5 Cara Menghilangkan dan Mencegah Komedo di Hidung Yuk ikuti cara ini untuk mencegah dan menghilangkan komedo. (Foto: verywellhealth.com)

DILANSIR dari healthline.com, komedo merupakan jerawat yang naik ke permukaan kulit. Ketika pori-pori tersumbat kotoran dan menutup, itu akan disebut sebagai whitehead. Namun jika bagian atas tetap terbuka, ini akan dinamakan blackhead atau
biasa kita kenal dengan komedo.

Banyak orang mengira blackhead atau komedo berwarna gelap adalah kotoran yang menyumbat pori-pori. Faktanya, itu merupakan minyak dan kulit mati yang menutup pori-pori dan teroksidasi sehingga menjadi gelap ketika bersentuhan dengan udara.

Baca juga:

6 Tanda ketika Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Sudah Enggak Seimbang

Mengalami masalah wajah satu ini? Yuk hilangkan dan cegah munculnya komedo di hidung dengan lima cara simpel ini.

1. Cuci muka dua kali sehari dan sehabis olahraga

Cuci wajah dua kali sehari. (Foto: The List)
Cuci wajah dua kali sehari. (Foto: The List)

Selain mencegah jerawat, mencuci wajah juga bisa membantu menghilangkan segala kotoran dan minyak penyebab timbulnya komedo. Usahakan untuk mencuci wajah pada pagi hari agar bakteri dan kotoran yang menempel saat malam hari menghilang. Jangan lupa juga sering-sering mengganti sarung bantalmu guna menjaga kebersihan.

Kemudian cucilah muka saat ingin tidur, apalagi jika telah menggunakan make-up seharian. Jika kamu suka berolahraga, maka bilaslah wajah dengan air dan sabun sesegera mungkin. hal itu karena keringat bisa terperangkap di pori-pori bersamaan dengan kotoran dan minyak. Jadi sebisa mungkin jangan biarkan keringat sampai kering di wajah.

2. Gunakan pore strips

Pore pack membantu menghilangkan komedo sementara. (Foto: Beauty Journal - Sociolla)
Pore pack membantu menghilangkan komedo sementara. (Foto: Beauty Journal - Sociolla)

Meskipun hanya bersifat sementara, strip komedo mampu menghilangkan kotoran dari satu lapisan komedo, dan biasanya itu merupakan minyak yang telah teroksidasi dan kotoran yang menghasilkan komedo. Untuk memaksimalkan penggunaan, uapkan wajahmu lewat uap air panas untuk membuka pori-pori.

Baca juga:

Pekerjaan yang Membawa Kamu Keliling Dunia

Strip komedo sesungguhnya tidak mampu mencegah komedo karena mereka tidak mempengaruhi produksi minyak di wajah. Namun strip komedo dapat membuat pori-pori terlihat lebih kecil untuk sementara, dan berpotensi menghilangkan minyak alami dan folikel rambut.

3. Gunakan tabir surya oil-free

Gunakan tabir surya oil-free. (Foto: HuffPost)
Gunakan tabir surya oil-free. (Foto: HuffPost)

Jangan gunakan tabir surya yang mengandung minyak ketika kulit kamu sedang break-out. Hal itu akan mengakibatkan produksi minyak menjadi bertambah. Namun, tabir surya sangat penting jika tipe kulit wajahmu berminyak, kering, atau sensitif. Oleh karena itu pilih tabir surya yang oil-free.

4. Gunakan clay mask

Clay mask berfungsi mengurangi komedo. (Foto: Healthline)
Clay mask berfungsi mengurangi komedo. (Foto: Healthline)

Clay merupakan bahan lembut yang baik untuk wajah dan telah digunakan sejak dahulu kala. Benda ini membantu mengurangi kelebihan minyak serta menghilangkan kotoran dari pori-pori.

Masker wajah yang terbuat dari clay biasanya bekerja lebih lembut daripada strip komedo. Beberapa masker clay yang mengandung sulfur membantu menghilangkan kulit mati dan bisa menyamarkan komedo.

5. Pencegahan blackheads atau komedo

 Jangan gunakan skincare berlebihan. (Foto: The Honeycrombers.)
Jangan gunakan skincare berlebihan. (Foto: The Honeycrombers.)

Hindari penggunaan terlalu banyak produk pencegah atau penghilang jerawat dalam waktu bersamaan. Karena penggunaan berlebih malah membuat jerawat semakin banyak serta memperburuk komedo yang ada di wajah kamu. Tetaplah dengan satu atau dua produk saja.

Jangan lupa pula menggunakan moisturizer. Karena kulit yang terlalu kering cenderung memproduksi minyak berlebih sehingga menghasilkan komedo.

Baca juga:

Kurus belum Tentu Sehat, Waspadai Skinny Fat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH