Kuliner

Jangan cuma Sushi dan Ramen, Cobain Juga 5 Kuliner Lain Jepang

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 25 Oktober 2022
Jangan cuma Sushi dan Ramen, Cobain Juga 5 Kuliner Lain Jepang
Kuliner Jepang yang anti mainstream. (Foto: Unsplash/Thomas Marban)

KULINER khas Jepang seperti sushi dan ramen sudah membuat gelombang kuliner nan populer di berbagai belahan dunia. Bahkan, tak perlu ke Jepang, kamu sudah bisa mencoba beragam sushi dan ramen dengan cita rasa autentik di negaramu sendiri, sebagaimana sudah banyak orang Jepang asli yang membuatnya.

Namun, ketika berkunjung ke negara aslinya, tentu kamu tidak ingin menjajal makanan yang itu-itu saja seperti kedua kuliner tersebut. Kamu mungkin ingin mencoba sesuatu yang baru, kuliner yang mungkin sudah ada banyak di negaramu sendiri, tapi belum pernah mencoba versi autentiknya di Jepang secara langsung.

Berencana liburan ke Jepang akhir tahun ini? Berikut lima kuliner khas Jepang yang pantas bahkan wajib kamu coba kala berkunjung ke sana.

Baca juga:

Makanan Jepang yang Mendunia

1. Sukiyaki dan Shabu-shabu

Waspada, sukiyaki dan shabu-shabu bisa jadi menguras dompet. (Foto: Unsplash/Kina)

Pesan sepiring daging mentah favorit kamu, masak dalam panci besar yang terdapat di tengah meja, campurkan pula sejumlah sayuran dalam kuah kaldu, lalu celupkan ke dalam satu pilihan kamu Poles lauk-lauk nan lezat itu dengan nasi putih hangat yang bikin perut nyaman.

Perbedaan antara sukiyaki dengan shabu-shabu, ialah sukiyaki dimasak dalam kaldu manis dan asin dengan rasa nan kuat. Sedangkan shabu-shabu adalah daging yang direbus dalam kaldu bening berbahan dasar rumput laut. Namun, keduanya termasuk makanan yang cukup berkelas karena jumlah daging yang dikonsumsi.

2. Katsudon

Katsudon makanan nan aman dan nyaman. (Foto: Unsplash/Tayawee Supan)

Pada pandangan pertama, Katsudon mungkin bukan makanan yang paling estetik dari semua ragam kuliner Jepang. Namun kelezatan makanan yang satu ini membuatnya jadi salah satu yang paling wajib dicoba, terlebih lebih mudah bikin perut kenyang.

Katsudon dibuat dengan nasi, bawang bombay, irisan daging babi goreng (tonkatsu), dan telur yang dituangkan di atasnya. Sudah menjadi tradisi bagi siswa Jepang untuk memakannya pada malam sebelum ujian karena “katsu” juga berarti menang.

Baca juga:

3 Makanan Jepang yang Paling Sehat, Nikmat, dan Bikin Panjang Umur. Wajib Coba!

3. Omurice

Omurice cukup mengenyangkan dan sehat. (Foto: Cooking with Dog)

Mendengar namanya, mungkin sudah terbayang di kepalamu bahwa kuliner satu itu terdiri dari nasi dan telur. Tepatnya telur dadar. Namun, bagaimana bisa makanan yang hanya terdiri dari nasi dan telur dadar begitu memuaskan perut dan lidah?

Omurice biasanya dicampur dengan saus tomat, diisi dengan ayam, nasi, dan sayuran, dan diletakkan telur dadar sederhana di atasnya. Kamu bisa menemukan omurice di sebagian besar restoran serba bisa, dan ini juga merupakan jenis sarapan populer di kafe Jepang.

4. Onigiri

Onigiri bisa ditemukan di berbagai toserba Jepang. (Foto: Unsplash/Samia Liamani)

Kamu mungkin sudah pernah mencoba onigiri yang dibuat oleh minimarket berwarna biru di Indonesia. Namun, yang ada di Jepang jelas lebih otentik. Kuliner itu merupakan jenis makan siang Jepang yang ringkas, dan cocok juga untuk dikonsumsi larut malam.

Sederhananya, Onirigi merupakan bola nasi dengan ramuan sederhana yang dilengkapi berbagai jenis isian, kemudian dibungkus dengan rumput laut yang menambahkan kerenyahan serta menyehatkan. Kamu bisa menemukan Onigiri di berbagai toserba di Jepang.

5. Anago (belut conger)

Anago enak dan tidak menjijikkan. (Foto: Unsplash/Mak)

Makanan laut yang lezat ini tidak boleh dilewatkan sebelum kamu pulang kembali ke negara asal. Anago sangat cocok karena tekstur dan aromanya lebih mirip dengan daging daripada hidangan belut yang amis.

Kuliner satu itu, ialah belut panggang yang dibalur dengan sejenis saus teriyaki, kemudian diletakkan di atas nasi panas yang nyaman di mulut. Miyajima di Prefektur Hiroshima terkenal dengan hidangan anagonya yang lezat. (waf)

Baca juga:

3 Makanan Jepang Ini Menyehatkan

Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan