hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Cegah Helm Bau saat Musim Hujan Sangat Mudah Cegah helm bau saat musim hujan (Foto: Unsplash/NeONBRAND)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

JANGAN kira helm hanya bau kalau tidak dicuci-cuci. Saat musim hujan, helm kesayanganmu berpotensi besar memiliki bau yang tidak sedap. Percuma punya helm dan motor keren kalau baunya tidak sedap. Gagal keren deh.

Tenang, kamu bisa cegah helm bau saat musim hujan. Kuncinya cuma satu, kamu harus rajin membersihkan dan merawat helm saat basah. Melansir kabaroto.com, Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet membagikan tips untuk cegah helm bau saat musim hujan.

Baca juga:

Jarvish, Helm Pintar nan Canggih Bikin 'Bikers' Makin Kece

Menurut Ryan, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah melepas inner padding helm. Bagian ini berupa busa yang membuat bagian dalam helm empuk saat digunakan. Inner padding ada pada bagian atas, depan mulut, kuping kanan dan kiri. "Apabila tidak segera di lepaskan, akan menjadi bau tak sedap dan tumbuh jamur," terang Richard.

Jemur inner padding (Foto: Unsplash/Andrey Shatalin)

Setelah kamu lepas, jemur inner padding di bawah sinar matahari. Bisa juga sekadar membiarkannya terkena angin hingga cepat kering. Jangan terlalu lama menjemurnya ya, asal kering saja.

Baca juga:

Helm Desain untuk Para Hijaber

Barulah kamu bisa melap inner padding. Gunakan foam khusus agar bisa bersih maksimal. Foam khusus tak hanya membersihkan, namun mencegah tumbuhnya jamur yang juga membuat helm bau.

Bawa helm ke dalam ruangan (Foto: Pexels/Ph??t Cùng N?ng)

Tak cuma inner padding, Richard juga menyarankan agar kamu melap bagian luar helm dan visor. Jangan dibiarkan mengering dengan sendirinya, visor bisa buram. "Visor ini juga harus dilepas saat inner padding dibersihkan, agar bau tak sedap hilang," tambah Richard.

Oh iya, selama musim hujan jangan letakkan helm di motor ya. Meskipun kamu menaruhnya dengan bagian posisi bagian dalam tidak terkena hujan, helm bisa tetap basah. Air hujan bisa merembet melalui sela-sela helm. Sebaiknya titipkan di tempat penitipan helm atau bawa ke dalam ruangan. "Selain kehujanan, menjaga-jaga supaya tidak hilang," tukas Ryan. (ikh)

Baca Juga:

Cara Memilih Helm yang Baik, Jangan Sembarangan

Kredit : digdo

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5