Kecantikan

Body Lotion vs Body Cream, Mana Lebih Baik?

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 11 Oktober 2022
Body Lotion vs Body Cream, Mana Lebih Baik?
(Foto: Pexels/Moose Photos)

PENGGUNA produk kecantikan dituntut cermat dan cerdas. Ini untuk menghindari kesalahan dalam penggunaannya sekaligus memaksimalkan fungsinya. Sumber bacaan tentang produk kecantikan telah tersedia di berbagai wahana, dari buku sampai internet. Banyak produk kecantikan tersebut serupa tapi tak sama. Misalnya body lotion dan body cream.

Kamu mungkin lebih sering mendengar body lotion, sedangkan body cream lebih asing. Keduanya sama-sama berfungsi untuk melembabkan loh, tapi dengan bahan, situasi, dan cara yang berbeda.

Dikutip dari Instyle, body lotion merupakan pelembab ringan yang biasanya mengandung kadar air yang lebih tinggi dibandingkan body cream. Lotion cenderung tidak terlalu berminyak dan menyerap lebih cepat ke dalam kulit.

Menurut Dr. Geeta Yadav, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri FACET Dermatology, tekstur lotion yang tipis dapat dikaitkan dengan kekayaan formula dan konsentrasi bahan-bahannya.

Baca juga:

Enggak cuma Sehabis Mandi, ini Waktu Paling Tepat Mengoleskan Body Lotion

body lotion vs body cream
Perlu diketahui bahwa lotion tubuh aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit. (Foto: Pexels/Dana Tentis)

Perlu diketahui bahwa lotion tubuh aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit. Lotion tubuh paling cocok digunakan untuk kulit seimbang atau berminyak karena cenderung tidak menyumbat pori-pori.

Lotion juga cenderung lebih cepat kering sehingga jenis kulit kering tidak begitu terhidrasi, terlebih saat musim dingin. Untuk penggunaan lotion, paling baik diterapkan setiap hari setelah mandi pada kulit yang sudah dibersihkan.

Berbeda dari body lotion, body cream merupakan versi body lotion yang lebih kental. Body cream dirancang untuk menghidrasi dan juga menyehatkan kulit. Bahan-bahan yang digunakan untuk body cream antara lain minyak, mentega nabati, kakao, shea butter, dan juga bahan-bahan seperti ceramide yang berfungsi untuk membantu menyegel kelembaban yang tahan lama.

Baca juga:

Body Lotion atau Sunscreen, Haruskan Pakai Keduanya?

body lotion vs body cream
Body cream bisa digunakan pada semua jenis kulit.(Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Perlu diketahui bahwa asal hialuronat juga merupakan bahan umum untuk body cream. Fungsinya membantu menarik kelembaban ke dalam kulit dengan tujuan mempertahankan tingkat hidrasinya.

Body cream bisa digunakan pada semua jenis kulit. Namun, akan lebih efektif apabila digunakan pada jenis kulit kering. Dengan menggunakan body cream, tubuh akan mendapatkan kelembaban ekstra.

Pada musim dingin ada baiknya menggunakan body cream dibandingkan body lotion. Ini lantaran formula body cream lebih kaya dan bergizi. Secara umum, apabila kamu ingin mencari produk dengan sifat pelembab, kamu bisa menggunakan cream dengan kandungan ceramide.

Shea butter dan minyak kelapa juga memiliki sifat menghidrasi. Sama seperti body lotion, body cream juga sebaiknya digunakan langsung pada saat setelah mandi saat kulit masih sedikit lembab.

Apabila kamu bingung memilih keduanya, ada baiknya untuk mempertimbangkan jenis kulitmu secara keseluruhan dan apa yang dibutuhkan oleh kulitmu. Kesimpulannya, antara body lotion dan body cream tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Semuanya bergantung dengan kondisi kulit yang sedang kamu alami dan butuhkan.

Bila kamu ragu mengenai formulanya, lakukan uji tempel sebelum mengoleskan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hal tersebut bertujuan memastikan bahwa tidak ada sensitivitas atau alergi. (yos)

Baca juga:

Mitos Seputar Penggunaan Sunscreen

#Tips Kecantikan #Produk Kecantikan
Bagikan
Bagikan