Kesehatan

Bunda, Jangan Pernah Bawa Bayi ke dalam Bioskop! Ini Alasannya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 23 Juli 2019
Bunda, Jangan Pernah Bawa Bayi ke dalam Bioskop! Ini Alasannya
Bunda, Jangan Pernah Bawa bayi ke Dalam Bioskop! (Foto: Pixabay/Tookapic)

MENJADI orangtua muda yang baru saja memiliki bayi dan melepas masa kehamilan yang memakan waktu cukup lama rasanya ingin mulai hangout lagi di pusat perbelanjaan. Apalagi menonton di bioskop dan mengenang masa-masa pacaran.

Tetapi sayangnya bayi baru lahir tidak boleh ditinggal-tinggal terlalu lama karena masih membutuhkan asupan ASI. Biasanya untuk menyiasati hal ini, tak jarang orangtua memilih untuk membawa serta bayi untuk turut ikut nonton sembari membawa perlengkapannya.

Baca juga:

Cara Merawat Bayi Baru Lahir ini Ternyata Hanya Mitos Belaka

Tetapi tanpa kamu sadari, hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan bayi. Organ-organ bayi masih sangat lunak dan sensitif. Meskipun kamu membawa semua perlengkapan kebutuhannya bukan berarti itu cukup. Ada banyak bahaya yang mengintai bayi dari luar salah satunya bioskop. Apa saja ya kira-kira?

1. Merusak Telinga Bayi

Bunda, Jangan Pernah Bawa Bayi ke dalam Bioskop! Ini Alasannya
Merusak telinga bayi (Foto: Pixabay/Tung256)

Melansir dari Livestrong, telinga anak kacil masih sangat sensitif dan memiliki batas toleransi yaitu maksimal kurang dari 80db. Untuk bayi usahakan hanya sampai 50db saja.

Suara orang berbincang di dekatnya sebenarnya melewati sedikit batas toleransi apalagi suara menggelegar dari speaker bioskop?

Wah bisa fatal akibatnya! Itulah sebabnya bioskop harus meninjau ulang batas umur yang diperuntukkan bagi anak-anak terutama yang masih bayi.

2. Kulit Bayi Masih Sensitif

Bunda, Jangan Pernah Bawa Bayi ke dalam Bioskop! Ini Alasannya
Kulit bayi masih sensitif (Foto: Pixabay/1041483)

Lapisan kulit bayi yang baru lahir masih sangat tipis. Dengan kondisi rumah yang serba bersih dan steril saja bayi masih bisa terjangkit penyakit ruam merah. Kamu tidak bisa menjamin kebersihan kursi bioskop karena ada ratusan orang yang duduk bergantian di sana.

Baca juga:

4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun

Petugas kebersihan pun tidak menyedot kursi dengan vacuum celaner setiap selesai film sehingga kemungkinan besar terdapat banyak bakteri dan tungau yang langsung akan membuat kulit bayi alergi.

3. Merusak Mata

Bunda, Jangan Pernah Bawa Bayi ke dalam Bioskop! Ini Alasannya
Merusak mata bayi (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Sudah bukan wacana lagi kalau menonton dalam tempat gelap sangat buruk untuk kesehatan mata. Orang dewasa sekalipun bisa rusak matanya jika menonton dalam tempat gelap karena hal tersebut menyebabkan saraf mata menjadi tegang dan cepat lelah.

Bagaimana dengan mata bayi yang masih dalam perkembangan untuk bisa melihat dengan jelas? Bisa-bisa rusak secara permanen!

4. Mengganggu Orang Lain

Bunda, Jangan Pernah Bawa Bayi ke dalam Bioskop! Ini Alasannya
Mengganggu orang lain (Foto: Pixabay/RobinHiggins)

Di luar dari masalah kesehatan, bayi membutuhkan kondisi yang nyaman untuk bisa selalu tenang. Kegiatan bayi hampir selalu tidur itu lah sebabnya bioskop bukan tempat yang tepat untuk bayi. Jika merasa tidak nyaman, bayi akan rewel dan menangis. Orang-orang di sekitarmu akan merasa sangat terganggu. (mar)

Baca juga:

7 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Membawa Bayi Naik Pesawat

#Bayi #Bioskop #Kesehatan Mata Anak #Kesehatan #Anak #Anak Kecil
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan