Hangatkan Tubuh dengan Wedang Khas Indonesia Ini! Wedang dapat menghangatkan tubuh (Foto: Instagram/@bubueataway)

DINGIN-dingin enaknya minum yang hangat-hangat. Tapi, hangat saja tidak cukup, rasanya juga harus enak. Untung Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang begitu khas, sampai minuman hangatnya pun ada. Namanya wedang.

Minuman wedang menawarkan cita rasa hangat dengan aroma wangi yang sangat khas. Cocok banget diminum saat udara dingin maupun turun hujan. Setiap seruputannya begitu nikmat terasa sampai ke jiwa.

Baca juga:

Di Balik Kisah Hangat Nama Wedang Ronde

Nah, empat jenis wedang khas Indonesia ini bisa kamu coba untuk menghangatkan tubuh:

1. Wedang Uwuh

Salah satu campuran wedang uwuh ialah daun pala dan jahe (Foto: Instagram/@wedang_uwuh_malang)

Proses pengolahan wedang uwuh memakai daun pala, jahe, serutan kayu secang, serai, cengkih, kapulaga, dan kayu manis. Campuran tersebut menciptakan rasa minuman dengan rasa yang kaya dan unik.

Wedang uwuh berasal dari bahasa Jawa dengan makna minuman yang terbuat dari sampah. Yang dimaksud adalah rempah-rempah yang direbus tanpa dipotong. Rempah-rempah terlihat berantakan seperti sampah yang berserakan di dalam wadah, tapi rasanya tetap nikmat.

2. Wedang Ronde

Seporsi wedang ronde cukup untuk mengenyangkan perut (Foto: Instagram/@arywahyuni)

Biasa dijadikan sebagai camilan untuk menunda lapar pada musim hujan oleh banyak orang. Seporsi wedang ronde cukup mengenyangkan perut. Biasanya disajikan bersama ronde kenyal warna-warni berisi kacang, kacang tanah sangrai, serta kuah jahe.

Kuah wedang ronde terbuat dari bahan jahe dan gula pasir. Biasanya dikombinasikan dengan makanan lain agar rasanya menjadi lebih kaya oleh banyak pedagang. Bubur mutiara, kolang-kaling, susu kental manis, dan roti tawar adalah kombinasi yang paling pas menemani wedang ronde.

Baca juga:

Menikmati Ronde Favoritnya Pak Harto di Kauman Yogyakarta

3. Wedang Jahe

Wedang jahe dapat memperkuat sistem imun tubuh (Foto: Instagram/@sien_lianawati)

Penjual wedang jahe paling banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Minuman ini terkenal memiliki khasiat bagi kesehatan. Diolah dari potongan jahe yang direbus sampai mendidih bersama air dan gula merah. Cocok dipadukan dengan kayu manis, daun pandan, dan serai.

Wedang jahe hangat cocok untuk mengusir dingin. Suhu tubuh tetap terjaga hangat di musim hujan atau cuaca dingin. Wedang jahe juga memiliki khasiat bagi tubuh untuk memperkuat sistem imun dan dapat meringankan sakit flu.

4. Wedang Angsle

Bahan pada wedang angsle sama seperti bubur mutiara (Foto: Instagram/@bubueataway)

Banyak ditemukan dengan mudah di daerah Malang, Jawa Timur. Memakai bahan-bahan seperti bubur mutiara, ketan, kacang hijau, roti tawar. Wedang Angsle yang disajikan dengan kuah santan jahe sekilas terlihat mirip kolak.

Tidak sedikit orang yang memilih wedang angsle sebagai camilan penahan lapar di sore hari. Terdiri dari banyak variasi yang melimpah, cocok untuk mengatasi perut lapar.

Wedang angsle umumnya disajikan dalam kondisi hangat. Akan tetapi, saat ini banyak juga pedagang yang menambahkan es batu ke dalam wedang. Hal tersebut membuat wedang angsle juga cocok disantap kala cuaca panas.

Bagaimana sahabat Merah Putih, wedang apa nih yang mau kamu coba? (lgi)

Baca juga:

Manfaat Jahe untuk Diet

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH