Biar Enggak Menular, Simak 4 Etika Batuk yang Benar Penting untuk menerapkan etika batuk. (Foto: Pixabay/mohammes_hassan)

DI masa new normal ini, masyarakat perlu memperhatikan etika batuk di mana dan kapan pun. Penularan penyakit infeksi bisa terjadi melalui kontak langsung atau bahkan menghirup udara yang mengandung droplet patogen. Batuk yang terjadi sesekali sebenarnya merupakan hal wajar, tetapi perlu diperhatikan secara etika.

Batuk berfungsi untuk mengeluarkan berbagai kotoran atau iritan yang bisa menganggu sistem pernapasan dari dalam tubuh. Batuk secara terus menerus menandakan adanya masalah dalam sistem respirasi atau penyakit lainnya. Melansir Hellosehat, berikut empat etika batuk yang perlu kamu ketahui.

Baca juga:

Intip Keseruan Festival Musik Pertama di Dunia Menerapkan Social Distancing

1. Menutup hidung dan mulut dengan tisu

Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung. (Foto: Saddleback Family)
Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung. (Foto: Saddleback Family)

Jika kamu ingin batuk, hendaknya segera mengambil tisu untuk menutupi mulut dan hidung. Buang tisu tersebut segera ke tempat sampah dan jangan biarkan orang lain menyentuhnya. Batuk itu sendiri merupakan refleks yang terkadang sulit dikontrol.

Ada kalanya kamu mau batuk tapi tidak sempat mengambil tisu untuk menutup mulut dan hidung. Di kondisi saat itu, kamu bisa menggunakan lengan atas untuk menutupinya. Bagian lengan atas merupakan bagian yang jarang berkontak dengan benda atau melakukan sentuhan fisik.

2. Menjaga jarak

Jaga jarak minimal satu meter. (Foto: Pixabay/nastya_gapp)
Jaga jarak minimal satu meter. (Foto: Pixabay/nastya_gapp)


Ketika batuk, jangan lupa untuk memalingkan wajah dan menjauhi orang-orang yang ada di sekitar. Etika batuk seperti ini dilakukan untuk memastikan tidak ada cipratan droplet yang mengenai tubuh atau wajah orang lain.

Menurut dr. Frank Esper dari Cleveland Clinic, menjaga jarak penting karena kuman penyakit yang dikeluarkan saaat batuk bisa terlontar sejauh satu sampai dua meter.

Baca juga:

Replika Piramida Ini Mendadak Viral di Internet, Apa Spesialnya?

3. Mencuci tangan menggunakan sabun

Jaga tanganmu untuk tetap bersih. (Foto: Unsplash/Andrew Donovan Valdivia)
Jaga tanganmu untuk tetap bersih. (Foto: Unsplash/Andrew Donovan Valdivia)

Mencuci tangan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan saat ini, terlebih ketika kamu sedang batuk. Sebagian besar penyakit pernapasan berbahaya karena dari sentuhan tangan yang terkontaminasi patogen ke bagian wajah. Kamu bisa menggunakan sabun dan air bersih mengalir.

Cairan pembersih lain seperti hand sanitizer juga bisa digunakan asalkan mengandung alkohol dengan konsentrasi 60 sampai 95 persen. Membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif karena dengan bantuan aliran air kuman bisa langsung terlepas dari permukaan tangan.

4. Menggunakan masker

Selalu menggunakan masker di mana pun berada. (Foto: Unsplash/Anastasia Chepinska)
Selalu menggunakan masker di mana pun berada. (Foto: Unsplash/Anastasia Chepinska)

Jangan lupa selalu menggunakan masker ketika kamu sedang sakit atau tidak. Penggunaan masker juga sebaiknya digunakan dengan tepat. Ganti masker secara berkala atau cuci dengan sabun yang mengandung disinfektan jika menggunakan bahan masker yang bisa digunakan ulang. Meskipun sudah menggunakan masker, tetap jaga jarak dengan orang lain agar tidak tertular kuman. (and)

Baca juga:

Stylish di Masa New Normal, ini Triknya


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH