Makanan Jepang yang Mendunia

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 30 Desember 2021
Makanan Jepang yang Mendunia
Jepang juga dikenal sebagai makanan yang lezat. (Foto: foodnetwork)

SIAPA yang tidak mengetahui Negara Jepang. Makanan Jepang menjadi salah satu makanan yang populer di dunia, termasuk juga di Indonesia. Cita rasa makanan Jepang yang unik membuat banyak orang menyukainya.

Saat ini, sudah banyak tersedia restoran Jepang di Indonesia, jadi jika kamu ingin mencobanya tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Negeri Tirai Bambu. Beberapa makanan Jepang yang terkenal ini bisa kamu cicipi di restoran Jepang yang ada di Indonesia yang tidak kalah lezat.

Baca juga:

Akal-akalan Makan Sehat Meski Biaya Pas-pasan

1. Sushi

Salah satu makanan Jepang yang terkenal hingga seluruh dunia (Foto: theculturetrip.com)
Salah satu makanan Jepang yang terkenal hingga seluruh dunia (Foto: theculturetrip.com)

Hidangan yang lahir sejak zaman kuno ini terdiri dari nasi dan juga ikan segar yang disajikan dalam beberapa cara dan bentuk. Sushi biasanya dimakan bersama dengan kecap asin khas jepang (shoyu) dan wasabi. Saat ini sushi sangat mudah di temui, sudah banyak sekali restoran Jepang yang menjual makanan ini dengan berbagai macam variasi yang semakin berkembang.

Tidak hanya variasi makananya yang berkembang, bahkan cara penyajiannya pun berkembang. Saat ini mulai dijumpai Kaitenzushi , di mana terdapat Conveyor Belt yang berisi bermacam-macam sushi siap saji di piring-piring kecil yang akan berjalan dengan sendirinya, kita bisa memilih mana sushi yang kita inginkan sambil melihat bermacam-macam sushi lainnya.

2. Sashimi

Makanan tradisional bahkan sebelum adanya sushi (Foto: theculturetrip.com)

Makanan tradisional bahkan sebelum adanya sushi (Foto: theculturetrip.com)

Sebelum mengenal Sushi, di Jepang mereka pertama kali menikmati ikan mentah tanpa nasi. Sashimi mengacu kepada makanan mentah yang diiris tipis, termasuk daging sapi mentah, ayam bahkan kuda, ikan dan makanan laut. Yang menjadi varietas paling populer. Sashimi biasanya dimakan dengan kecap asin, parutan jahe dan wasabi.

Baca juga:

Ngakalin Biar Perut Muat Banyak saat Menyantap 'All You Can Eat'

3. Tempura

Gorengan Jepang yang gurih dan nikmat. (Foto: pexels/Jonathan Borba)
Gorengan Jepang yang gurih dan nikmat. (Foto: pexels/Jonathan Borba)

Hidangan yang terdiri dari bahan-bahan seperti makanan laut, daging dan sayuran yang dilapisi adonan tepung dan telur dan digoreng dengan minyak goreng yang panas sehingga akan menghasilkan gorengan yang renyah saat dimakan. Tempura biasanya dicelupkan ke dalam saus khusus yang disebut tentsuyu sebelum dimakan. Tentsuyu adalah saus yag terbuat dari kaldu, kombu atau bonito kering, mirin dan kecap yang dicampur dengan perbandigan 4:1:1 lalu dimasak, bisa juga ditambhakan jahe atau parutan lobak sesuai selera masing-masing.

4. Soba

Mie soba menjadi hidangan lezat sepanjang tahun. (Foto: theculturetrip)
Mie soba menjadi hidangan lezat sepanjang tahun. (Foto: theculturetrip)

Soba adalah mie yang terbuat dari tepung buckhwheat dengan air dan tepung terigu, dioles tipis dan dipotong menjadi mie dengan lebar 1-2 cm. Soba memiliki bentuk yang panjang dan tipis. Mie soba direbus dengan air panas lalu dimakan dengan dicelupkan ke dalam kuah dingin atau panas sesuai selera. Kuah soba (tsuyu) biasanya dibuat dari kaldu boonito kering atau kombu yang dibumbu dengan kecap Jepang dan mirin. (Pid)

Baca juga:

Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Mental

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan