Kesehatan Mental

5 Hal untuk Memulai Hari Jadi Lebih Bahagia

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Senin, 10 Januari 2022
5 Hal untuk Memulai Hari Jadi Lebih Bahagia
Rutinitas pagi yang membuat kamu lebih bahagia. (Foto: Pexels/kampus production)

BEGITU alarm berbunyi dan beranjak dari tempat tidur, kamu perlu melakukan sejumlah rutinitas standar seperti mandi, menyikat gigi, dan berpakaian. Namun, tahukah kamu bahwa membutuhkan rutinitas pagi tambahan yang akan membuat hari lebih cerah?

Bahkan ketika kekacauan ada di sekitarmu, dengan sejumlah kebiasaan sederhana yang positif kamu bisa menghadapi hari dengan sangat bahagia. Kamu dapat mengatasinya dengan kepala dingin. Berikut adalah sepuluh kebiasaan baru untuk dimasukkan dalam rutinitas pagimu.

Baca juga:

Pentingnya Bangun Pagi Untuk Kesehatan Mental

1. Mulailah hari dengan bersyukur

bersyukur
Memulai pagi dengan syukur. (Foto: Pexels/cottonbro)


Kamu harus bersyukur atas semua berkat yang diterima setiap hari. Sikap bersyukur akan membawamu jauh lebih positif dalam hidup ini. Setiap banyak rasa syukur yang kamu tunjukkan, semakin banyak pula nikmat dan positifnya hidup yang akan kamu terima.

2. Meditasi

meditasi
Melakukan meditasi di pagi hari. (Foto: Pexels/Prasanth Inturi)

Beberapa orang suka bermeditasi bahkan sebelum mereka bangun dari tempat tidur. Mereka suka melakukan ini karena mereka ingin membersihkan pikiran negatif sebelum memulai hari. Luangkan sejenak waktu untuk menjernihkan pikiran, mengatur tekanan darah dan kecemasan, dan memulai hari dengan pikiran yang jernih.

Jika kamu meluangkan beberapa menit untuk bermeditasi dan bernapas dalam-dalam, kamu dapat menghilangkan kepanikan yang muncul tiba-tiba seiring dengan berbunyinya alarm. Percayalah. Tidak ada yang ingin memulai hari baru dengan stres dan kecemasan karena ini bukan cara yang bagus untuk memulai hari.

3. Buat daftar kegiatan dalam sehari

To do list
Buat daftar hal yang harus dilakukan sehari. (Foto: Pexels/breakingpic)

Kamu perlu membuat daftar tugas dan pastikan untuk memeriksanya dua kali. Pastikan bahwa semua yang harus kamu lakukan ada di selembar kertas ini. Gunakan itu sebagai panduan untuk melewati hari.

Namun jangan membebani dirimu dengan terlalu banyak hal karena daftar pekerjaan yang padat justru dapat menjadi kontraproduktif. Cobalah untuk menambahkan waktu untuk beristirahat, waktu untuk makan sehat, dan me time.

Baca juga:

Kebiasaan Buruk di Pagi Hari Sebabkan Wajah 'Break Out'

4. Ucapkan afirmasi harian

afirmasi
Afirmasi positif penting. (Foto: Pexels/Edu Carvalho)


Luangkan waktu lima menit di pagi hari untuk melafalkan afirmasi harian positif. Kalimat pendek yang sederhana dapat meningkatkan energimu. Ucapan positif seperti "hari ini akan menjadi perjalanan yang indah," "saya menyambut hari ini dengan rasa syukur", atau "saya akan bahagia, damai dan bebas stres hari ini" bisa kamu ucapkan saat mandi, saat di mobil dalam perjalanan ke tempat kerja, atau saat menyiram tanaman.

5. Tidur Enam hingga Delapan Jam Sehari

tidur
Tidur cukup penting untuk kesehatan fisik dan mental. (Foto: Pexels/Dewi Komang)


Salah satu cara terbaik untuk menikmati pagi yang menyenangkan adalah memulai dari malam sebelumnya. Jangan begadang menonton drama Korea atau scrolling media sosisal, karena ini akan mempengaruhi hari esokmu

Tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup. Inilah mengapa begitu banyak orang tidak membutuhkan alarm. Tubuh mereka tahu bahwa mereka sudah cukup istirahat dan sudah waktunya untuk bangun. Memiliki defisit tidur dapat mempengaruhi pagi dan sepanjang harimu. Sebaliknya, istirahat yang cukup akan membuat mood mu positif terus sepanjang hari. (avia)

Baca juga:

Tidak Lapar di Pagi Hari Pertanda Ada Masalah Pada Tubuh

#Psikolog #Tes Psikologi #Psikologi #Gangguan Psikologis #Bahagia Pagi
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan