Bagteria, Tas Tangan Made Negeri Aing Digemari Sosialita Mancanegara Nancy Go dibalik pembuatan bagteria dengan bahan dan desain unik . (bagteria.co)

PARIS Hilton sempat membuat jagat fesyen tanah air heboh pada sekira enam tahun silam. Cicit Conrad Hilton, pendiri Hotel Hilton tersebut, menenteng tas tangan dengan pegangan melengkung sebagai tumpuan bagian inti tas warna silver penuh ornamen manik-manik berkilau bergelantungan, saat mengenakan gaun hitam bermotif kupu-kupu putih.

Tas tangan tersebut merupakan merek asli buatan anak negeri, bernama Bagteria. Tas tangan tersebut berhasil memikat penggemar fesyen dunia, para sosialita, juga pesohor dalam dan luar negeri.

Baca juga:

Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing

Nancy Go, orang Indonesia kelahiran Brasil pemilik sekaligus pencetus Bagteria memulai kecintaan terhadap fesyen dengan menjahit, menyulam, dan merajut sejak duduk di bangku SMP.

"Saya selalu menyukai menjahit, dan mengagumi dompet nenek moyang kita dengan hiasan detail nan rumit," kata Nancy dikutip Indonesiadesign.

Setelah tamat SMA, ia kemudian melanjutkan studi di Budiarto Fashion College dengan jurusan desain busana.

bagteria
Bagteria dibuat langsung menggunakan tangan. (Instagram: @bagteriaofficial)

Dari situ, Nancy mampu mengasah lebih dalam bakat menjahit dan menyulam. Berbekal pelajaran dan pengalamannya ketika kuliah, Nancy memberanikan diri untuk memulai karirnya di dunia fesyen sejak tahun 2000. Tas tangan menjadi produk andalannya sejalan dengan bakat dimilikinya.

Berawal modal Rp 300 juta dan bersama lima pegawainya, Nancy mulai menjahit, menyulam, membuat renda, dan memberi payet langsung menggunakan tangan.

Nancy mengerjakan ornamen unik di setiap tas tangan buatannya meski harus melewati proses panjang dan memakan waktu lama. Enggak heran bila satu tas Bagteria seharga lima juta hingga 12 juta rupiah.

Meski tradisi tas tangan selaik gubahan Nancy sudah jadi tren fesyen di masa lalu, Bagteria justru terus mendapat perhatian pelbagai kalangan, seperti Seperti Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thompson. Mereka memadupadankan tas tangan Bagteria dengan tampilan busana elegan.

bagteria
Bagteria mengawali karirnya dari luar negeri, setelah itu baru Indonesia. (Instagram: @bagteriaofficial)

Sedari awal, Nancy memang sudah memiliki visi membuat tas eksklusif dengan bahan unik. Di antaranya terbuat dari bahan eksklusif seperti kristal swarovski, gold plated, sterling silver, kulit burung unta, kulit ikan dari Islandia, hingga gading mammoth.

Selain itu, demi menjaga eksklusivitas tas, produk asli buatan tangan ini enggak bisa dijual massal lho. Nancy hanya memproduksi 25 desain dengan tiga seri warna di setiap musimnya. Setiap warna hanya diproduksi 299 buah saja di seluruh dunia.

Baca juga:

Barang Made in Negeri Aing Naik Kasta di Luar Negeri

Nancy semula menyadari tas tangan buatannya enggak terlalu digemari masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia tahun 2000-an, lebih menyukai tas impor. Maka, Nancy mengawali debut tas buatannya tersebut di Hong Kong. Padahal ia sama sekali tidak ada kenalan berasa di negara tersebut, sehingga harus menawarkan produknya secara langsung dari toko ke toko.

Ternyata mengawali penjualan di Hong Kong, menjadi pilihan yang tepat. Salah satu toko di Hong Kong tertarik dengan desain tas unik Nancy. Tidak tanggung-tanggung, toko tersebut berani memborong 50 buas tas. Tidak disangka, tas tersebut laku dan mendapat sambutan baik kalangan sosialita di Hong Kong.

Setelah menuai kesuksesan di Hong Kong, Bagteria kemudian mengembangkan sayapnya hingga ke Milan. Tas unik ini ternyata cocok dengan selera warga asal Negeri Pizza tersebut. Dari sana, tas buatan tangan asli anak bangsa akhirnya dsejajarkan dengan merek fesyen ternama, seperti Louis Vuitton, Chanel, dan Prada.

Bagteria, bukan sekadar nama tanpa dasar. Nancy menamakan merek tas tersebut dengan harapan mampu menyebar layaknya bakteri. Saat ini, Bagteria sudah tersebar ke Amerika, Eropa, Uni Emirat Arab, hingga Jepang.

View this post on Instagram

A post shared by Bagteria (@bagteriaofficial)

Bagaimana di Indonesia? Jika biasanya produk lokal harus terkenal di dalam negeri terlebih dulu baru go internasional, justru pemasaran produk Bagteri sebaliknya.

Bagteria lebih dahulu dikenal di pasar internasinal, lalu menyusul para pesohor dan sosilaita tanah air menggemarinya.

Setelah sukses di mancannegara, kini Bagteria membuka toko batik tas pertamanya di Plaza Indonesia sejak 2008. Meski peminatnya terbatas, Bagteria justru memiliki pelanggan di kalangan ternama di Indonesia, seperti mantan ibu negara Ani Yudhoyono, Veronica Tan, dan Anggun C Sasmi. (Rzk)

Baca juga:

Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Uki Eks Noah Rintis Bisnis Busana Muslim
ShowBiz
Uki Eks Noah Rintis Bisnis Busana Muslim

Diberi nama Emka Clothing.

Sambut Hari Batik Nasional, Yuk Wujudkan Kreasi Kreatif Kamu
Tradisi
Sambut Hari Batik Nasional, Yuk Wujudkan Kreasi Kreatif Kamu

Sambut Hari Batik Nasional di era digital.

Musim Kedua ‘Hospital Playlist’ Tayang Juni 2021
ShowBiz
Musim Kedua ‘Hospital Playlist’ Tayang Juni 2021

Para pemain saat ini masih dalam tahap membaca skenario.

Setelah 33 Tahun, Film ‘Tjoet Nja’ Dhien Tayang Kembali di Bioskop
ShowBiz
Kim Jung Hyun Dianggap Tak Profesional
ShowBiz
Kim Jung Hyun Dianggap Tak Profesional

Kim Jung Hyun menolak semua bentuk skinship selama pemotretan pasangannya dengan Seohyun

Ini Penjelaan CDC Soal Penularan Coronavirus Dari Hewan Peliharaan
Fun
Belanja Kebutuhan Sehari-Hari Kini Makin Asyik
Fun
Belanja Kebutuhan Sehari-Hari Kini Makin Asyik

Gratis ongkir dan produknya terjamin segar.

Berselang 50 Tahun, Kalender 1971 Bisa Dipakai Lagi di 2021
Fun
Berselang 50 Tahun, Kalender 1971 Bisa Dipakai Lagi di 2021

Tahukah kamu kalau kalender yang dibuat setengah abad lalu ternyata dapat digunakan tahun ini?

Intip Fitur Menarik iPhone 13
Fun
Intip Fitur Menarik iPhone 13

Fitur terbaru iPhone sangat mumpuni.

Video Musik ‘Dedare Tanjung’ Sundancer Terinspirasi dari Quentin Tarantino
ShowBiz
Video Musik ‘Dedare Tanjung’ Sundancer Terinspirasi dari Quentin Tarantino

Sundancer melengkapi salah satu single berjudul Dedere Tanjung dengan sebuah video musik.