Bibir Hitam Bisa Dihilangkan Secara Alami Bibir hitam bisa dihilangkan dengan cara alami (Foto: Pexels/Alexander Krivitskiy)

TIDAK perlu pergi ke dokter untuk menghilangkan bibir hitam. Apalagi jika menggunakan produk kecantikan yang belum jelas khasiatnya. Alih-alih mendapatkan bibir yang sehat, kamu malah mendapatkan dampak negatif dari produk tersebut. Bibir yang hitam bisa kamu hilangkan secara alami.

Alodokter memiliki beberapa tips untuk menghilangkan bibir hitam. Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah kurangi minuman berkafein. Mengurangi frekuensi konsumsi minuman tersebut bisa menghilangkan warna gelap atau hitam di bibir.

Baca juga:

Awas! Jerawat Di Bibir Pertanda Mengidap Penyakit Seksual

Hindari juga kebiasaan menggigit dan menjilat bibir. Kalau kamu lagi gregetan, jangan lagi ya menggigit bibir. Hilangkan juga kebiasaan merokok. Sebab tak hanya menghasilkan kerutan pada bibir. Panasnya rokok bisa membakar kulit bibir. Sehingga bibir terluka dan menimbulkan pigmentasi kulit.

Rokok bisa membuat bibir kamu hitam
Rokok bisa membuat bibir kamu hitam (Foto: Pexels/Pixabay)

Selain itu, kamu juga perlu tahu. Sinar matahari tidak hanya bisa menghitamkan kulit, begitu pula bibir. Paparan sinar matahari bisa membakar dan membuat bibir kering. Solusinya, mulai sekarang gunakan tabir surya dengan SPF 30 pada bibir. Tabir surya untuk bibir bisa didapatkan dari pemakaian lip balm.

Perhatikan juga kandungan lipstik yang kamu gunakan. Hindari penggunaan lipstik dengan kandungan isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Semua itu bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi pada bibir. Hasilnya bibir jadi hitam.

Baca juga:

Awas Bibir Terbakar Sinar Matahari saat Berlibur

Ada kandungan lipstick yang bisa membuat bibirmu hitam
Ada kandungan lipstik yang bisa membuat bibirmu hitam (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Cobalah juga memijat bibir. Memijat bibir dapat mengalirkan aliran darah pada bibir. Karena kulit bibir tipis, aliran darah tersebut bisa membuat bibir tampak merah. Gunakan minyak almond atau es batu saat melakukan pemijatan agar lebih nyaman.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ialah menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Kamu bisa mengelupas (scrubbing) dengan aman menggunakan gula yang dicampurkan dengan madu.

Kemudian, oleskan campuran tadi pada bibir secara merata. Gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Cara tersebut dapat merangsang produksi kolagen baru pada bibir. Sekaligus memperlambat proses penuaan pada bibir. Hasilnya, bibir akan terlihat lebih cerah. (ikh)

Baca juga:

Bibir Terasa Gatal? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH