'Baldur's Gate 3' Dinobatkan jadi 'Game of the Year' Versi Golden Joystick Awards 2023

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 08 Desember 2023
'Baldur's Gate 3' Dinobatkan jadi 'Game of the Year' Versi Golden Joystick Awards 2023
Gim yang terinspirasi dari 'Dungeons & Dragons' memenangkan 'Game of the Year' pada 'Golden Joystick Awards 2023' (Larian Studios)

GAME of the Year versi Golden Joystick Awards 2023 diberikan pada gim Baldur's Gate 3. Gim bergenre RPG ini diadaptasi dari waralaba Dungeons & Dragons mampu mengalahkan gim lainnya. Seperti Alan Wake 2, Marvel's Spider-Man 2, Final Fantasy XVI, dan masih banyak lagi.

Mengutip laman Push Square, selain mendapatkan penghargaan itu, Larian Studios mengantongi enam penghargaan lain. Total developer itu membawa pulang tujuh piala sebagai bentuk penghargaan versi Golden Joystick Awards 2023.

Baca Juga:

Teamfight Tactics Vegas Gelar Turnamen Tiga Hari

Baldur's Gate 3 ini sempat menjadi perbincangan karena Larian Studios sempat melakukan shadow drop atau merilis secara diam-diam di Xbox Series. Tak hanya itu, Baldur's Gate 3 mendapatkan penghargaan lain seperti Best Community Support, Best RPG, Best Multiplayer, serta Player's Voice.

Bila melihat penghargaan lainnya seperti PlayStation, Game of the Year 2023 dimenangkan oleh Resident Evil 4 Remake. Penghargaan eksklusif itu juga diberikan kepada Horizon Call of the Mountain (Best VR Game), Final Fantasy XVI (Best Audio, Best Lead Performer), Cyberpunk 2077: Phantom Liberty (Best Expansion, Best Trailer), dan masih banyak lagi.

Gameplay Sandbox RPG unik dengan inspirasi dan pengambilan dari warala Dungeons & Dragons, adalah gim yang tidak semua gamer bisa menikmati. Ini karena pemahaman yang berbeda dan narasi yang tidak linear menjadikan Baldur's Gate 3 tidak bisa dinikmati banyak gamer, termasuk gamer tanah air.

Baca Juga:

Donkey Kong Country akan Hadir di USJ Super Nintendo World di 2024

Baldur's Gate 3 merupakan gim terbaru yang memperkuat waralaba Dungeons & Dragons. Bukan hanya dari aspek board game, dan trading card game (TCG), melainkan gim RPG yang mampu dinikmati oleh gamer di konsol maupun PC.

Gim terkini dari seri Dungeons & Dragons kedepannya adalah Project Baxter. Sudah siap dinikmati untuk gamer mancanegara berkat sesi online multiplayer yang lebih masif.

Baldur's Gate 3 mendapatkan penghargaan lain seperti Best Community Support, Best RPG, Best Multiplayer, serta Player's Voice.

Sayangnya gim yang hype-nya di tanah air seperti Marvel's Spider-Man 2, Resident Evil 4 Remake, dan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom tidak beruntung meski ketiga gim itu adalah gim AAA yang dimainkan banyak orang. (dnz)

Baca Juga:

Project Baxter, Gim Terbaru Berbasis IP Dungeons & Dragons

#Teknologi #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan