Camilan yang Sangat Digemari Masyarakat Indonesia Ngemil atau mengudap, sudah sangat melekat dalam masyarakat Indonesia. (Foto: Pexels/Khairul Onggon)

NGEMIL atau mengudap makanan kecil kegiatan yang sudah sangat membudaya di masyarakat Indonesia. Ada saja alasannya seperti mengganjal perut di antara jam makan, sekedar iseng atau alasan yang kedengarannya aneh untuk mengusir rasa kantuk.

Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk menikmati camilan lebih pagi daripada oleh masyarakat di dunia secara umum. Kita memilki kebiasaan menikmatinya pada sarapan sampai makan siang. Menurut survei bertajuk The State of Snacking, terdapat beberapa jenis cemilan yang sangat digemari orang Indonesia.

Baca Juga:

Mulai Langka, Makanan Khas Papua Ini Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh


Es krim

makan
Terdapat beragam es krim tradisional. (Foto: Pexels/Lukas)


Dengan karakter cuaca panasnya, bukanlah hal yang aneh jika es krim dengan sensasi dingin manisnya menjadi salah satu kudapan favorit banyak orang. Diakui oleh sekitar 5 persen orang Indonesia memilih es krim sebagai camilan favorit. Terdapat bermacam-macam jenis es krim favorit, dari yang tradisonal sampai dari manca negara.


Biskuit manis

makan
Mampu memancing respon adiktif. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)


Kental dengan rasa karakter manis, biskuit ini umumnya sangat disukai banyak orang dari anak-anak sampai dewasa. Tidak kurang dari 9 persen masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi biskuit dengan rasa yang manis ini. Dikutip dari Fox Business, studi oleh University of Bordeaux pada tahun 2013 menunjukkan bahwa makanan manis mampu memancing respon adiktif di otak layaknya ganja dan kokain.


Baca Juga:

Hangatkan Tubuh dengan Wedang Khas Indonesia Ini!

Biskuit gurih

makan
Digemari 8 persen masyarakat Indonesia. (Foto: Pexels/Oleg Magni)


Tidak kalah populer dengan biskuit manis, biskuit gurih juga memiliki banyak penggemar. Camilan jenis ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena karakternya yang asin dan gurih. Berdasarkan survei, terdapat sekitar 8 persen orang Indonesia yang memilih biskuit gurih untuk dijadikan camilan favorit.

Pisang, ubi, singkong

makan
Pisang goreng banyak punya penggemar. (Foto: Pixabay/ponce_photography)

Sekitar 11 persen orang Indonesia memilih beberapa hasil kebun seperti singkong, ubi, dan pisang untuk dikonsumsi sebagai camilan favoritnya. Masyarakat kita mulai mengenal mentega dan camilan goreng saat masa penjajahan dan dipakai sebagai bahan olahan hasil-hasil kebun tersebut.


Kudapan tradisional

makan
Kuliner tradisonal yang tak bisa tersingkirkan. (Foto: instagram@lusiaa_vv)

Kaya akan keragaman kulinernya, hampir di setiap wilayah nusantara memiliki cemilan khasnya. Sebagai cotnoh, dodol asal Garut atau daerah Jawa yang terkenal dengan getuknya. Cemilan tradisional nusantara menawarkan rasa yang sangat pas dengan lidah masyarakat dan harganya yang relatif tidak bikin kantong bolong. Tidak aneh jika cemilan tradisional selalu menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. (lgi)


Baca Juga:

Jajanan Kaki Lima Kekinian Khas Yogyakarta, Murah dan Lezat!

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH