Kesehatan Mental

Cara Meditasi untuk Para Overthinker

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 25 April 2023
Cara Meditasi untuk Para Overthinker
Meditasi sukses bisa diraih semua orang. (Foto: Pexels/Mikael Blomkvist)

SAAT kamu telah menyediakan waktu untuk menenangkan diri, gelombang pikiran mengkhawatirkan ini-itu tetap datang. Meski sebenarnya kekhawatiran itu tak beralasan (overthinking), kamu bisa sangat tersiksa karenanya.

Apakah kamu sering merasakannya? Bila kerap terjadi, ada baiknya kamu mencoba meditasi. Dan bila sudah mencobanya, tetapi gagal, kamu perlu mengevaluasi meditasimu.

Sebenarnya, mencapai hasil maksimal meditasi bisa menjadi perjuangan berat buatmu yang overthinker. Namun menurut para ahli, meditasi yang sukses itu bisa diraih oleh siapa saja. Sekalipun kamu adalah overthinker.

Dilansir dari Healthline, beberapa strategi berikut ini bisa kamu coba untuk meditasi demi hasil terbaik.

Baca juga:

Jangan Galau Bestie, Tepis Stres Lewat Meditasi Cokelat

meditasi
Buat jadwal meditasi yang konsisten bisa membuat pikiran kamu lebih tenang. (Foto: Pexels/Oluremi Adebayo)


1. Buat Jadwal yang Konsisten



“Latihan harian yang konsisten adalah cara untuk memaksimalkan manfaat kesehatan terbesar dari meditasi,” kata psikoterapis Haley Neidich seperti dikutip healthline.com.

Seperti kebiasaan baik lainnya, untuk menenangkan pikiran, kamu juga membutuhkan latihan yang konsisten.

Memilih waktu yang teratur dalam sehari adalah langkah sederhana untuk melatih otak kamu bahwa sudah saatnya untuk bersantai.


2. Ciptakan Ruang Meditasi

Tidak mudah untuk mengeset keadaan meditasi yang maksimal ketika kamu dikelilingi oleh tumpukan cucian atau suara dari balita yang merengek. Lingkungan fisikmu sangat penting dalam meraih hasil meditasi, terutama pada tahap awal latihan meditasi.

Pertimbangkan membuat ruang di rumahmu hanya untuk meditasi. Mungkin ini berarti menunjuk kursi tertentu, menyalakan lilin dengan aroma yang menyenangkan, atau duduk di depan gambar favorit.


3. Bermeditasi dengan Orang Lain

Meditasi mungkin terasa seperti tindakan yang sangat pribadi, tetapi ada kekuatan yang mengejutkan jika bersama-sama.

Menjadikan meditasi sebagai aktivitas bersama teman tidak hanya membantu kita melepaskan diri dari lingkaran pemikiran kita sendiri, tetapi juga memberikan pertanggungjawaban yang tidak akan kita dapatkan dengan melakukannya sendiri.

Baca juga:

Enyahkan Overthinking dengan Meditasi

meditasi
Gerakan fisik memiliki efek terukur pada fokus mental. (Foto: Pexels/Elina Fairytale)


4. Lakukan Gerakan Yoga Dahulu

Ada alasan yoga dan meditasi berjalan seiring. Dengan mengkoordinasikan tarikan dan hembusan napas kamu ke gerakan fisik sebenarnya memiliki efek terukur pada fokus mental.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa yoga yang berfokus pada gerakan dan pernapasan yang dapat mengurangi parameter stres. Latihan yang berfokus pada napas meningkatkan fokus berkelanjutan.


5. Tambahkan Musik

Musik membuat segalanya menjadi lebih baik. Begitu pula dengan meditasi. Studi menunjukkan bahwa musik yang tepat dapat melatih otak untuk lebih fokus.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa mendengarkan musik New Age-style dapat memperlambat detak jantung lebih dari sekadar diam.

“Khususnya bagi orang-orang dengan kecemasan atau mereka yang ragu-ragu untuk mulai bermeditasi karena pikiran yang sibuk, musik atau kebisingan latar dapat menjadi sarana yang sangat baik,” kata Haley.

Musik meditasi ideal kamu bisa berupa apa pun yang kamu kaitkan dengan ketenangan dan fokus. Bereksperimenlah dengan gaya musik yang berbeda untuk menemukan yang cocok untukmu. (vca)

Baca juga:

Meditasi Bantu Tidur Lebih Mudah dan Nyenyak

#Kesehatan Mental #Meditasi
Bagikan
Bagikan