Begini Cara Raup Cuan Lewat Game NFT Zodiacs Racing menjadi salah satu game NFT. (Foto: Medium)

VIRALNYA Ghozali membuat masyarakat berpikir Non Fungible Token (NFT) hanya berupa karya digital saja. Faktanya, ada berbagai macam NFT bisa jadi instrumenmu mencari cuan lo.

Layanan survei konsumen berbasis digital, Populix, membagikan hasil survei bertajuk Indonesian Modern Consumption membahas seputar perilaku konsumen Indonesia di era modern. Sebagai bagian dari survei tersebut, Populix juga membahas bagaimana masyarakat memahami fenomena NFT pada warga +62.

Menurut survei Populix, ada berbagai macam tipe NFT diurutkan berdasarkan pengetahuan masyarakat, antara lain artwork (58 persen), video game item (52 persen), virtual fashion (43 persen), trading cards/collections (41 persen), various online items (40 persen), musik (38 persen), memes (29 persen), domain name (24 persen), dan sports moment (17 persen). Video game item menjadi salah satu produk paling populer bahkan tak jauh beda perolehannya dengan artwork nan sedang tren di jagad NFT.

Di antara 1.002 responden, 38 persen di antaranya menyatakan pernah membeli NFT dengan mayoritas produk dibeli di antaranya various online items (44 persen), video game items (39 persen), dan virtual fashion (31 persen). Survei menunjukkan aset digital berbasis blokchain diprediksi akan menjadi tren lima tahun ke depan.

Baca juga:

Pemilik CryptoPunk Tolak Tawaran Rp 134 Miliar untuk Sebuah NFT

Begini Cara Raup Cuan Lewat Game NFT
Tipe-tipe NFT. (Foto: Populix)

Di dalan survei tersebut, video game merupakan salah satu produk NFT paling diminati. Seturut itu pula, produk tersebut bisa jadi lahan meraup cuan. Sejak pengenalan NFT dalam ekosistem game, banyak pengguna tertarik untuk memainkan game tersebut. Sebagai game play to earn (P2E), game NFT juga bisa memberikan kesempatan pengguna untuk menghasilkan pendapatan pasif. Hasil aset telah dikumpulkan pengguna dapat ditukarkan menjadi mata uang kripto, kemudian ditukarkan dalam mata uang pelbagai negara.

Ada berbagai macam game NFT bisa kamu coba, mulai dari WidiLand, Zodiacs Racing, Binamars, Axie Infinity, CryptoBlades, Plant vs Undead, Farmers World, Decentraland, Sandbox Games, Alien Worlds, dan masih banyak lagi. Berbeda dari game penghasil uang konvensional, game NFT hanya menawarkan hadiah dalam bentuk koin kripto. Hasil perolehan koin tersebut selanjutnya bisa dilakukan withdraw ke bank lokal atau dompet digital melalui pihak ketiga seperti Indodax dan Tokocrypto.

Sebut saja seperti Zodiacs Racing, salah satu game racing terbaik berbasis blockchain saat ini. Game ini diperuntukkan bagi kamu penyuka game balapan dan pemain bisa mengoleksi mobil NFT dirancang dengan tema zodiak. Mata uang digunakan dalam game ini adalah ZDC atau singkatan dari Zodiacs. Nilai satu token ZDC sekitar USD 0,0187 atua sekitar Rp 200.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mendapat Keuntungan dari NFT?

Begini Cara Raup Cuan Lewat Game NFT
Game Axie Infinity. (Foto: Stealth Optional)

Sebelum bermain, kamu harus menanam modal dulu dengan memasukkan deposit token ZDC. Cara mendapat uang di game ini juga cukup sederhana. Kamu bisa mempertaruhkan mobil sudah dibeli selama beberapa waktu. Syaratnya tentu saja kamu harus memiliki koin ZDC terlebih dahulu. Jika sudah terkumpul, kamu bisa menariknya ke dompet digital.

Selain itu ada juga game Axie Infinity, mengajakmu memelihara hewan peliharaan virtual bernama Axie. Tugasmu bukan hanya merawat Axie tapi juga membawanya ke arena dengan strategi khusus untuk bisa mengalahkan kumpulan Axie di tim musuh.

Berbasis di jaringan Ethereum, Axie merupakan aset NFT bisa kamu beli, jual, tukar, atau lelang di marketplace dengan token khusus bernama AXS. Harga 1 AX setara dengan Rp 917.863. Jika kamu menang dalam suatu misi atau pertandingan, kamu akan mendapat hadiah berupa Smooth Live Potion (SLP) atau Axies yang bisa diperjualbelikan di bursa kripto.

Seperti itu kira-kira gambaran meruap cuan lewat game NFT. Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memainkannya? (and)

Baca juga:

Album Debut Matter Mos 'Pronoia' Bakal Hadir dalam Bentuk NFT

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Srimulat, Contoh Kuali Pertemuan Budaya dan Bahasa
Fun
Srimulat, Contoh Kuali Pertemuan Budaya dan Bahasa

Ide dasar dari komedi yang menjadi trademark dari Srimulat hingga saat ini.

Pandemi Timbulkan Masalah Kulit
Hiburan & Gaya Hidup
Pandemi Timbulkan Masalah Kulit

Perubahan gaya hidup membutuhkan penyesuaian perawatan kulit.

Benarkah Efektivitas Sampo Menurun?
Fun
Benarkah Efektivitas Sampo Menurun?

Sampo diproduksi untuk mengatasi permasalahan rambut.

Film Ketiga 'Sonic the Hedgehog' Dijadwalkan Rilis Akhir 2024
ShowBiz
Film Ketiga 'Sonic the Hedgehog' Dijadwalkan Rilis Akhir 2024

Sonic the Hedgehog telah menjadi salah satu film live-action terlaris dari video game.

Selebritas Hollywood Bagikan Pelajaran Berharga dari Orangtuanya
ShowBiz
Selebritas Hollywood Bagikan Pelajaran Berharga dari Orangtuanya

Artis Hollywood yang mencintai orangtua sepenuh hati

Amankah Minum Air Keran di Jakarta?
Fun
Amankah Minum Air Keran di Jakarta?

Masih berkutat dengan masalah sistem sanitasi.

Tiket Ludes Terjual, Penggemar Siap Unjuk Gigi Ramaikan  Konser Westlife di Jakarta
Hiburan & Gaya Hidup
Tiket Ludes Terjual, Penggemar Siap Unjuk Gigi Ramaikan Konser Westlife di Jakarta

Seluruh kategori tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour 2023 Jakarta tak satu pun tersisa

Rayakan Harbolnas, Jangan Lupa Ikut Rawat Lingkungan
Hiburan & Gaya Hidup
Rayakan Harbolnas, Jangan Lupa Ikut Rawat Lingkungan

Merayakan Harbolnas sekaligus merawat lingkungan.

Bagi-bagi Sarapan untuk Guru Indonesia
Fun
Bagi-bagi Sarapan untuk Guru Indonesia

Bagi-bagi sarapan untuk guru Indonesia