Bekerja Ketika yang Lain Libur? Berikut Tips Agar Tetap Senyum tetap nyaman dan senang bekerja saat yang berlibur. (Foto Pexels/Bruce Mars)

DISAAT yang lain menghabiskan libur akhir tahun, kamu malah berkutat dengan pekerjaan. Langsung saja merasa menjadi orang paling terpuruk sedunia. Pekerjaan menumpuk ditambah dengan pekerjaan rekan kerja yang harus ditangani karena mereka berlibur.

Jangan bersungut-sungut teman! Laman Jobstreet memberikan tips mengatasi kegalauan pekerjaan ini. Paling tidak akan membuat hari kamu tetap menyenangkan.


Baca Juga:

Camilan Praktis dan Sehat saat Liburan, Pilih Kacang


1. Prioritas pekerjaan

Prioritas Pekerjaan
Prioritaskan tugas yang akan dikerjakan. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Kalau kamu harus bekerja selama liburan akhir tahun sebaiknya buat prioritas yang harus dikerjakan. Tanyakan pada atasan langsung yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu. Jadi waktu bekerja menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan kamu akan terkejut kalau kamu bisa menyelesaikan pekerjaan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Dengan memprioritaskan bagian-bagian yang penting maka kamu bisa menyelesaikan lebih awal. Buat kesepakatan dengan atasan untuk mengondisikan jam kerja kamu pada hari-hari tertentu sehingga tidak perlu bekerja seharian atau bergantian.


2. Alternatif bekerja

Alternatif Bekerja
Bicarakan dengan atasan waktu yang baik bekerja. (Foto: Pixabay/freephotocc)

Sebaiknya kamu tanyakan pada atasan apakah pekerjaan yang ada dapat dibagi dengan rekan kerja lainnya dengan sistem shift, atau bahkan dapat dikerjakan di rumah. Tentunya semuanya akan memberikan kamu keleluasaan dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Bicarakan pula dengan atasan kemungkinan untuk tidak bekerja pada libur tanggal merah sesuai kalender. Negosiasi dengan baik dan adil sehingga semuanya merasa senang dan nyaman.


3. Waktu perayaan

Waktu Perayaan
Berkumpul dengan keluarga untuk sebuah perayaan bisa dilakukan sebelum atau sesudahnya. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Kalau kamu memang butuh merayakan hari libur sesuai dengan keyakinan kamu, bicarakan dengan keluarga terdekat. Apakah perayaan itu dapat dimajukan atau setelahnya, ini akan berdampak positif pada tugas-tugas pekerjaan kamu. Pun kamu tidak akan merasa ditinggalkan oleh keluarga yang tengah merayakannya.

Baca Juga:

Asyik Banyak 'Long Weekend' di Tahun 2020, Catat Nih Tanggalnya!

4. Medsos bikin galau

Media Sosial
Jauhkan dari medsos yang hanya bikin galau. (Foto: Pixabay/Pixaline)


Bisa jadi kamu tergoda mencari tahu keadaan teman dan anggota keluarga ketika kamu tengah bekerja. Hal itu hanya akan akan membuat perasaan kamu lebih buruk. Ini juga dapat mengalihkan perhatian dari hal-hal yang seharusnya kamu lakukan. Sebaiknya singkirkan saja media sosial saat bekerja selama liburan. Tidak ada gunanya, selain membuat perasaan kamu menjadi galau saja!

5. Beri hadiah pada diri sendiri

Beri hadiah pada diri sendiri
Buatlah kegiatan yang menyenangkan dengan orang terkasih. (Foto: Pexels/bruce mars)


Bolehlah menghibur diri dengan menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang bagus atau menyenangkan. Carilah sesuatu yang membuat kamu bahagia, ajak orang terkasih untuk bersama-sama menikmati. Misalnya pergi ke spa bersama untuk merelaksasi tubuh, atau makan di restoran yang menyajikan menu enak. Apa pun itu, pastikan itu sesuatu yang istimewa untuk menjaga semangat kamu. (*)

Baca Juga:

Lokasi Perayaan Pesta Tahun Baru Paling Meriah di Indonesia

properti
properti
properti
Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH