Awas! Jerawat Di Bibir Pertanda Mengidap Penyakit Seksual Jerawat pada bibir bisa menjadi gejala PMS (Foto: Pexels/Rodolfo Clix)

ADANYA jerawat di sekitar wajah memang sangat mengganggu penampilan. Berkaca saja malas, apalagi bertemu dengan orang lain saat kamu jerawatan. Belum lagi kalau ketemu gebetan. Pokoknya malu deh.

Tapi kamu beruntung kalau hanya memiliki jerawat di area wajah. Hal itu tidak membahayakan. Berbeda jika ternyata jerawat tumbuh di bibir. Bukan hanya mengganggu penampilan, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda kamu terkena penyakit menular seksual (PMS).

Selain itu masih banyak lagi faktor timbulnya jerawat pada bibir. Menurut laman Go Dok, berikut ini beberapa penyebab adanya jerawat pada bibir.

1. Kondisi kulit berminyak

Banyaknya minyak pada wajah menjadi faktor timbulnya jerawat pada bibir. Kelenjar sebasea yang lebih aktif pada kulit membuat wajah seseorang memproduksi minyak berlebih. Sehingga akan timbul jerawat pada area wajah, termasuk bibir. Kulit memang membutuhkan minyak untuk menjaga kelembaban wajah. Namun, jika berlebihan akan banyak jerawat timbul.

2. Ketidakseimbangan hormon

Saat masa pubertas remaja akan jerawatan (Foto: Pexels/Min An)

Ketidakseimbangan hormon terjadi saat wanita sedang mengandung atau dalam siklus haid. Hal tersebut juga membuat wanita memiliki jerawat pada area bibir. Selain itu, jerawat juga bisa timbul pada remaja yang tengah mengalami masa pubertas.

Baca juga: Atasi Masalah Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Bahan Alami Ini

3. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Ini yang paling mengerikan. Jerawat pada bibir bisa menjadi gejala penyakit menular seksual alias PMS. Biasanya penyakit ini memang terjadi karena melakukan seks bebas, terutama oral seks. Selain itu jerawat pada bibir ialah salah satu gejala utama dari penularan Herpes Simplex Virus (HSV), atau yang lebih dikenal dengan Herpes.

4. Pola makan tidak sehat

Pola makan tidak sehat menyebabkan timbul jerawat pada bibir (Foto: Pexels/Robin Stickel)

Terutama bagi kamu yang sering makan junk food dan makanan berminyak. Sisa minyak pada mulut akan membuat area tersebut iritasi. Mulut pun akan terasa gatal dan berujung pada infeksi. Sehingga akhirnya jerawat akan timbul di area mulut.

5. Stres

Menurut para ilmuan hormon stres seperti kortisol, adrenal, dan norepinephrine dapat memicu reseptor pada kelenjar sebasea atau kelenjar minyak. Hasilnya jumlah sebum akan semakin meningkat, dan bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri wajah. Pori-pori pun akhirnya dapat tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Jadi sahabat Merah Putih pernah punya jerawat di bibir? (ikh)

Baca juga: Bahan Sepele di Sekeliling Kamu Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH