Camilan Manis Memang Lezat, Tapi...

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 10 Oktober 2022
Camilan Manis Memang Lezat, Tapi...
Jangan berlebihan mengonsumsi makanan manis. (Foto: Unsplash/Brooke Lark)

SIAPA yang suka dengan camilan manis? Rasa lezat, meningkatkan mood, dan mudah ditemukan di mana saja membuatnya jadi salah satu pelarian sebagian orang. Namun di balik kenikmatan tersebut, hidangan dengan kandungan gula tinggi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan.

Jenis gula yang biasa ditambahkan dalam minuman atau makanan cukup beragam, mulai dari gula pasir, brown sugar, gula aren, gula merah, gula rafinasi, madu, hingga sirup jagung.

Sementara itu, gula tambahan yang biasanya dijumpai pada minuman dan makanan manis perlu diwaspadai. Jika dikonsumsi terlalu banyak, gula tambahan tersebut dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, apa saja?

Baca juga:

Dampak Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan Sebelum Tidur

Camilan Manis Memang Lezat, Tapi...
Dapat menyebabkan obesitas. (Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

1. Obesitas

Konsumsi kudapan manis berlebihan acap kali menjadi penyebab utama kenaikan berat badan hingga obesitas. Hal ini karena kudapan manis kebanyakan mengandung gula sederhana yang dapat meningkatkan rasa lapar, sehingga membuatmu makan lebih banyak.

Selain itu, asupan gula berlebih juga dapat mengganggu metabolisme dan kemampuan tubuh untuk memproses lemak dan kolesterol.

2. Diabetes

Ya, gula memang kerap dikaitkan dengan penyakit diabetes. Glukosa yang tidak diserap sel tubuh dengan baik akan menumpuk dalam darah. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang berisiko mengancam nyawa seseorang.

Baca juga:

Makanan Anti Diabetes untuk Kamu yang Doyan Manis

Camilan Manis Memang Lezat, Tapi...
Gula dari asupan kudapan manis yang menempel di gigi akan membantu bakteri menghasilkan asam dan mengikis email gigi. (Foto: Unsplash/Elena Mozhvilo)

3. Penyakit jantung

Risiko kematian akibat penyakit jantung diketahui lebih tinggi terjadi pada orang yang gemar mengonsumsi minuman dan makanan manis. Hal ini karena kadar gula berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan obestias, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Ketiga kondisi tersebut merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga bisa menyebabkan aterosklerosis dan stroke.

4. Kulit berjerawat

Bahaya minuman dan makanan manis selanjutnya adalah memperparah atau menyebabkan kulit berjerawat. Kadar gula dalam tubuh yang melonjak tinggi dapat meningkatkan sekresi androgen, produksi minyak, dan peradangan.

Kondisi-kondisi tersebut dapat memicu timbulnya jerawat di kulit. Selain menyebabkan kulit berjerawat, minuman dan makanan manis juga dapat memperparah keriput di wajah dan mempercepat proses penuaan kulit.

5. Kerusakan gigi

Gula dari asupan kudapan manis yang menempel di gigi akan membantu bakteri menghasilkan asam dan mengikis email gigi. Namun, kondisi tersebut tidak berlaku untuk gula alami dari buah-buahan dan sayuran. Gula alami ini relatif aman untuk kesehatan gigi selama dikonsumsi secara langsung. (and)

Baca juga:

Kenali Deretan Bahaya Makanan Manis Pada Anak

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan