Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin Belajar bahasa yang rumit ini dengan cepat dan efektif. (unsplash/@cherrybbybomb)

BANGGA fasih berbahasa inggris? Kamu bakal lebih bangga lagi kalau juga menguasai bahasa Mandarin. Mendengarnya saja sudah ribet banget, mending tidur atau streaming Netflix selagi banyak waktu luang saat masa PSBB.

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin
Banyak sekali produk yang kita gunakan dibuat di Tiongkok. (unsplash/@markuswinkler)

Eits, jangan gitu dulu dong. Bukan sebuah rahasia lagi, Tiongkok saat ini mendominasi pasar ekonomi global dan menggeser AS.

Saat kamu apply kerja dan kemampuan bahasa Mandarin tertera di CV, pasti dilirik deh sama perusahaan. Gaji? Pasti lebih tinggi. Karir? Pasti melesat. Manfaatnya banyak banget.

Buat kamu yang gak nemu-nemu jodoh, siapa tahu jodoh kamu sebenarnya orang Tiongkok? Tapi karena enggak bisa bahasanya, pencarianmu jadi tak berujung.

Baca juga:

Tutorial Jadi Dokter Cinta di Tongkrongan Padahal Enggak Pernah Pacaran

Enggak usah panjang lebar lagi, nih tips gimana kamu bisa belajar bahasa yang rumit ini dengan cepat dan efektif. Ketika PSBB selesai dan bertemu dengan sahabat lagi, kamu bisa pamer deh skill bahasa Mandarin.

1. Manfaatkan Internet

Daripada mnghabiskan kuota dengan streaming Netflix terus-terusan, pakai kuotamu untuk mengunduh aplikasi untuk belajar bahasa Mandarin. Atau nonton tutorial-tutorial yang tersedia banyak banget di Youtube.

Bahkan sebelum PSBB, sekarang semua serba online. Banyak orang menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa baru. Walau beberapa harus bayar, tentunya enggak akan semahal les bahasa langsung. Apalagi kalau lewat YouTube, gratis.

Jangan malas juga untuk mencoba berbagai aplikasi atau menonton akun YouTube hingga kamu menemukan yang paling cocok buat kamu mempelajari bahasa Mandarin.

2. Buat Jadwal

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin
Luangkan waktu minimal 30 menit untuk belajar bahasa Mandarin. (unsplash/@hellokellybrito)

Belajar sesuatu yang rumit seperti bahasa Mandarin membutuhkan komitmen. Kalau kamu hanya meluangkan waktu seuprit buat belajar bahasa Mandarin atau bahasa lainnya, kapan bisanya?

Melansir laman Fluentu, untuk benar-benar belajar bahasa Mandarin, kamu harus mempelajarinya setiap hari. Pelajaran sekali seminggu akan membantu, tetapi tidak cukup.

Jangan panik dan nyerah duluan, setiap hari kamu tidak perlu seperti kuliah online berjam-jam. Pelan-pelan saja, kamu bisa mulai dari 30 menit hingga satu jam per hari. Setelah kamu mulai terbiasa, kamu bisa meningkatkan waktu belajarmu.

Fluentu juga mengatakan bahwa pembelajaran jangka pendek lebih baik daripada sesi panjang. Otak kita hanya dapat menangani begitu banyak informasi, dan pengulangan membantu menyimpan informasi di otakmu lebih efektif untuk jangka panjang.

3. Streaming Sambil Belajar Bahasa Mandarin

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin
Pakai subtitles dan audio bahasa Mandarin. (unsplash/@charlesdeluvio)

Enjoy nonton film atau serial favoritmu sambil belajar bahasa. Kalau nonton, gunakan subtitle Mandarin atau ubah (jika tersedia) audio-nya menjadi bahasa Mandarin.

Banyak orang terbantu belajar bahasa Inggris karena sering nonton film barat, dengerin lagu barat, bahkan tanpa harus les khusus.

Ini akan membantumu familiar dengan kalimat-kalimat tertentu dan pelafalan. Karena dalam bahasa Mandarin, bisa aja sebuah kata memiliki pelafalan sama tetapi dengan nada berbeda, memiliki makna yang juga beda.

Baca juga:

Kuliah Daring Jangan Ngantuk Dong, Atasi Pakai Cara Ini

4. Unduh Aplikasi Kencan, Kalau Jodoh Kencani Orang Tiongkok

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin
Cari jodoh asli Tiongkok, pasti lebih lancar dan efektif belajarnya. (unsplash/@ynmat)

Unduh aplikasi kencan seperti Tinder dimana kamu bisa kenalan sama orang-orang dari berbagai belahan dunia. Enggak pengen pacaran? Walau Tinder itu umumnya aplikasi untuk mencari jodoh, banyak kok orang-orang yang akhirnya menemukan teman baru dari aplikasi itu.

Dengan bertemu teman baru (orang Tiongkok) atau belahan jiwa, setahun saja kamu minimal bisa setengah menguasai bahasa asli sang kekasih. Ya, ini kalau hubungannya langgeng sih. Tapi ingat, jangan PHP orang hanya demi belajar bahasa Mandarin ya.

5. Jangan Hanya Disimpan di Hati dan Otak

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin
Sering-sering praktik mengasah bahkan meningkatkan kelancaran berbahasa Mandarin. (unsplash/@brookecagle)

Sama seperti belajar mengemudi. Sudah bayar mahal, kalau tidak ada praktik, kamu tidak akan lancar-lancar nyetir.

Ilmu yang sudah kamu dapatkan, jangan dipendam di hati kayak kenangan buruk. Kalau punya teman atau keluarga yang bisa bahasa Mandarin, latih kemampuanmu dengan berbicara bahasa Mandarin pada mereka.

Tidak punya teman atau siapapun yang paham bahasa mandarin? Ngomong sendirian aja. Jangan sok merasa aneh, pasti ada waktu di mana kamu ngomong sendirian. Bedanya kali ini kamu ngomong bahasa Mandarin dengan diri sendiri.

Selain praktik berbicara, jangan lupa untuk rajin melatih bahasa Mandarin dengan menuliskannya ya.

6. Tinggal di Tiongkok

Langkah Cepat dan Efektif Mempelajari Bahasa Mandarin
Anti ribet, langsung aja tinggal di Tiongkok. (unsplash/@ly0ns)

Solusi paling efektif, langsung tinggal saja di Tiongkok. Ada alasan paling umum kenapa banyak orang mau belajar bahasa asing, termasuk untuk melanjutkan studi di negara tersebut.

Mau gak mau, kamu akan cepat belajar bahasa Mandarin. Kalau enggak, gimana mau bersosialisasi sama orang di sana? Kecuali kamu mainnya sama orang Indonesia juga.

Tapi, sudah jauh-jauh ke Tiongkok kamu masih membatasi pergaulan hanya dengan orang Indonesia lagi? Rugi dong. Belajar langsung bahasa Mandarin dari orang-orang asli sana dan jangan takut salah, namanya juga belajar. (lev)

Baca juga:

Belajar Bahasa Korea Gratis Bareng BTS, Mau?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yuk Kunjungi 5 Museum Ini Saat #DiRumahAja
Fun
Yuk Kunjungi 5 Museum Ini Saat #DiRumahAja

Berikut ini beberapa museum yang bisa dikunjungi secara online di tengah pandemi virus corona.

LAX Wajibkan Penumpang Pakai Penutup Wajah
Fun
LAX Wajibkan Penumpang Pakai Penutup Wajah

Aturan baru mulai diberlakukan sejak 11 Mei 2020.

Warna yang Jadi Tren di Tahun 2020
Fashion
Warna yang Jadi Tren di Tahun 2020

Lalu, warna apa saja yang akan mendominasi dunia fashion di tahun 2020? Yuk simak berikut ini!

Tidak Hanya Jualan Ayam, KFC Buat Konsol Game Menyaingi PS5
Fun
Setelah Karhutla dan Hujan Es, Australia Diserang Laba-Laba Paling Beracun di Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Setelah Karhutla dan Hujan Es, Australia Diserang Laba-Laba Paling Beracun di Dunia

Laba-laba funnel-web memegang rekor dunia untuk bisa paling beracun di dunia.

3 item terbaik dari Koleksi Pakaian One Piece x Kappa
Fashion
Gerakan Bayarin Kontrakan Pastikan Masyarakat Terdampak COVID-19 Aman di Kontrakan!
Hiburan & Gaya Hidup
Gerakan Bayarin Kontrakan Pastikan Masyarakat Terdampak COVID-19 Aman di Kontrakan!

Sudah beberapa bulan ini saya tidak bisa berjualan. Kampus diliburkan, semua belajar dari rumah sehingga tidak ada pembeli

[HOAKS atau FAKTA]: Cuka Apel Bisa Turunkan Berat Badan
Fun
[HOAKS atau FAKTA]: Cuka Apel Bisa Turunkan Berat Badan

penelitian ilmiah mengatakan cuka apel memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

4 Aktivitas Ini Bikin Gaji Kamu Awet di Awal Bulan
Fun
4 Aktivitas Ini Bikin Gaji Kamu Awet di Awal Bulan

Jangan sampai dompet tipis di awal bulan.

Kumpir, 'Street Food' Mengenyangkan Khas Turki
Fun
Kumpir, 'Street Food' Mengenyangkan Khas Turki

Kumpir merupakan versi Turki dari kentang yang di panggang.