosis, ham, rendang, bakso sapi maupun isian burger.

Kandungan gizi pada dagung merah juga cukup tinggi, yaitu mengandung protein, zat besi, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh.

Namun, meski memiliki gizi yang baik bagi kesehatan, jika terlalu sering mengonsumsi daging merah, justru dapat menimbulkan risiko untuk kesehatan.

Karena ada beberapa penyakit yang diakibatkan karena seringnya mengonsumsi daging merah. Antara lain yakni, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker payudara, diabetes, dan penyakit jantung.

Jika dikonsumsi berlebihan, daging merah bisa mengakibatkan beberapa penyakit (Foto: pixabay/Ritae)

Namun bukan berarti kamu tak boleh makan daging merah sama sekali. Karena daging merah tetap bisa dikonsumsi, hanya saja kamu harus memperhatikan cara pengolahan dan porsinya, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Idealnya, jumlah maksimal daging merah yang boleh dikonsumsi per hari yakni 100 gram. Kurang lebih sebesar setengah lembar roti tawar.

Lalu untuk daging merah olahan seperti halnya sosi dan ham. Disarankan tak melebihi 70 gram per hari, sebaiknya pilihlah daging yang kandungan lemaknya sedikit.

Beberapa cara mengolah daging merah agar tetap sehat dikonsumsi salah satunya, ketika mengolah daging merah dengan suhu tinggi, bisa membuat makanan itu mengeluarkan zat yang meningkatkan risiko kanker.

Karena itu, hindarilah memanggang dan menggoreng daging merah dengan suhu yang terlalu tinggi, gunakanlah suhu menengah tapi masa sedikit lebih lama.

Ketahui tata cara mengolah daging yang sehat (Foto: pixabay/bru-no)

Setelah itu, pastikan juga daging yang dimasak dengan durasi yang cukup agar kuman didalamnya mati. Akan tetapi hindari memasaknya hingga terlalu matang. Karena daging merah yang terlalu matang, justru malah banyak mengandung bahan penyebab kanker.

Baca juga: Manfaat Rahasia Lezat dan Segarnya Makanan Jepang, Nomor 4 Kamu Pasti Enggak Nyangka

Sebaiknya olah daging merah dengan cara dipanggang, dikukus, ditumis atau dijadikan sup. Buang lemak usai daging matang berwarna kecoklatan. Serta buang kulit dan lemak dibawah kulit sebelum diolah.

Nah, agar kesehatan tubuh kamu terjaga dengan baik. Selain menerapkan pola makan yang sehat, kamu pun dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan berolahraga rutin. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH