Parenting
Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming Kenali cara cerdas mencegah anak menonton film dewasa di sejumlah platform digital (Foto: Pexels/Pixabay)

'EH nonton apa kamu nak, enggak boleh nonton film itu, itu buat orang dewasa! Kamu masih kecil!' hardik seorang ibu saat melihat anaknya yang masih dibawah umur menonton film dewasa di internet lewat gawai.

Sang Ibu pun lantas kebingungan harus melakukan apa. Apakah harus memarahi sang anak? Atau menasihatinya dengan lemah lembut? Atau tidak lagi mengizinkannya memakai gawai?

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Film 'Autobiography'

YouTube punya resctited mode untuk mencegah anak menonton film atau konten dewasa (Foto: unsplash/nordwoodthemes)

Internet sejatinya bak pisau bermata dua, yakni sisi pertama memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Sementara sisi lainnya bisa digunakan untuk melukai orang, bahkan melukai diri sendiri. Istilah itulah yang mengambarkan situasi saat ini di era yang serba digital. Ketika anak-anak dengan mudah bisa mengakses berbagai film dewasa dari gawai mereka.

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa yang dinukil dari laman Alodokter, keingintahuan seorang anak sulit dikontrol, karena perpaduan hormon, pertambahan lingkaran pertemanan, pola pikir yang semakin dewasa, dan kemudahan akses informasi lewat internet. Namun, ada cara untuk menghadapinya dengan bijak.

"Dalam menghadapi ini, pada dasarnya sikap yang harus diambil yakni sabar, jangan langsung menghakimi, menuduh, dan langsung menganggap bahwa apa yang dilakukannya adalah suatu dosa besar, karena Bagaimanapun ia masih baru mengenal dunia ini," jelas dr. Amadeo.

Dia menambahkan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mengajak bicara pelan-pelan, dan tunjukkan pemahaman dalam kalimatmu. Dalam hal ini bukan sekadar bicara bahwa hal itu buruk dan harus dihindari, tapi selipkan kalimat-kalimat yang mewajarkan kondisinya.

Katakan bahwa kamu mengerti bahwa ada keinginan yang amat besar untuk melihat film-film tersebut. Ada sensasi yang sulit di tahan, ada rasa penasaran, dan sampaikan juga kamu pernah merasakannya. Tapi kamu bisa mengendalikan, karena kemudian kamu tahu bahwa perilaku tersebut tidak baik, dan sebagainya.

Selain langkah melakukan tindakan langsung yang tepat agar anak dapat mengerti dan paham. Maka para orangtua bisa melakukan sejumlah langkah pencegahan anak menonton film dewasa di platform streaming film ternama, seperti YouTube, Netflix atau Disney+ Hotstar.

Baca Juga:

Negeri Aing Juga Punya Film Balapan Seru!

Kenali fitur parental control pada layanan Netflix (Foto: Pixabay/freestock.org)

Deretan platform streaming film tersebut memiliki fitur yang bisa mencegah anak menonton film atau video dewasa. Seperti YouTube yang memiliki fitur restricted mode. Fitur ini dapat membantu dalam memfilter konten yang dianggap memiliki muatan dewasa.

Cara mengaktifkan mode terbatas, langkah pertama yakni dengan cara membuka YouTube, kemudian klik foto account di pojok kanan atas (harus login terlebih dahulu). Klik restricted mode (berada di paling bawah pilihan), klik tanda panah di restricted mode, lalu klik icon activated restricted mode.

Tapi, selain melakukan langkah pencegahan tersebut. Mendampingi anak saat menonton YouTube merupakan cara yang efektif, agar sang anak tidak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Kemudian, platform menonton film yang populer lainnya, Netflix. Platform ini memiliki fitur parental control terhadap konten-konten yang bukan untuk konsumsi anak-anak.

Fitur ini berupa PIN untuk mengunci profil dan filter konten pada laman tayangan on-demand tersebut. Caranya, pertama kamu harus login ke akun Netflix. Kemudian klik ikon profil, klik tab account lalu turun ke bawah dan cari pengaturan atau setting.

Selanjutnya kamu klik parental control, masukan password akun Netflix kamu, masukan PIN, lalu atur di bagian batasi sesuai usia atau Restrict by Maturity Level. Kamu bisa memilih kelompok usia yang kamu inginkan.

