Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif Ada Manfaat Lain dari Main Game Selain Membuatmu Senang (Foto: Pexels/Georgia Maciel)

BANYAK stereotipe negatif yang mungkin diucapkan oleh kerabatmu, misalnya dari orang tuamu. Pasti mereka akan menganggapmu pemalas, tidak produktif, dan bahkan menganggapmu 'rusak' hanya karena bermain video game. Benar adanya jika kamu main video game terus menerus akan merusak dirimu, hal tersebut berlaku untuk berbagai hal bahwa sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Namun, ternyata terdapat manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bermain video game. Selain bisa membuatmu menjadi ahli dalam berbagai hal, video game bahkan bisa menahan nafsumu lho! Melansir laman mentalfloss, inilah manfaat bermain video game yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Ternyata bermain game tidak selalu berdampak negatif.

Baca juga:

5 Dampak Negatif Bermain Video Game

1. Video Game Bisa Meningkatkan Kemampuan Kedokteran

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif
Bisa Menjadi Ahli Bedah di Video Game (Foto: Pexels/Pixabay)

Bermain video game ternyata bisa membuatmu menjadi ahli bedah terhebat. Salah satu studi dari spesialis laparoskopik mengklaim bahwa ahli bedah yang bermain lebih dari tiga jam per minggu akan menambah kemungkinan hingga 32 persen dalam meminimalisir eror dalam prakteknya, dibandingkan yang tidak bermain game.

Baca juga:

Canggih, Dunia Kedokteran Manfaatkan Virtual Reality untuk Pengobatan

Tetapi walaupun kamu ahli bedah tetapi kamu bermain game, lihat dulu game apa yang kamu mainkan. Permainan seperti Surgeon Simulator mungkin benar akan membuatmu menjadi ahli bedah yang benar-benar handal.

2. Video Game Bisa Membuatmu Tertarik Akan Sejarah

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif
Bertemu Leonardo Da Vinci di Video Game (Foto: Pink News)

Banyak beberapa game ternama yang mengajarkanmu tentang peristiwa sejarah di ceritanya. Seperti halnya game Assassins Creed, sebagaimana cerita dalam game ini sarat akan unsur sejarah dunia. Seperti beberapa tokoh sejarah yang mungkin hanya bisa kamu temukan di dalam lukisan kuno, game ini bahkan bisa merealisasikan fisik dari Leonardo Da Vinci.

Baca juga:

Genap Berusia 30 Tahun, Simak Perjalanan Panjang Konsol Game Klasik Gameboy

Menurut para peneliti, anak yang bermain game yang berhubungan dengan sejarah ternyata lebih tertarik untuk mengenalkan dirinya kepada sejarah, daripada mereka yang mengenal sejarah melalui buku dan sekedar pengenalan di kanal layar kaca.

3. Video Game Membuatmu Awet Muda

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif
Senang Terus, Tak Perlu Takut Akan Masa Tua (Foto: Pexels/EVG photos)

Beberapa video game yang melibatkan dirimu untuk 'memutar otak' seperti game yang memerlukan keterampilan dalam pemecahan masalah. Puzzle dan teka-teki dalam video game sederhana akan membuat otakmu bekerja, terlebih untuk orang dewasa.

Baca juga:

Video Game Bukan Dominasi Anak Muda

Didalam sebuah studi, bermain 10 jam per minggu untuk orang yang berumur 50 tahun keatas ternyata memiliki umur yang lebih panjang daripada yang tidak bermain video game.

4. Video Game Membantu Rehabilitasi Multiple Sclerosis

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif
Tetap Bugar Tak Perlu Takut Akan Fisik Saat Tua (Foto: Pexels/mali maeder)

Walaupun gejala ini melibatkan saraf, namun beberapa permainan yang memiliki fitur motion sensor seperti konsol Nintendo Wii maupun Xbox 360, ternyata bisa menjadi suatu rehabilitasi untuk orang yang memiliki gejala multiple sclerosis.

Baca juga:

Ketagihan Main Game Bisa Bikin Kegiatan Bercinta Kurang Greget

Salah satu studi menjelaskan bahwa pasien yang memiliki multiple sclerosis yang bermain video game dengan fitur motion sensor, mereka bisa berinteraksi dengan fisiknya seperti halnya fitur balance board yang ada di Nintendo Wii ini ternyata bisa meningkatkan saraf motorik yang terganggu pada pasien multiple sclerosis.

5. Video Game Bisa Jadi Pengalih Hawa Nafsu

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif
Menghindari Dirimu Dari Kebiasaan Buruk (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Untuk kamu yang suka makan berlebihan, merokok, dan meminum alkohol. Menurut sebuah studi, bermain video game ternyata bisa menghindarimu dari kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan tersebut.

Baca juga:

Fitur Terbaru Konsol PlayStation 5 akan Buat Seri Sebelumnya Terlihat Kuno

Walaupun hanya dengan kemungkinan 24 persen, tetapi cara tersebut patut dicoba untuk kamu yang ingin menghentikan kebiasaan merokok ataupun minum alkohol. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH