Cara Mencegah COVID-19 Menyerang Ibu Hamil

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 20 Juli 2021
Cara Mencegah COVID-19 Menyerang Ibu Hamil
Ilustrasi. (Foto: MP/mohamed_hassan)

MerahPutih.com - Pandemi COVID-19 bisa menular kepada siapa saja. Begitu juga terhadap ibu hamil. Bahkan, ibu hamil masuk dalam golongan rentan karena selain membutuhkan kesehatan buat dirinya, juga untuk janin di kandungan.

Pengajar Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad) Ida Maryati mengatakan, sebagai populasi rentan di masa pandemi, infeksi virus corona tak hanya mengancam ibu hamil melainkan juga pada janin. Untuk itu, protokol kesehatan sangat perlu diperhatikan ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janin.

“Sebetulnya pencegahan pada ibu hamil ini sama saja dengan pencegahan pada dewasa lainya. Namun, untuk ibu hamil ini harus benar-benar memerhatikan karena yang terserang bukan hanya ibunya sendiri, tapi juga ada janin yang dikandungnya,” kata Ida Maryati.

Baca Juga:

Warga Sekitar Pemakaman COVID-19 Keputih Keluhkan Raungan Sirene Ambulans

Ida menyampaikan hal tesebut pada webinar “Self Management Ibu Hamil Mempersiapkan Persalinan di Masa Second Wave Pandemi Covid-19” yang digelar FKep Unpad melalui Program Profesi Ners Angkatan XLI. Acara diselenggarakan secara virtual.

Selama kehamilan, kata Ida, ada berbagai perubahan yang terjadi pada ibu hamil, termasuk hormonal sehingga menempatkan ibu hamil menjadi kondisi yang rentan. Semakin dini ibu hamil terkena infeksi, semakin besar pula terjadinya risiko keguguran.

Tak hanya itu, hal lain yang bisa dialami ibu hamil yang terinfeksi virus corona adalah terjadinya gawat janin, persalinan prematur, ketuban dini, hingga gangguan pertumbuhan janin.

Pengajar Fakultas Keperawatan Unpad Ida Maryati menyampaikan presentasi pada webinar “Self Management Ibu Hamil Mempersiapkan Persalinan di Masa Second Wave Pandemi Covid-19” yang digelar secara virtual. (Foto: MP/Dok Unpad)
Pengajar Fakultas Keperawatan Unpad Ida Maryati menyampaikan presentasi pada webinar “Self Management Ibu Hamil Mempersiapkan Persalinan di Masa Second Wave Pandemi Covid-19” yang digelar secara virtual. (Foto: MP/Dok Unpad)

Maka untuk mencegahnya, ibu hamil diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti sering mencuci tangan, memakai masker dengan benar, serta menjaga jarak dan berupaya untuk tetap di rumah kecuali untuk hal mendesak.

Ibu hamil juga diharapkan rajin berolahraga sesuai kondisi, istirahat cukup, menerapkan etika batuk dan bersin dengan benar, makan dengan gizi seimbang, serta melakukan vaksinasi.

Mencari informasi yang benar dari sumber terpercaya pun penting dilakukan ibu hamil. Informasi ini dapat diperoleh dari tenaga kesehatan atau media kredibel yang isinya dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga:

Dua Pelaku Pemalsuan Dokumen COVID-19 Ditangkap Polisi, Begini Modusnya

Menurut Ida, pengetahuan yang dimiliki ibu hamil menjadi salah satu faktor yang menentukan kepatuhan ibu hamil terhadap protokol kesehatan.

Semakin baik pengetahuan yang didapat, ibu hamil diyakini akan semakin patuh pada protokol kesehatan. Faktor lain yang menentukan kepatuhan ibu hamil pada protokol kesehatan adalah sikap, keluarga, dan kondisi sosial. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Anies Sebut Seribu Lebih Pasien COVID-19 Antre di Lorong RS untuk Masuk IGD

#Ibu Hamil #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan