Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional Terdapat beberapa cara untuk mengolah daging untuk menjadikannya steak yang empuk (Foto: Pixabay/Ann1992)

STEAK bukanlah hidangan yang menjadi pilihan utama banyak orang di Indonesia, kita lebih terbiasa dengan lauk pauk khas yang cocok dengan lidah orang Asia dan dinikmati bersama nasi.

Berbeda dengan orang-orang di belahan barat dunia yang sering menjadikan hidangan berbasis daging ini sebagai pilihan favorit untuk makan siang atau malam mereka.

Di Indonesia, steak menjadi suatu hidangan yang kerap dianggap mewah dan hanya dinikmati pada kesempatan-kesempatan terntentu. Padahal steak merupakan salah satu hidangan yang cukup mudah untuk dimasak atau diolah.

Karena itu, tidak sedikit dari kita yang kini mencoba untuk menghidangkan steak. Selain mudah, itu tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses memasaknya. Namun, seringkali usaha kita untuk menyajikan steak kurang sempurna, baik itu kurang dalam segi rasa maupun tekstur daging yang keras.

Terdapat beberapa cara mengolah daging untuk steak berdasarkan potongan daging dan bahan baku yang digunakan. Satu yang terpenting mungkin adalah bagaimana menjadikan potongan daging menjadi empuk sebelum mulai dimasak.

Penting untuk kamu ketahui sebelumnya, terdapat potongan daging yang lebih keras ketika dimasak, terutama potongan daging yang berotot. Pada sapi, bagian keras ini terdapat pada potongan kaki, leher, bahu, dan bokong. Umumnya potongan ini juga lebih murah harganya dibanding potongan daging yang kurang berotot.

Lantas, bagaimana cara mengolah daging steak agar itu menjadi empuk sebelum dimasak layaknya koki profesional?

1. Menggunakan Palu Daging

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional
Metode termudah untuk membuat daging jadi empuk (foto: wikiHow)

Cara tercepat untuk mengolah potongan daging untuk steak adalah dengan menggunakan palu daging, yang perlu kamu lakukan adalah membungkus potongan daging dengan plastik khusus makanan lalu memukulnya dengan palu tersebut.

Metode ini akan memecah serat otot pada potongan daging dan membuat potongan daging yang akan kamu masak menjadi lebih empuk. Perlu diperhatikan untuk tidak terlalu berlebiha ketikan melakukannya, karena kamu tidak mau potongan daging steak menjadi lembek.

2. Menggunakan Garam

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional
Adalah bahan yang ampuh untuk membuat daging empuk (Foto: steamy kitchen)

Garam merupakan salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat potongan daging steak menjadi lebih empuk, dan itu juga digunakan untuk membubui steak.

Gunakan sekitar satu sendok untuk memijat potongan daging steak, pastikan itu merata dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, kamu perlu membilas garam tersebut dan memastikan potongan daging steak kering dari air sebelum dimasak.

Metode ini mungkin akan menambah waktu proses memasak. Namun, garam adalah bahan yang ampuh untuk menjadikan protein (daging) lebih empuk.

3. Metode Slow Cook

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional
Metode terkenal namun butuh kesabaran lebih (foto: thecozyapron)

Ini adalah metode terkenal untuk membuat daging steak menjadi lebih empuk, tapi kamu perlu untuk bersabar. Potongan daging steak untuk steak seperti brisket, chuck, dan shank merupakan jenis yang cocok dengan metode ini.

Karena semakin lama waktu yang digunakan untuk memasaknya, semakin banyak kandungan kolagen pada potongan daging yang dipecah. Ketika itu dilakukan, daging steak akan menjadi empuk dan lembut.

Kamu bisa memanfaatkan oven dan melakukan metode slow cook untuk potongan besar jenis-jenis daging yang disebut di atas, tentu jangan lupa untuk memberikan bumbu untuk rasa. Metode ini membutuhkan waktu empat sampai delapan jam sebelum disajikan.

4. Proses marinade membuat daging lebih empuk?

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional
Merendam daging dengan berbagai bumbu sesuai selera (Foto: Fox News)

Proses merendam daging dengan bumbu ini tidak hanya akan menambah rasa, tetapi juga bisa membantu memecah otot dan melunakkan daging. Kamu bisa menggunakan bahan asam seperti lemon, tetapi kamu juga bisa menggunakan cuka atau wine.

Namun kamu perlu berhati-hati, meski potongan daging bisa menjadi sangat empuk dengan proses ini. Faktanya, banyak koki professional berpendapat bahwa bahan yang digunakan dalam proses tidak banyak membantu daging untuk menjadi lebih empuk selain menambah rasa.

Proses ini juga akan mempengaruhi waktu ketika kamu memasak steak, seberapa lama potongan daging kamu marinade akan berpengaruh pada waktu memasaknya.

Kamu bisa melakukan metode ini (dengan berbagai bumbu) untuk memenuhi selera, tetapi ini bukanlah metode utama yang bisa kamu pilih untuk membuat potongan daging steak menjadi empuk.

Intinya, terdapat beberapa cara untuk mengolah daging steak menjadi empuk layaknya yang dilakukan koki profesional. Beberapa metode akan memakan waktu lebih lama dari yang lain. Apapun metode yang kamu pilih, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat daging steak menjadi empuk, bahkan ketika kamu menggunakan potongan daging yang berotot. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya