Brand Modest Fesyen Lokal Jadi Raja di Negeri Aing Brand-brand modest ternama negeri aing berjaya di negeri sendiri (foto: istimewa)

INDONESIA, menurut data dari Pew Research Center, berada di urutan pertama pada 10 negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia. Posisi itu tak pernah berubah sejak 2017.

Kemendag mencatat populasi muslim di Indonesia saat ini berjumlah sebanyak 231.069.932 atau sekitar 12,7 persen dari populasi muslim di seluruh dunia.

Baca Juga:

Produk Paling Populer Made In Negeri Aing Digemari Idola Kpop

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar potensial bagi industri modest fesyen. Terlebih, brand-brand modest fesyen Indonesia kualitasnya sudah semakin baik.

mengenal berbagai brand Indonesia yang terkenal dan berkualitas (foto: istimewa)

Bahkan tak sedikit para desainer modest fashion tanah air telah berkiprah di kancah dunia, seperti Paris Fashion Week, New York Fashion Week dan masih banyak lagi.

Menurut The stage of Global Islamic Economy Report 2018/2019, Indonesia merupakan negara memiliki andil terbesar kedua di industri modest fashion, setelah Arab Saudi. Indonesia tercatat memiliki perputaran uang sekitar USD 20 miliar atau sekitar Rp 284 triliun untuk industri modest fashion.

Tak heran bila prestasi Indonesia di kancah industri modest fashion cukup membanggakan lantaran para desainernya telah modar-mandir di ajang fesyen dunia. Mereka antara lain, Dian Pelangi, Vivi Zubaedi, Jeny Tjahyawati, Tuty Adib, Lia Afif, Melia Wijaya, Nila baharuddin, Kursien Karzai, Ayu Dyah Andari, Nina Nugroho, Zainal Songket, Laudya Cynthia Bella, Rya Baraba dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Bagteria, Tas Tangan Made Negeri Aing Digemari Sosialita Mancanegara

Busana muslim lokal semakin berkualitas dan bisa diadu dengan buatan negara lainnya (foto: istimewa)

Selain semakin banyaknya desainer menghadirkan busana muslim berkualitas, di sisi lain konsumen dalam negeri turut punya andil besar memajukan pasar modest fesyen tanah air.

Brand busana muslim lokal menjadi 'Raja' di Negeri sendiri. Konsumen dalam negeri sudah percaya pada beberapa brand modest ternama tanah air meski harganya beberapa tak murah.

Salah satu brand modest cukup populer di Tanah Air, Vanilla Hijab. Bermula dari Niat awal Atina mendirikan Vanilla Hijab di 2013. Saat itu orang tuanya sudah banyak menghabiskan dana untuk penyakit autoimun diderita Atina.

Atina kemudian bertekad untuk membiayai kuliahnya dengan uang sendiri, dan menjual hijab secara online. Saat itu usia Atina masih 19 tahun.

Setelah sekitar 6 tahun berlalu, dari sekadar online shop biasa, Vanilla Hijab pun berubah menjadi salah satu brand busana muslim ready-to-wear menjadi incaran para hijabers di berbagai belahan Indonesia.

Membuat brand tak semudah membalik telapan tangan (Foto: istimewa)

Dengan meraih pencapaian followers di Instagram sebanyak 2,1 juta, nama Vanilla Hijab cukup diperhitungkan di jagat fesyen modest Indonesia.

Selain itu brand modest cukup diperhitungkan di tanah air, Shafira. Brand asal Bandung berkiprah lebih dari 30 tahun dan menjadi pionir di industri fashion ini, cukup diminati para pencinta busana muslim high-end.

Tak perlu lagi meragukan kualitasnya. Terbukti dengan pengalaman sudah tiga dekade di industri fesyen tanah air. Shafira tetap banyak diminati para masyarakat kelas menengah keatas.

Salah satu brand modest fesyen lokal lainnya cukup diperhitungkan, Zoya. Bila mencari hijab branded, kamu pasti akan langsung teringat dengan Zoya, notabene salah satu brand baju muslim ternama di Indonesia.

Zoya memiliki desain lebih ceria, seperti "light and color". Baju muslim rilisan Zoya lebih ringan untuk digunakan sehari-hari pada berbagai keperluan, dan mudah di mix and match.

Selain itu, Zoya pun kerap melakukan kolaborasi dan menggunakan brand ambassador artis ternama tanah air, seperti Nevertari, Laudya Cynthia Bella, Eriska Rein, dan desainer sekaligus entertainer Ivan Gunawan.

Zoya beberapa bulan lalu sempat menghadirkan busana dengan tekonologi Viroblock Series. Teknologi tersebut dikabarkan bisa memberikan tingkat perlindungan lebih baik terhadap virus

Brand selanjutnya Dian Pelangi. Nama tersebut tentu sudah tak asing lagi di telinga publik. Dian Pelangi ialah brand baju muslim ternama di Indonesia juga terkenal di luar negeri.

Hal itu tak terlepas dari kegigihan Dian Wahyu Utami, creative director Dian Pelangi. Ia aktif mengikuti fashion show besar di luar negeri seperti Paris, Prancis.

Bicara soal modest fashion, kini perkembangan para pelaku kreatif di industri tersebut beragam dan diisi orang muda.

Indonesia bisa menjadi kiblat modest fashion dunia (foto: istimewa)

Hal itu ungkapkan desainer sekaligus ketua Indonesia Modest Fashion Designer, Jeny Tjahyawati. Jeny optimis Indonesia bisa menjadi kiblat modest fashion dunia.

"Kelahiran desainer-desainer muda bertalenta terus bermunculan, hal itu menjadi salah satu kekuatan luar biasa dalam memperkuat industri ini," jelas Jeny nan optimistis dengan wacana Indonesia sebagai kiblat modest fesyen dunia.

Lebih lanjut Jeny menambahkan, guna mewujudukan mimpi besar tersebut, perlu adanya dukungan berbagai pihak. Jeny juga berharap, khususnya pemerintah dapat memberikan dukungannya terkait infrastruktur dan sistem nan berpihak demi terwujudnya wancana Indonesia menjadi kiblat modest fesyen dunia. (Ryn)

Baca Juga:

Kretek Made In Negeri Aing Harumnya Sampai Mendunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bugatti Enggan Ikuti Tren Mobil Listrik
Fun
Bugatti Enggan Ikuti Tren Mobil Listrik

Setidaknya hingga sepuluh tahun ke depan.

Harley-Davidson Luncurkan Low Rider El Diablo, Hanya Ada 1.500 Unit
Fun
Harley-Davidson Luncurkan Low Rider El Diablo, Hanya Ada 1.500 Unit

Harley-Davidson buat sepeda motor baru berdesain klasik ala 80-an.

'BNI Mandalika Music Vibes' akan Hadirkan Pertunjukan Spektakuler
ShowBiz
'BNI Mandalika Music Vibes' akan Hadirkan Pertunjukan Spektakuler

BNI Mandalika Music Vibes akan menghadirkan sejumlah musisi ternama Tanah Air

Meat Loaf, Pelantun 'I'd Do Anything for Love', Meninggal Dunia
ShowBiz
Menkominfo Imbau Kreator Konten Pegang Nilai dan Norma yang Berlaku di Indonesia
Fun
Menkominfo Imbau Kreator Konten Pegang Nilai dan Norma yang Berlaku di Indonesia

Menkominfo Johnny G. Plate menanggapi kasus konten yang dinilai kurang pantas untuk disajikan.

Begini Seharusnya Manajemen Keuangan Generasi Sandwich
Fun
Begini Seharusnya Manajemen Keuangan Generasi Sandwich

generasi sandwich memiliki beban finansial yang lebih besar.

Nvidia RTX 4090 Dirumorkan Memiliki 24 Gigabyte VRAM
Fun
Nvidia RTX 4090 Dirumorkan Memiliki 24 Gigabyte VRAM

Nvidia memberikan VRAM lebih besar untuk seri Ti.

Paduan Suara Batavia Madrigal Unjuk Gigi di European Grand Prix 2022
Fun
Paduan Suara Batavia Madrigal Unjuk Gigi di European Grand Prix 2022

Batavia Madrigal memenangi European Grand Prix 2022.

Produsen Susu Siap Perkuat Bisnis UMKM Kopi Kekinian
Kuliner
Produsen Susu Siap Perkuat Bisnis UMKM Kopi Kekinian

Kopi kekinian mendapat tempat di hati konsumen dari berbagai kalangan.

Tol Cipularang Diresmikan, Jalan Tol dengan Pembangunan Tercepat di Indonesia
Fun
Tol Cipularang Diresmikan, Jalan Tol dengan Pembangunan Tercepat di Indonesia

Jalan tol Cipularang memotong waktu perjalanan Jakarta-Bandung.