Beberapa Tips Untuk Aktivitas Mendaki Gunung Harus dilakukan dengan pemahaman yang baik.( Foto: Pexels/Kasuma)

BILA pandemi COVID-19 berlalu ada baiknya kamu melakukan aktivitas yang belum pernah dilakukan. Seperti melakukan aktivitas luar ruang yang populer di masyarakat, salah satunya mendaki gunung.

Pendakian gunung merupakan aktivitas yang memang harus memerlukan pengetahuan dan wawasan baik. Seperti memahami karakter gunung yang akan dituju. Ada baiknya mendaki gunung dengan kelompok yang memang sudah terbiasa melakukan aktivitas luar ruang.


Baca Juga:

Bukan Gunung Everest, Inilah Gunung Tertinggi di Dunia


Persiapan dan perencanaan

daki
Luangkan waktu untuk perencanaan. (Foto: Pexels/Ekrulila)

Luangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan pendakian. Perencanaan dan persiapan yang dilakukan adalah peralatan, perbekalan, rute dan teman yang sudah terbiasa dengan lokasi yang dituju.


Alas kaki

daki
Pilih sepatu berkualitas. (Foto: Pexels/george ketselashvili)

Alas kaki atau sepatu sangat penting. Pilihlah yang memiliki kualitas yang baik dan sesuaikan dengan kondisi gunung yang dituju. Kalau melihat kondisi di Indonesia tak perlu memakai sepatu untuk mendaki gunung bersalju atau es. Sebaiknya memilih produk lokal yang mengerti betul situasi dan kondisi medan pegunungan di Indonesia.


Perbekalan

daki
daki-gunung-3Pastikan untuk membawa banyak persediaan air dan makanan-Unsplash-The Creative Exchange

Perbekalan sangat penting. Makanan dan minuman yang dibawa harus sesuai dengan perencanaan. Jangan membawa lemari makanan! Yang terpenting adalah perbekalan tersebut menjamin ketersediaan energi bagi tubuh selama pendakian. Jangan lupa membawa pula perbekalan darurat.


Baca Juga:

Misteri Pulung Gantung di Balik Fenomena Bunuh Diri di Gunung Kidul Yogyakarta, antara Mitos dan Kenyataan


Cuaca

daki
Lihat prediksi cuaca lokal adalah suatu keharusan. (Foto: Pixabay/analogicus)


Sebelum memulai perjalanan mendaki gunung, pastikan mencari informasi ramalan cuaca setempat. jangan memaksakan diri naik bila cuaca tidak memungkinkan. Namun bila terjebak dalam cuaca tidak menyenangkan selama pendian, ada baiknya untuk turun sebelum kondisinyamemburuk.


Darurat

daki
Melatih tindakan pada berbagai jenis keadaan darurat. (Foto: Pixabay/stevepb)


Luangkan waktu untuk bersiap, dan latih tindakan pada berbagai jenis keadaan darurat. Pelatihan secara profesional berarti kamu mampu bereaksi tanpa harus berpikir demi keselamatan diri dan tim. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan dan persediaan untuk situasi dan kondisi darurat. (lgi)

Baca Juga:

Gunung Padang di Cianjur, Megahnya Situs Megalitikum Kembaran Machu Picchu di Peru

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH