Budidaya Lalat Tentara Hitam untuk Pengolahan Sampah Organik Pelaksanaan program CSR Budidaya Maggot BSF atau lalat hitam merupakan sebentuk upaya menjawab persoalan sampah organik yang dihasilkan warga. (Foto: Elnusa Petrofin)

LALAT itu berukuran dua kali lebih besar daripada lalat biasa. Warnanya kehitaman dan bentuknya agak menyerupai lebah. Lalat ini kerap terbang di sekitar sampah organik, tapi tak bersifat membawa penyakit atau patogen. Itulah Lalat Maggot Tentara Hitam atau Black Soldier Fly (BSF).

Lalat ini telah dibudidayakan sebagai dekomposer alami sampah organik. Satu kilogram lalat hitam yang masuk fase larva mampu mengonsumsi sekira 300 kilogram sampah organik selama satu bulan.

Berbekal temuan tersebut, PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA), menggulirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) Budidaya lalat BSF di Siantan Hulu, Pontianak, Kalimantan Barat, 19 September 2022.

Kegiatan CSR ini wujud dari pilar Petrofin Pintar yang memiliki fokus pada pendidikan melalui pelatihan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat.

Pelaksanaan program CSR Budidaya Maggot BSF atau lalat hitam merupakan sebentuk upaya menjawab persoalan sampah organik yang dihasilkan warga. Setiap bulan warga Siantan Hulu menghasilkan sampah organik dan belum ada pengolahan khusus untuk sampah tersebut.

Baca juga:

Entomofagi, Praktek Menyantap Serangga di Berbagai Belahan Dunia

lalat tentara hitam

Budidaya Maggot merupakan upaya alternatif untuk menjawab isu penanganan sampah secara cepat. (Foto: Elnusa Petrofin)

Budidaya Maggot merupakan upaya alternatif untuk menjawab isu penanganan sampah secara cepat. Ini juga diharapkan menjadi pendorong peningkatan ekonomi warga melalui hasil pengelolaan Maggot yang dapat dijual.

Maggot adalah salah satu serangga yang membutuhkan sampah untuk berkembang. Serangga ini mampu mengurangi sampah organik sebanyak 800 kg per bulan di Siantan Hulu.

Putiarsa Bagus Wibowo, Head of Corporate Communication & BoD Support Elnusa Petrofin menyampaikan bahwa pemilihan program CSR Budidaya Maggot BSF ini merupakan upaya Elnusa Petrofin dalam mendukung kebersihan di sekitar wilayah operasional. Selain itu budidaya Maggot juga dapat menjadi salah satu upaya peningkatan ekonomi masyarakat Siantan Hulu.

"Budidaya Maggot ini sebagai bentuk dukungan Elnusa Petrofin kepada PT Pertamina Patra Niaga yang sebelumnya telah memulai kegiatan CSR terintegrasi melalui program Katana Pangeran (Kampung Tanggap Bencana, Penggerak Kesadaran Lingkungan) 27 di wilayah tersebut,” ungkap Putiarsa.

Program CSR Budidaya Maggot ini ditujukan bagi 40 kelompok warga yang telah terbentuk. Bentuknya pemberian bantuan bibit, rumah produksi, hingga pemdampingan agar mampu menjalankan Budidaya tersebut secara mandiri.

Baca juga:

Jangan Jijik, Ini Manfaat Konsumsi Serangga

lalat tentara hitam
Dari sisi ekonomi, Budidaya Maggot diproyeksi mampu menghasilkan keuntungan untuk kelompok masyarakat hingga Rp 5.000.000 per bulan. (Foto: Elnusa Petrofin)

Wis Hardianto, Ketua RW 27 Siantan Hulu sekaligus ketua Kampung Tangguh 27, menyebut kegiatan ini sangat bermanfaat. Menurutnya, warga Kampung Tangguh 27 telah sekian lama menghadapi permasalahan sampah.

"Selain itu, program CSR ini pun menjadi kolaborasi antara Elnusa Petrofin dan Pertamina Patra Niaga. Jadi kami bisa menjalankan langsung karena masih berkesinambungan,” ujar Wis.

Dari sisi ekonomi, Budidaya Maggot diproyeksi mampu menghasilkan keuntungan untuk kelompok masyarakat hingga Rp 5.000.000 per bulan. Pangsa pasarnya telah tersedia. Hasil budidaya Maggot akan dijual langsung ke pengepul. Maggot memiliki kandungan protein tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai pakan ayam, ikan, dan bahan komsumsi hewani lainnya.

Program CSR ini dinilai mendukung Sustainable Development Goal’s (SDG’s) Pemerintah. Sebab, program bertujuan pula menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif, dan pekerjaan yang layak bagi semua.

Melalui program ini juga diharapkan tercipta pembangunan kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Perusahaan berharap CSR Budidaya Maggot dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dari segi lingkungan dan ekonomi bagi masyarakat. Kehadiran kelompok binaan perusahaan yang strategis membuktikan adanya usaha pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan. (dru)

Baca juga:

Selain Belalang, Serangga ini Jadi Pangan Tradisional di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cek Tanda Pacar belum Move On dari Mantan
Hiburan & Gaya Hidup
Cek Tanda Pacar belum Move On dari Mantan

Kisah dengan mantan bisa jadi ganjalan di hubungan baru.

Tim Suzuki Ecstar Siap Hadapi Musim Balap 2022
Fun
Tim Suzuki Ecstar Siap Hadapi Musim Balap 2022

Tim Suzuki Ecstar akan melakukan persiapan untuk menghadapi musim 2022.

Animasi Disney 'Encanto' Menang Best Animated Film Oscar 2022
ShowBiz
Animasi Disney 'Encanto' Menang Best Animated Film Oscar 2022

Encanto merupakan film animasi musikal Disney rilis pada 24 November 2021.

Tips Membiasakan Jamu Agar Tidak Traumatik
Fun
Tips Membiasakan Jamu Agar Tidak Traumatik

Karena kebiasaan itu, lanjut Nova, ia jadi tak merasa takut dan trauma saat meminum jamu.

Mengenal Penyakit Sarkopenia dan Cara Menghindarinya
Fun
Mengenal Penyakit Sarkopenia dan Cara Menghindarinya

Sarkopenia bisa terjadi pada usia muda maupun tua.

Persiapan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri
Fun
Persiapan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri

Tak cuma soal biaya dan urusan akademik, tapi juga yang non-akademik seperti mental, penginapan, dan pakaian.

Parfum Padat, Teman Terbaik untuk Melancong
Fun
Parfum Padat, Teman Terbaik untuk Melancong

parfum padat sudah ada sebelum parfum cair.

Kelanjutan Final Fantasy 7 Remake Diumumkan di Event Final Fantasy 25th Anniversary
Fun
Kelanjutan Final Fantasy 7 Remake Diumumkan di Event Final Fantasy 25th Anniversary

Cloud Strife dan kawan-kawan akan kembali menumpas kriminal di Midgar dengan kualitas dan gameplay terbaru.

BLACKPINK Resmi Rilis Album 'Born Pink'
ShowBiz
BLACKPINK Resmi Rilis Album 'Born Pink'

Born Pink jadi album penuh kedua dari BLACKPINK.

Leather Bomber Jacket, Item Fesyen Hits Masa Kini
Fashion