Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini Bermain game sekaligus belajar bahasa Inggris (Foto: Pexels/Pixabay)

GAME tak sekedar menghibur anak-anak, tetapi juga bisa memberikan pelajaran berbahasa Inggris. Keterampilan anak dalam bermain harus diimbangi dengan proses tumbuh kembangnya. Seringkali bermainan yang berlebihan memberikan dampak buruk. Meski begitu, permainan tak melulu merugikan.

Pengawasan dan perilaku orangtua dalam mendampingi si kecil memiliki peran penting. Sebagai orangtua, penting untuk membatasi jam bermain anak. Usahakan game yang dimainkan si kecil memiliki manfaat. Salah satunya dengan memastikan bahasa dan jenis permainannya.

Baca juga:

Enggak Melulu Negatif, Bermain Game Pun Bawa Manfaat Positif Lo

Berikut ini beberapa permainan berbasis online yang berbahasa Inggris dan memengaruhi daya pikir si kecil saat bermain.

1. Word Search Pro, teka-teki permainan

Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini
Teka-teki silang dalam bahasa Inggris (Foto: amazon)

Permainan ini menawarkan teka-teki pencarian kata dalam bahasa Inggris. Si kecil dididik untuk menemukan kata dari puluhan huruf secara acak, bisa horizontal, vertikal ataupun diagonal. Permainan ini menantang si kecil untuk mengidentifikasi kata-kata yang tersembunyi dan menarik garis untuk menandai.

Melansir dari deskripsi Play Store, Word Search Pro memiliki 30.000 kata dengan 181 kategori pada setiap mode permainan yang berbeda-beda. Desain yang ditampilkan menggunakan grafik HD dengan dilengkapi animasi dan mode malam sehingga baik bagi kesehatan mata si kecil. Uniknya, permainan ini bisa dimainkan tanpa menggunakan jaringan internet lho.

2. Scrabble, bermain sekaligus belajar bersama teman

Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini
Permainan ini memiliki lebih dari 100.000 kata dalam bahasa Inggris (Foto: bbc)

Game online ini memiliki lebih dari 100.000 kata dalam kamus pemain resmi Scrabble. Dikhususkan untuk usia 13 tahun ke atas. Permainan ini bisa dimainkan sendirian ataupun bersama teman dalam bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol ataupun Portugis. Permainan ini membantu si kecil dalam mengenal kata dalam ragam bahasa, terutama Inggris.

Cara mainnya dengan menambahkan huruf yang kosong membentuk horizontal atau vertikal. Tak jauh berbeda dengan permainan TTS (teka teki silang). Permainan ini mengajak si kecil untuk berpikir cepat, melatih daya tangkap pikir anak dan mempertajam sensitivitas mata anak seperti yang diperoleh dari laman resmi scrabble.

Baca juga:

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif

3. Hangman, teka-teki klasik

Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini
Teka-teki klasik berbahasa Inggris dengan 30 set konten menarik (foto: gamestolearnenglish)

Jenis permainan ini menebak huruf klasik yang disebut Hangman. Mulanya, terdapat surat kosong yang harus dilengkapi dengan huruf untuk mengungkap kata yang tersembunyi. Kalau tebakanmu benar, maka akan terdengar suara. Namun sebaliknya, kalau tebakanmu salah yang terjadi adalah seorang stickman perlahan tertarik.

Permainan ini memiliki 30 set konten yang berbeda-beda. Setiap kontennya memiliki 25 teka-teki dalam satu game. Permainan berbasis online ini menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bisa membantu daya pikir dan melancarkan bahasa Inggris anak sejak dini. Anak diajak belajar sembari bermain.

4. Beat The Keeper, kuis menyegarkan

Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini
Beat The Keeper salah satu kuis berbahasa Inggris yang melatih daya tangkap anak (Foto: British council)

Melansir dari laman fluentu, permainan ini membantu si kecil belajar bahasa Inggris melalui kuis game berbasis jaringan internet. Selama 90 detik, pemain akan diajak untuk menjawab pertanyaan sebanyak-banyaknya terkait dunia olahraga. Permainan ini memperluas wawasan si kecil tentang olahraga sekaligus melancarkan bahasa Inggris.

5. League of Legends, belajar sambil berpetualang

Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini
Permainan petualangan sembari belajar bahasa Inggris (Foto: na.leagueoflegends.com)

Bagi anak yang menyukai permainan petualangan, game ini sangat cocok untuknya. Si kecil akan diajak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan pencarian.

Terdapat fitur obrolan sebagai interaksi untuk mengatur strategi dengan teman satu tim. Tak jarang, game ini dimainkan oleh beragam orang dari berbagai negara sehingga melatih anak untuk mencari cara dalam berkomunikasi. (dys)

Baca juga:

5 Sisi Positif Game 'Zaman Now' yang Jarang Orang Ketahui



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH