Bayam, Rahasia Rambut Sehat dan Tebal Bayam membuat rambut tumbuh sehat dan tebal. (foto: pixabay/ryanmcguire)

RAMBUT membutuhkan berbagai mineral, seperti kalsium, zat besi, tembaga, dan magnesium untuk menjaga pertumbuhannya. Kekurangan mineral dapat menurunkan sirkulasi darah yang berdampak pada kesehatan rambut. Namun, kebanyakan zat besi juga dapat menjadi racun untuk tubuhmu.

Selain mineral, vitamin B kompleks (terutama B3, B5, B6, dan B9 atau asam folat) dan E baik sebagai antioksidan, yang akan melancarkan sirkulasi pada kulit kepala. Vitamin A memiliki manfat untuk folikel rambut dengan menjaga akar rambut tetap lembut dan bernutrisi.

BACA JUGA: Sarapan Super dengan 5 Makanan Ini

Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan kebotakan. Alopecia atau kebotakan merupakan permasalahan kulit yang sudah terjadi sejak lebih dari 2.000 tahun silam dan merupakan masalah kosmetik. Kebotakan lebih banyak terjadi pada pria dan sebagian kecil perempuan usia lebih dari 35 tahun.

bayam
Nutrisi pada bayam sanggup mencegah kebotakan. (foto: pixabay/ponce photography)

Selain kurangnya nutrisi, stres, kelebihan atau kekurangan homon tiroid, infeksi jamur, dan efek samping obat (obat kanker, antikoagulan, antidepresi, pil KB, dan vitamin A yang berlebihan) bisa menjadi penyebab kebotakan.

Berbagai pengobatan, seperti minoxidil dianggap ampuh untuk mengobati kebotakan. Namun, di samping keampuhannya dalam mengobati kebotakan, obat itu juga memiliki berbagai efek samping dalam penggunaannya.

Jangan khawatir, tidak ada salahnya kamu mencoba pengobatan secara alami untuk rambut, salah satunya dengan bayam.

Ada dua jenis bayam, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayam hijau. Sayuran itu mengandung klorofil, beta karoten, lutein, mangan, dan asam folat yang tinggi.

spinach
Bayam merah lebih kaya nutrisi. (foto: pixabay/maxmann)

Bayam merah dan hijau sama-sama bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Bayam kaya akan kandungan vitamin K, A, C, B1, B2, B6, E, magnesium, zat besi, dan omega 3. Nutrisi tersebut membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutmu.

Bayam juga mengandung antioksidan yang membantu menghindarkan rambutmu dari bahaya dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Vitamin B dan C juga baik untuk pertumbuhan rambut dan dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi kolagen dan keratin pada rambut.

Selain itu, banyaknya kandungan zat besi dalam bayam membantu meningkatkan suplai oksigen ke folikel rambut dan menjaga rambut tetap sehat. Bayam juga berfungsi sebagai antiradang yang turut melindungi kulit kepala.

Jadi, untuk menebalkan rambut secara alami, kamu bisa tingkatkan asupan nutrisi penting yang terkandung di dalam sayur bayam. Pastikan kamu rutin mengonsumsinya, ya.(*)

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan dan Mencegah Komedo di Hidung



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH