Gunung Padang di Cianjur, Megahnya Situs Megalitikum Kembaran Machu Picchu di Peru Situs megalitikum Gunung Padang mirip Machu Picchu di Peru. (foto: Instagram @umar_ichi)

JIKA Peru punya Machu Picchu, Cianjur di Jawa Barat punya kembarannya, situs Gunung Padang. Situs megalitikum Gunung Padang menggemparkan Tanah Air pada 2013 lalu. Tak hanya itu, susunan bebatuan megalitik di Gunung Padang juga menarik perhatian banyak arkeolog. Bahkan ada yang membuat gambar rekonstruksi Gunung Padang yang tampak amat mirip dengan situs Warisan Dunia UNESCO, Machu Picchu di Peru.

1. Membentang luas di dataran tinggi lintasan gunung berapi

situs gunung padang
Luas situs Gunung Padang diperkirakan mencapai 3 hektare. (foto: Instagram @_andreasjonas)

Situs megalitikum Gunung Padang terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasinya berada ketinggian 885 mdpl.

Situs Gunung Padang merupakan kompleks kebudayaan megalitikum yang sangat besar. Luas kompleks bangunan kurang lebih 900 meter persegi. Diperkirakan, luas areal situs ini berkisar 3 hektare. Luasan itu menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Saat pertama kali ditemukan, warga sekitar mengira situs ini berdiri di atas sebuah bukit. Namun, setelah penelitian lebih jauh, Situs Gunung Padang ternyata memilik ketinggian 100 meter per lapis. Rupanya, candi yang dikira berdiri di atas bukit merupakan puncak sebuah piramida. Saking luasnya, jika ditotal, Situs Gunung Padang 10 kali lebih luas ketimbang Candi Borobudur.

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH