4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun Memerhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi bayi sebelum genap usia 12 bulan (Foto: Unsplash/Life is Fantastic)

ORANG tua harus selektif dalam memberikan makanan untuk si kecil. Kerentanan tubuh bayi di bawah satu tahun memicu beragam penyakit. Sistem pencernaan yang masih lemah, mengharuskan orang tua untuk selalu memerhatikan kandungan makanan pada bayi.

Beragam kandungan dalam makanan perlu diketahui sebelum memberi makan bayi. Tidak semua makanan yang baik untuk orang dewasa, baik pula bagi kesehatan bayi. Sebelum genap 12 bulan, perhatikan makanan yang dikonsumsi untuk menjaga tumbuh kembang anak.

Baca juga:

Awas! Makanan ini Berbahaya untuk Bayi dan Balita

Menurut laman alodokter, makanan pendamping asi harus memenuhi kebutuhan nutrisi anak hingga usia enam bulan. Ketika melewati usia tersebut, mengenalkan makanan pada bayi bisa mendukung tumbuh kembang anak karena mengonsumsi ragam vitamin dan menutrisi kebutuhan gizi. Meski begitu, kamu juga harus memerhatikan kandungan gizi dalam makanan si kecil untuk menghindari permasalahan tubuh dengan cara di bawah ini.

1. Hindari olahan madu

4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun
Jangan berikan madu ke bayi di bawah satu tahun (Foto: Pixabay/Stevepb)

Meski mengandung ragam manfaat, memberikan madu ke bayi tidak disarankan. Hal ini dikarenakan beresiko mengancam kesehatan bayi yang berusia di bawah satu tahun. Melansir laman alodokter, bayi di bawah satu tahun yang mengonsumsi madu bisa keracunan, obesitas, dan mengganggu pertumbuhan gigi.

Baca juga:

Makanan yang Berikan Kekuatan untuk Pertumbuhan Kaki Buah Hati

Di dalam madu terkandung bakteri clostridium botulinum yang memicu keracunan dikarenakan terganggunya sistem saraf, sistem pencernaan, dan metabolisme tubuh bayi belum kuat. Selain itu, kadar gula dalam madu bisa merusak gigi dan membuat bayi menjadi obesitas.

2. Jangan berikan kacang-kacangan utuh

4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun
Kacang-kacangan utuh tidak dianjurkan bagi bayi bisa membuat tersedak (FotoL Unsplash/Jenn Kosar)

Meski diketahui kacang mengandung serat, vitamin E dan manfaat lainnya yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kacang secara utuh bisa membahayakan si kecil.

Baca juga:

Bunda Wajib Tahu, Berikut Ini Bahan Pantang Buat MPASI

Biasanya, gigi bayi di bawah satu tahun belum cukup kuat untuk mengunyah dan menjadi tersedak. Lebih baik menghindari memberikan kacang utuh pada bayi.

3. Jangan berikan makanan asam

4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun
Tingginya kandungan vitamin C dalam lemon tidak disarankan untuk dikonsumsi bayi (Foto: Unsplash/Irina)

Banyak orang tua yang memberikan buah asam seperti lemon atau jeruk nipis ke bayinya. Ekspresi menggemaskan si kecil ketika memakan buah asam membuat banyak orang tua terhibur.

Namun, makanan yang tinggi asam bisa berdampak buruk bagi si kecil lho. Untuk bayi di bawah usia satu tahun tidak disarankan mengonsumsi makanan asam.

Baca juga:

Jangan Biarkan si Kecil Sembarangan Mengonsumsi Makanan Pedas, ini Alasannya

Tingginya kandungan vitamin C bisa membahayakan kesehatan bayi. Kemungkinan bayi akan mengalami reaksi sakit perut, alergi hingga muntah.

4. Telur setengah matang tidak baik dikonsumsi bayi

4 Makanan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Bayi di Bawah Usia Satu Tahun
Jangan memberikan telur setengah matang atau mentah untuk bayi (Foto: Unsplash/Aida Solomon)

Pada bayi di bawah satu tahun tidak diperkenankan memakan telur setengah matang atau mentah. Adanya bakteri salmonella dalam telur yang memicu infeksi pada bayi. Pastikan kamu selalu memasak makanan matang untuk si kecil. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH