Bahagia Itu Enggak Mahal Bahagia itu sederhana (Foto: Pexels/bruce mars)

HIDUP hanya satu kali. Artinya tentu kamu berhak mendapatkan kebahagiaan. Sayang, kebanyakan orang masih beranggapan bahagia itu mahal. Kamu harus memiliki uang banyak untuk meraih kebahagiaan itu.

Anggapan tersebut salah banget. Memang, apapun membutuhkan uang. Tapi kebahagiaan sebenarnya datang dari diri kamu sendiri. Ya, bahagia itu enggak mahal. Asalkan kamu bisa mensyukuri banyak hal.

Menurut laman Fashion Beans, ada tiga hal yang bisa membuat kamu bahagia. Yang membuktikan bahwa bahagia itu enggaklah mahal.

1. Jauhi ponsel

Enggak semuanya yang ada di ponsel pintar itu nyata (Foto: Pexels/Tyler Lastovich)

Jangan sepenuhnya percaya dengan apa yang ada pada ponsel pintarmu. Contoh gampangnya media sosial. Karena terlalu banyak melihat medsos, kamu merasa orang lain lebih bahagia dibandingkan kamu.

Jangan salah, belum tentu foto yang diposting, status yang ditulis di sosial media itu nyata. Banyak orang terlihat bahagia dari luar. Tapi dari dalam, kamu enggak akan pernah tahu apa yang ia rasakan.

Baca juga:

Bahagia Itu Sederhana dan Mudah, Begini Caranya

2. Berkebun

Ketika berkebun kamu akan terlarut dengan nuansa alam (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Berkebun bisa menghilangkan stres. Memberikan peningkatan serotonin, dopamin dan rasa pengasuhan. Ketika berkebun kamu akan berada di luar ruangan. Membuat kamu fokus dan terlarut dengan alam bebas.

"Berkebun secara luas didokumentasikan sebagai metode yang tak ternilai dalam mendukung kesejahteraan mental yang positif," tutur Andy Baxter, pakar berkebun dan MD di Gardener. Ketika berkebun kamu akan melupakan kepenatan, dan berfokus dengan tanaman-tanaman itu.

3. Membaca

Wawasan yang luas membuatmu bahagia (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Isi pikiranmu dengan banyak pengetahuan. Membaca akan memperkaya pengetahuan kamu. Jika wawasan kamu luas, dengan sendirinya kamu akan merasa bahagia. Orang lain pun akan senang mendengarkan ceritamu yang sangat berbobot.

Membaca juga enggak melulu melalui buku. Kamu beruntung hidup di zaman serba canggih. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam artikel melalui internet. Bahkan, membaca melalui wikipedia pun sudah cukup membantu.

Bagaimana sahabat Merah Putih, bahagia itu mudah kan? (ikh)

Baca Juga: Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH