Makanan Anti Diabetes untuk Kamu yang Doyan Manis Makanan manis ini tidak menyebabkan kekhawatiran kesehatan buruk. (Foto: Pexels/Naim Benjelloun)

MAKANAN mengandung gula jelas menggoda banyak orang. Sayangnya kerap memunculkan kekhawatiran karena akibat buruk yang bisa ditimbulkan. Diabetes merupakan penyakit akibat kadar gula yang berlebihan di dalam darah tanpa terkontrol. Selain itu, gula bisa menaikkan berat badan dan kerusakan pada gigi.

Bagi kamu penggemar makanan manis tak perlu khawatir. Ternyata kamu masih dapat menikmati beberapa jenis makanan manis dan juga menyehatakan. Berikut dirangkum dari beberapa sumber, makanan manis yang menepis kekhawatiran.

Baca Juga:

Alasan Kamu Tak Harus Memborong Hand Sanitizer untuk Menghindari Corona

Kurma

makanan
Mengandung kalium serat dan zat besi. (Foto: Pixabay/jackmac34)


Terlepas ukurannya yang kecil, kurma bermanfaat meningkatkan energi. Pada kurma terkandung kalium, serat, dan zat besi. Buah kurma sangat aman dikonsumsi walaupun memiliki rasa yang manis. Makanan kurma cocok dipadukan dengan chocolate dip maupun kacang-kacangan.


Ubi Jalar

makanan
Kaya vitamin dan serat. (Foto: Pexels/Ela Haney)


Jenis makanan ini dapat diolah dengan cara dipanggang dan dipadukan dengan kayu manis. Karakter rasanya yang manis. ubi jalar mengandung serat, vitamin, dan mineral yang kaya. Terkenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk pencernaan. Ubi jalar dapat berperan sebagai substitutsi nasi karena kaya karbohidrat dan serat.


Smoothies

makanan
Cocok dikombinasikan dengan greek yoghurt dan buah. (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)


Sering dikonsumsi sebagai pengganti es krim maupun minuman manis. Smoothies lebih banyak mengandung bahan-bahan yang menyehatkan. Diolah dengan memadukan pilihan buah-buahan asli dan madu alami. Kombinasi smoothies dan greek yoghurt, buah nanas dan beri menambah kenikmatan yang tiada tara dan sangat menyegarkan.

Baca Juga:

Manfaat Minyak Mustard yang Harus Kamu Ketahui

Energy Bar

makanan
Ada juga jenis yang tidak menyehatkan. (Foto: Unsplash/The Creative Exchange)

Terdapat banyak merk energy bar yang beredar di pasaran. Namun kamu harus pintar memilih mana yang masuk kategori menyehatkan atau tidak. Makanan ini menyehatkan umumnya terbuat dari bahan gandum utuh dan buah. Jika masih mengalami kesulitan untuk menemukannya, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri kreasi kamu.

Dark Chocolate

makanan
Kandungan polifenol-nya baik untuk kesehatan jantung. (Foto: Unsplash/Charisse Kenion)

Sangat populer dengan julukan dark chocolate yang memiliki kandungan lebih dari 70% kakao. Tentu membuatnya lebih aman dikonsumsi karena mengadung sedikit lemak dan gula. Kandungan dalam makanan ini lebih tinggi polifenolnya daripada cokelat biasa. Kandungan polifenol merupakan jenis senyawa yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. (lgi)


Baca Juga:

Miliki Tubuh Sehat dengan Jahe Merah

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH