Agar Bubur Lebih Mengenyangkan Makan bubur saja bisa bikin cepat lapar. (foto: Instagram @indifoodcourt)

BUBUR menjadi menu andalan beberapa orang untuk sebelum memulai aktivitas. Namun, di balik kenikmatan menyantap bubur, banyak yang merasa saat makan bubur, mereka lebih cepat merasa lapar lagi. Benarkah demikian?

Umumnya, bubur dibuat dari beras putih yang dimasak dengan air dalam jumlah yang sangat banyak. Karena airnya sangat banyak, beras pun akan kehilangan tekstur khasnya yang kasar menjadi sangat halus. Waktu memasak yang lama membuat pati beras jadi menyebar dan menyatu dengan air. Hasilnya, bubur polos yang sangat lembut dan kental.

BACA JUGA: Makanan Bersaus Korea atau Jepang Digemari

Kombinasi proses masak yang lama dan penggunaan air dalam jumlah banyak menjadikan bubur makanan yang membuat kamu lebih cepat lapar. Selain itu, bubur tidak begitu kaya akan vitamin, protein, mineral, dan zat gizi lain yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Hal itu disebabkan kandungan terbesar bubur ialah air.

Proses memasak dengan air yang sangat lama juga mengubah struktur beras. Beras yang tadinya penuh vitamin, mineral, protein, dan serat berubah jadi pati berkandungan utama glukosa dan karbohidrat.

Namun, jika kamu termasuk penggemar setia bubur untuk sarapan pagi, berikut beberapa cara agar bubur lebih bernutrisi sehingga bisa membuat kenyang lebih lama.

1. Tambahkan sayur

bubur manado
Bubur Manado diberi tambahan sayur. (foto: Instagram @yully_norsyam)

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan tubuh untuk menjalani fungsi sehari-hari. Oleh karena itu, kamu bisa makan bubur dengan sayuran, misalnya sayur bayam, wortel, daun bawang, dan bok choi.

2. Tambahkan daging rendah lemak atau telur

egg
Telur rebus, cara paling mudah menambahkan protein ke dalam bubur. (foto: pixabay/congerdesign)

Protein sangat berguna agar makanan kamu bisa tahan lama di perut. Untuk melengkapi bubur dengan protein, kamu bisa menambahkan daging rendah lemak, misalnya daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih (lemak), atau telur rebus.

3. Buat kuah kaldu

broth
Buat bubur dengan kuah kaldu. (foto: pixabay/hans)

Kuah kaldu, misalnya kaldu sapi dan ayam, kaya akan nutrisi seperti protein dan zat lainnya yang bisa memicu produksi kolagen dalam tubuh. Itulah sebabnya kuah kaldu terasa lebih nikmat daripaa air biasa. Selain itu, kamu pun akan kenyang lebih lama dengan makan bubur kuah kaldu.

4. Topping kacang-kacangan

bubur ayam
Jangan lewatkan topping kacang-kacangan. (foto: Instagram @geroebakburyam.id)

Protein, vitamin, dan mineral bisa kamu dapatkan dalam kacang-kacangan. Bagi banyak orang, makan bubur memang tidak lengkap tanpa kacang, misalnya kacang tanah. Jadi, lain kali jangan memesan bubur tanpa kacang kalau kamu tidak mau perut cepat lapar lagi.(*)

BACA JUGA: Makanan ini Bisa Bantu Mengatasi Jet Lag



Dwi Astarini