Baca Juga:

Mengungkap Misteri Hilangnya Huruf 'I' dan 'O' di Bioskop Negeri Aing

Layanan Disney+ Hotstar memiliki fitur kids untuk mencegah anak menonton film dewasa (foto: screenshot website disney+ hostar)

Dikutip dari laman common sense media, pembatasan tersebut sesuai dengan Motion Picture Association of America (MPAA) dan sistem rating TV Amerika.

Penting untuk dicatat, apabila kamu mengaktifkan fitur parental control, jangan sampai kamu memberikan password Netflix kepada sang anak.

Kemudian, layanan streaming film yang cukup populer ketiga ialah Disney+ Hotstar. Layanan Disney+ Hotstar memiliki fitur yang dinamakan mode kids. Fitur ini sejenis parental control, yang fungsinya untuk menghilangkan atau mengabaikan tontonan film atau acara TV dewasa. Sehingga yang ditampilkan hanyalah tontonan khusus dan layak untuk anak-anak.

Cara mengaktifkannya lewat ponsel Android, kamu bisa membuka Aplikasi Disney+ Hotstar. Kemudian pilih tombol menu panel di pojok kiri atas, lalu klik aktifkan fitur Kids Safe. Setelah itu, tontonan khusus anak-anak dari Disney+ Kids akan tampil di halaman aplikasi.

Sementara untuk mengaktifkan mode Kids lewat browser di PC/Laptop. Pertama buka website resmi Disney+ Hotstar. Kemudian di bagian menu atas kamu pilih Kids. Lalu, halaman web akan berubah menjadi mode Disney+ kids, yang dikhususkan untuk tontonan anak-anak. Apabila kamu ingin keluar dari mode Kids, kamu hanya tinggal pilih menu exit kids di bagian pojok kanan atas.

Nah itu dia sejumlah cara untuk mencegah anak-anak menonton film atau tayangan yang tidak sesuai dengan usianya, semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca Juga:

Starter Pack Mahasiswa Jurusan Film Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Nvidia RTX 4000 Series Hadir dengan Performa Lebih Kuat
Fun
Nvidia RTX 4000 Series Hadir dengan Performa Lebih Kuat

Nvidia RTX 4000 memiliki fitur yang sangat menarik.

Sambut Era Mobil Listrik, Mitsubishi, Nissan, dan Renault Perkuat Aliansi
Fun
Sambut Era Mobil Listrik, Mitsubishi, Nissan, dan Renault Perkuat Aliansi

Produsen mobil, Renault Group, Nissan Motor, dan Mitsubishi Motors Corporation, sepakat untuk memperkuat aliansi

Sarkasme Bisa Jadi Tanda Kecerdasan pada Remaja
Fun
Sarkasme Bisa Jadi Tanda Kecerdasan pada Remaja

Sarkasme sebenarnya adalah bukti kedewasaan.

Bungee Jumping Bukan Sekadar Olahraga Bagi yang Kuat Jantungnya
Fun
Koleksi Game Xbox 360 Tidak Ada di Layanan 'Xbox Games With Gold'
Fun
Koleksi Game Xbox 360 Tidak Ada di Layanan 'Xbox Games With Gold'

Tidak ada update gim gratis untuk lini gim Xbox 360.

Mayoritas Pasien Omicron Alami Nyeri dan Gatal di Tenggorokan
Fun
Mayoritas Pasien Omicron Alami Nyeri dan Gatal di Tenggorokan

Ia mengatakan di RSUP Persahabatan, sebanyak 63 persen pasien Omicron memiliki gejala batuk kering.

Will Mara Sajikan Cerita Romansa Masa Muda di 'Movie Night'
ShowBiz
Will Mara Sajikan Cerita Romansa Masa Muda di 'Movie Night'

Will Mara kembali merilis single terbaru berjudul Movie Night.

Kanada Akan Legalkan Bunuh Diri Medis untuk Penyakit Mental
Hiburan & Gaya Hidup
Kanada Akan Legalkan Bunuh Diri Medis untuk Penyakit Mental

Aturan tersebut pertama kalinya dilegalkan di Kanada pada Juni 2016.

Memetik Pelajaran Berharga Kisah Cinta Habibie-Ainun
Fun
Memetik Pelajaran Berharga Kisah Cinta Habibie-Ainun

Mengenal pelajaran berharga yang bisa diteladani dari kisah cinta Habibie dan Ainun