Begadang Main Game Padahal Besok Pagi Ada Kelas? Gas Terus Kamu bisa hidup segar meski begadang hingga dini hari bermain game (Foto: Pixabay/11333328)

TENTU main game asyik banget habis kuliah online yang jamnya tak menentu. Apalagi setelah rebahan mengerjakan tugas, teman langsung WhatsApp kamu buat mabar. Gak bakal nolak deh.

Satu game, atau dua game rasanya tak cukup. Rasanya harus main sampai dini hari biar semua game tuntas. Tapi kamu baru ingat, besok pagi ada kelas jam 7 pagi. Batal dong mabar?

Baca juga:

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin

Tenang, gak usah takut gak bisa bangun pagi. Free Agency eSports mengklaim pemain profesional mampu tidur empat hingga lima jam per harinya.

Jadi bukan mustahil bagi dirimu untuk menghajar bermain hingga dini hari, meski ada kelas besok paginya. Coba nih cara berikut ini:

1. Power nap sebelum bermain

Cobalah untuk power nap sebelum bermain bersama temanmu (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Selain power nap siang hari sebelum bekerja, atau belajar, kamu bisa melakukan power nap sebelum main game di malam hari. Selain kantuk kamu sedikit hilang setelah melalui kegiatan, kamu juga memiliki energi lebih untuk bermain bersama temanmu.

Power nap memiliki manfaat medis seperti memperkuat memori dalam otak, dan meningkatkan kreativitas. Lalu power nap juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang tidak ingin mendapatkan asupan kafein saat bermain.

2. Cukupi asupan kafein sebelum bermain atau di pagi hari

Minum kopi saat bermain, dan sebelum awali pagi (Foto: Pixabay/Aghilms)

Asupan kafein dari minuman berenergi dan kopi adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menjalankan ritual nge-game di malam hari. Kamu bisa mulai bermain game dengan kopi dengan kafein berat, lalu kafein ringan sebelum kamu kuliah online jam 7 pagi.

Di kancah eSports kafein menjadi pilihan terbaik untuk menambah konsentrasi, dan bisa mendominasi permainan.

3. Regangkan otot ketika bermain

Regangkan otot ketika bermain (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Meregangkan otot adalah obat terbaik untuk kamu yang bertugas siang malam di depan komputer. Jangan sampai otot kamu jadi kaku ketika kamu asyik bermain, lalu berdiri layaknya kakek-kakek yang mengalami sakit punggung.

Healthline sangat menyarankan deskercise sebagai latihan terbaik untuk peregangan otot jika kamu melakukan kegiatan di kursi saja. Kamu bisa melakukan latihan ini sebelum bermain, pada pertengahan permainan, hingga selesai bermain lalu melanjutkan permainan selanjutnya.

Baca juga:

Tutorial Jadi Dokter Cinta di Tongkrongan Padahal Enggak Pernah Pacaran

Jangan lupa untuk mengatur tinggi kursi. Jangan terlalu tinggi hingga kaki menggantung, dan jangan terlalu rendah hingga kaki seperti pose jongkok.

4. Pesan makanan enak untuk teman main game

Isi perut ketika bermain dengan cemilan sehat (Foto: Pixabay/Heecehil)

Jangan sampai perut kamu kosong ketika bermain game dini hari. Selain merusak konsentrasimu, kamu juga akan menjadi lebih mudah untuk tidur, dan bangun kesiangan.

Berbagai makanan yang baik untuk dicemil seperti oatmeal, popcorn, yogurt, pisang, serta segenggam kacang. Hindari makan junk food, atau makanan berat seperti nasi, atau mie instan.

5. Pasang alarm agar dapat terbangun sebelum kelas dimulai

Pasang alarm agar tidak kesiangan (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Tidur dulu lah sebentar setelah mabar. Tapi tentu kamu tidak ingin tidurmu menjadi terlalu nyenyak, dan berakhir bangun kesiangan. Makanya jangan lupa pasang alarm.

Setel alarm 15 menit sebelum waktu kamu mandi, lalu atur snooze setiap lima menit sekali. Jangan lupa untuk memasang bunyi alarm yang tidak terlalu keras agar kamu tidak stres kembali saat terbangun. Setelah kelas selesai, baru deh kamu tidur lagi untuk memulihkan energi.

Tapi kamu serius ingin merusak tubuhmu karena begadang bermain game? Lebih baik kamu atur jadwal main game yang benar deh. Menurut Alodokter, banyak sekali efek buruk buat kamu yang suka begadang.

Begadang bikin berat badan naik, kulit menjadi lebih tua, menurunkan libido, degradasi kemampuan berpikir, hingga serangan depresi. Sebaiknya batasi main game di malam hari. Jam tidur yang ideal adalah tujuh hingga sembilan jam. (dnz)

Baca juga:

Kuliah Daring Jangan Ngantuk Dong, Atasi Pakai Cara Ini



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH