Belajar Legenda Terkenal di Jembatan Siti Nurbaya

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 10 September 2019
Belajar Legenda Terkenal di Jembatan Siti Nurbaya
Instagram/satryalasmana

DI Kota Padang, Sumatera Barat terdapat sebuah jembatan yang sangat ikonis bernama Jembatan Siti Nurbaya. Dengan panjang 156 meter, jembatan ini berdiri kokoh dan membelah Sungai Batang Arau.

Mendengar nama jembatan tersebut tentu kamu akan teringat dengan Siti Nurbaya, seorang anak gadis yang dinikahi paksa oleh orang tuanya. Hal itu memang tidak salah, legenda populer itu adalah inspirasi pembangunan jembatan ini.

Baca juga:

Kemeriahan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi di Kota Tangerang

Jembatan Siti Nurbaya menghubungkan Kota Padang dengan sebuah gunung kecil bernama Gunung Padang. Konon, di puncak Gunung Padang terdapat sebuah makan yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir Siti Nurbaya.

Keindahan Jembatan Siti Nurbaya dikala Malam

Jembatan Siti Nurbaya indah saat malam (Instagram/satryalasmana)
Jembatan Siti Nurbaya indah saat malam (Foto: Instagram/satryalasmana)

Terlepas dari legenda Siti Nurbaya di sana, jembatan yang baru diresmikan tahun 2002 dengan dana pemerintah daerah, pusar serta Asian Development Bank (ADB) dan Overseas Economic Cooperation Fund (OECF) itu sangat indah terutama menjelang sore hingga malam hari.

Baca juga:

Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Surga buat Pencinta Wisata Petualangan

Kamu akan melihat pemandangan langit-langit yang luar biasa indah di sana. Jembatan Siti Nurbaya juga menjadi tempat nongkrong asyik. Di area sekitar jembatan kamu akan melihat para penjual menjajakan kuliner khas Padang.

Tak jauh dari jembatan, terdapat sebuah bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Kamu bisa melihatnya di Jalan Pondok, Niaga, dan beberapa jalan lainnya yang dekat dengan jembatan. Kebetulan, jembatan ini memang dibangun persis di sebelah Kota Tua Padang.

Mempelajari legenda Siti Nurbaya

Salah satu spot populer di Taman Siti Nurbaya (Foto: Instagram/henry_movic)
Salah satu spot populer di Taman Siti Nurbaya (Foto: Instagram/henry_movic)

Tak jauh dari Jembatan terdapat sebuah taman untuk mengenal legenda urban masyarakat Padang, Siti Nurbaya. Taman ini cukup luas dan berada di puncak Gunung Padang. Kabarnya di sana terdapat sebuah makam Siti Nurbaya.

Selain bisa mempelajari legenda yang tercipta dari sejarah fiksi ini, di sana ada beberapa peninggalan tentara Jepang. Kebetulan Gunung Padang adalah basis pertahanan tentara Jepang untuk mengawasi datangnya musuh dari barat.

Baca juga:

Pantai Sandal Jodoh, Ketika Tumpukan Sampah Menjadi Indah

#Wisata Sumatera Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan