Bahagia itu Mudah! Kamu berhak untuk bahagia (Foto: Pexels/Andre Furtado)

KEBAHAGIAAN adalah hak yang dimiliki oleh semua orang. Banyak yang tidak menyadari bagaimana menjadi bahagia karena merasa diri sendiri tidak cukup baik atau tidak puas dengan pencapaiannya masing-masing.

Kebanyakan orang yang mendengar kata “kebahagiaan” menganggap bahwa itu adalah sebuah emosi seperti kesenangan atau kegembiraan saja. Kebahagiaan tentu bisa ditemukan oleh diri sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun, apa saja sih yang bisa membuatmu bahagia?

Baca juga:

Jangan Lupa Bahagia!

Dilansir dari becoming minimalist, berikut beberapa cara yang bisa dilakuakan agar kamu bahagia:

1. Stop membandingkan

Lihat dirimu sendiri sebelum membandingkan orang lain (Foto: pexels/just name)

Terkadang baik sengaja atau tidak, kita suka membandingkan diri kita dengan orang lain. Lebih cantik, lebih pintar, lebih baik, dan lebih-lebih lainnya.

Namun, semua yang kita ucapkan itu tanpa melihat ke diri kita sendiri. Bisa saja kita lebih baik atau lebih cantik, tetapi karena merasa kuranglah yang membuat kita jadi membandingkan kepada orang lain terus-menerus.

2. Fokus dengan yang baik

Masih banyak hal baik di sekitar kita (Foto: pexels/andrea piacquadio)

Untuk tetap fokus pada yang baik terkadang akan menjadi tantangan sendiri. Terkadang kita selalu merasa kurang karena hal-hal sederhana yang kita temui, seperti pekerjaan yang kurang memuaskan atau gaji yang tidak cukup, atau lainnya.

Karena hal-hal itu, terkadang kita lupa bahwa semua itu juga memiliki sisi baiknya, kita masih punya pekerjaan, masih ada penghasilan, atau lainnya. Maka, untuk bahagia kita harus mulai belajar bagaimana caranya untuk tetap berfokus pada hal baik di sekeliling kita.

Baca juga:

Terikat dengan Alam Bikin Kamu Bahagia

3. Biasakan kebiasaan baik

Mengonsumsi makanan sehat juga merupakan kebiasaan baik yang harus kamu lakukan (Foto: Pexels/Ella Olsson)

Kebiasaan yang baik tentu bisa membantu kita untuk lebih bahagia. Seperti contohnya rajin olahraga.Ketika kita berolahraga otak akan melepas hormon endorfin yang bisa membuat kita lebih senang.

Ketika kita terbiasa dengan hal itu, lama-kelamaan tentu kita bisa jadi lebih baik lagi dan mulai berpikiran positif. Selain olahraga, bisa juga dengan melakukan hobi yang disukai atau makan makanan yang sehat. Itu akan membantu dirimu agar lebih senang.

4. Lihatlah sekitar

Kamu harus peduli dengan orang lain (Foto: pexels_Andre Furtado)

Mengejar kepentingan diri sendiri adalah sebuah hal alami yang pasti akan dilakukan oleh kebanyakan orang. Tapi terkadang kita lupa bahwa ada orang lain di dalam hidup kita. Tidak selalu kita bahagia ketika melihat hasil pencapaian diri dan jatuhnya malah sedih dan merasa kurang bersyukur.

Akan lebih baik jika kita tak hanya melihat diri sendiri, melainkan lihat sekitar kita juga. Lihatlah pencapaian orang lain dan kepentingannya. Karena adanya rasa peduli kepada orang lain, maka hidup akan jauh lebih bermakna dan memiliki kontribusi untuk kebahagiaan orang lain.

Itulah empat hal terpenting dalam hidup yang harus kita lakukan agar bisa lebih bahagia. Berbanggalah dengan diri sendiri, jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa jadi yang terbaik. Tidak semua orang memiliki proses yang sama.

Kebahagiaan adalah hak masing-masing dan kitalah yang berhak menentukan kebahagiaan dan tidak bisa dirusak oleh orang lain. (lio)

Baca juga:

Bahagia Itu Enggak Mahal

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH