Bibir Terasa Gatal? Bisa Jadi Ini Penyebabnya Ada banyak penyebab bibir terasa gatal (Foto: Pexels/Pixabay)

KELUHAN bibir gatal memang enggak berbahaya. Tapi agak mengganggu kalau bibir terasa gatal terus. Bisa-bisa saat berbicara dengan orang lain, kamu malah menggaruk bibir kamu. Nanti malah bikin orang lain ilfeel.

Nah, mengutip Alodokter, ada beberapa penyebab bibir terasa gatal. Cara menanganinya juga berbeda. Apa saja penyebab bibir gatal?

1.Bibir kering

Atasi bibir kering dengan lip balm (Foto: Pexels/Burst)

Bibir terasa kering jika kamu bernapas menggunkan mulut. Apalagi jika kamu terbiasa menjilat bibir. Bukan jadi basah, bibir kamu bisa kering karena hempasan angin. Jika bibir kamu kering bisa jadi bibir kamu kekurangan cairan.

Supaya bibir enggak kering kamu bisa menggunakan lip balm atau petroleum jelly ke bibir untuk melembapkannya. Ditambah, perbanyak minum air putih dan hindari rokok untuk menghindari bibir kering.

2. Cuaca ekstrem

Bibir terasa gatal karena pengaruh cuaca (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Jika kamu bermukim di daerah dengan cuaca ekstrem, bibir kamu pun bisa kering dan terasa gatal. Cuaca ekstrem contohnya seperti cuaca yang sangat panas, sangat dingin, hingga yang berangin kencang.

Cara mengatasinya bisa menggunakan lip balm pada bibir. Gunakan yang mengandung tabir surya jika tempat kamu tinggal sangat panas. Untuk melindunginya dari sinar matahari. Biasakan juga menggunakan masker saat ke luar ruangan kalau cuaca sekitar kamu sangat dingin.

Baca juga:

Awas! Jerawat Di Bibir Pertanda Mengidap Penyakit Seksual

3. Alergi dan iritasi

Alergi bibir juga diikuti dengan gejala bibir pecah-pecah (Foto: Pexels/Rodolfo Clix)

Alergi dan iritasi menimbulkan peradangan pada bibir. Penyebabnya bisa karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, menggunakan obat kumur, pewarna bibir, atau kebiasaan menggigit bibir.

Selain terasa gatal, alergi bibir juga membuat bibir menjadi bengkak atau pecah-pecah. Untuk mengurangi gejala ini kompres bibir menggunakan air dingin atau mengoleskan petroleum jelly pada bibir. Jika masih terasa gatal juga, konsultasikan dengan dokter.

4. Infeksi

Jangan digaruk walau bibir terasa gatal (Foto: Pexels/Rodolfo Clix)

Rasa gatal di bibir memungkinkan adanya infeksi pada bibir. Infeksi bisa terjadi karena bakteri, jamur, maupun virus. Contohnya infeksi bakteri Streptococcus, jamur Candida, atau virus herpes simpleks.

Selain menyebabkan bibir terasa gatal, infeksi di bibir biasanya juga diikuti oleh gejala-gejala lain. Mulai dari demam, bibir bengkak atau perih, dan munculnya bintil atau ruam di bibir. Infeksi bibir harus ditangani langsung oleh dokter. Jangan digaruk juga ya walaupun bibir terasa gatal. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH