K-Pop
Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing Sehun dengan bangga pake Swallow (Sumber: Berbagai Sumber)

PENGARUH idola Korea memang tidak perlu diragukan lagi! Dalam sekali jentikan jari mereka bisa membuat suatu produk sold out. Enggak terhitung lagi berapa banyak produk mendadak laris manis begitu mereka gunakan. Bahkan benda sereceh sendal jepit lokal, Swallow aja bisa langsung sold out diborong Kpopers. Benda tersebut sempat dijual di eBay dengan harga meroket.

Mengapa sendal sejuta umat di Negeri Aing itu jadi laris manis di kalangan Kpopers? Sendal itu diburu para penikmat musik Kpop khususnya EXO-L (penggemar EXO) setelah idolanya, Sehun EXO kedapatan menggunakannya.

Baca juga:

Minta Maaf Laiknya Tom and Jerry Demi Show Off di Depan Orang Tua

Kenapa penggemar selalu ingin membeli atau memakai barang digunakan oleh idolanya? Dalam buku The Great Power of Fans, penulis Taiwan, Zhangqiang menyebutkan ada istilah "fans ekonomi". Dalam fans ekonomi, modal emosional menjadi intinya. Fandom (komunitas penggemar) diberdayakan sebagai alat pemasarannya untuk menambah nilai modal emosional, dan konsumen sebagai peran utama.

Alat pemasaran dipimpin konsumen langsung. Perusahaan menggunakan emosi konsumen untuk mencapai tujuan mereka dalam menambah nilai pada modal emosional untuk merek dan idola mereka.

Sendal Swallow
Gembok sendalmu biar ga dicolong penggemar Kpop lainnya! (Sumber: Juwitala)

"Ada dua sifat. Pertama lebih menyukai perilaku konsumen itu sendiri, sedangkan kedua lebih berfokus pada antusiasme ditunjukkan dari perilaku konsumen," urai Zhangqiang. Tentu, bagian pertama dapat mengembangkan emosi penggemarnya setelah membelanjakan uang sementara, kedua justru sebaliknya.

Baca juga: Ungkapan Maaf dan Selamat Berlebaran Paling Pasaran di Whatsapp

Sementara itu, jangkauan selebritis diperluas dengan pesatnya perkembangan internet dan teknologi, sehingga masing-masing memiliki pola perkembangan khusus dan berbeda kepada grup penggemar mereka. Engak diragukan lagi efek idola jadi alasan utama bagi konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli suatu produk.

Daya tari selebriti juga sangat mempengaruhi konsumsi penggemar, selain juga dipengaruhi konsistensi penggemar selebriti, dan kreativitas periklanan.

Meski sendal kebanggaan Negeri Aing itu tidak pernah mengeluarkan modal besar menggaet Sehun, justru tiba-tiba para fans begitu tergila-gila ketika tahu idolanya diam-diam menggunakannya secara sukarela. Bahkan, saking begitu diburu, sandal jepit tersebu sampai dilelang di situs jual beli internasional eBay!

Kalo engga percaya coba saja tengok situs tersebut untuk mengecek keberadaan sandal Swallow, niscaya kamu pengen ngeborong sandal Swallow di warungnya Mpok Lela, Mpok Harti, Mba Ginem, dan lainnya.

Sendal Swallow
Auto borong sendal ini di warung biar kaya raya! (Sumber: eBay)

Kalo bagi penggemar produk itu jadi primadona, di Indonesia sandal Swallow punya banyak kegunaan. Bukan hanya sebagai alas kaki, sandal Swallow juga punya beragam fungsi.

Bocah-bocah penggemar olahraga sepak bola biasa menjadikan sandal legend ini sebagai tiang gawang portable! Mereka enggak perlu boyong tiang gawang besi berat. Cukup hanya bawa sendal ringan biasa berwarna putih-hijau, lalau ditumpuk sembarang di dua sisi, kiri-kanan. Gawang tersebut biasa dijumpai saat bocil bermain sepak bola plastik di gang, jalanan, jembatan, sampai lapangan (kalau masih ada).

Selain jadi gawang, anak-anak cowo biasa jadi kiper juga biasa menjadikan sandal Swallow sebagai sarung tangan kiper. Caranya, selipkan dua sendal di kedua tangan. Lalu jepit di antara jari telunjuk dan jari tengah. Voila! Ia seolah jadi David De Gea.

Sendal legendaris
Sendal Swallow si legendaris (Sumber: Twitter/@txtdrsijuki)

Sendal Swallow lekat sekali dengan dunia olahraga di Indonesia. Selain dipakai buat main bola plastik, sendal ini juga bisa menjelma jadi raket buat bulu tangkis. Caranya mudah banget! Di dalam pertandingan dua orang, cukup membutuhkan sepasang sendal Swallow. Sendal kiri dipakai satu pemain, sedangkan sendal kanan dipakai pemain kedua.

Asyik main bola dan badminton sama teman-teman bikin para bocah lupa waktu! Mereka pun pulang sore bahkan menjelang maghrib. Kalau mereka pulang kesorean, biasanya orang tua mereka udah kesal banget nungguin anaknya ngga balik-balik, dan udah siap-siap nunggu anaknya di depan rumah sambil nepuk-nepuk sandal Swallow ke tangan.

"Mau ngapain bun?" "Mau mukul anak gue nih bader (bandel) banget enggak pulang-pulang!" jawab emak-emak sambil mendengus kesal masih sambil nepuk sandal Swallow ke telapak tangan. Begitu anak mereka pulang, sendal jepit karet siap melayang menyambut mereka. Disambit cuy! "Udah mau maghrib nih! Buruan mandi! Siap-siap jamaahan di Mushola sana!" perintah emak mereka.

Sendal Swallow
Sendal Swallow ditandai biar ga ilang (Foto: Istimewa)

Selesai siap-siap, mereka udah cakep banget pake baju koko dan sarung. Enggak lupa dengan parfum semerbak dibeli di Condet. Ritual terakhir dilakukan sebelum jalan ke masjid tentu saja dengan menandai sendal jepit Swallow agar tidak tertukar di masjid. Ya, walaupun harganya cukup terjangkau, tapi masih banyak pencuri sendal Swallow di masjid. Mungkin mereka mau kembaran sama Sehun? (avia)

Baca juga:

Minta Maaf Laiknya Tom and Jerry Demi Show Off di Depan Orang Tua

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jerawat Muncul karena Makan Kacang, Benarkah?
Hiburan & Gaya Hidup
Jerawat Muncul karena Makan Kacang, Benarkah?

Beberapa studi yang dilakukan puluhan tahun terakhir menunjukkan bahwa ada kemungkinan kaitan antara keduanya.

Hal Sederhana Ini Ternyata Kunci Hubungan Sehat
Fun
Hal Sederhana Ini Ternyata Kunci Hubungan Sehat

Komitmen lebih penting bagi kualitas hubungan.

Kisah Tragis Percintaan di Balik Lagu 'Hatiku di Kakimu'  dari Stevan Pasaribu
ShowBiz
Kisah Tragis Percintaan di Balik Lagu 'Hatiku di Kakimu' dari Stevan Pasaribu

Stevan Pasaribu resmi rilis single 'Hatiku di Kakimu'

Lagu ‘Ronan’ Masuk di Album ‘Red (Taylor's Version)’
ShowBiz
Lagu ‘Ronan’ Masuk di Album ‘Red (Taylor's Version)’

Didedikasikan untuk bocah yang meninggal karena kanker.

Apple Akan Peringatkan Pengguna iPhone yang Pakai Kamera Palsu
Fun
Apple Akan Peringatkan Pengguna iPhone yang Pakai Kamera Palsu

Bila pengguna iPhone menggunakan suku cadang kamera palsu saat perbaikan, Apple akan memberikan peringatakan kepada pengguna

Need For Speed: Hot Pursuit Remastered akan Diluncurkan Bulan Depan
Fun
Need For Speed: Hot Pursuit Remastered akan Diluncurkan Bulan Depan

Mengusung jiwa lama dengan teknologi kekinian.

5 Hal Tentang Kehidupan yang Dapat Kamu Pelajari dari Seekor Anjing
Fun
5 Hal Tentang Kehidupan yang Dapat Kamu Pelajari dari Seekor Anjing

Ada beberapa nilai kehidupan yang dapat kita pelajari dari seekor anjing.

Belum Dirilis, Travis Scott Mejeng Pakai Air Jordan 1 Cactus Jack Reverse
Fashion
Kreatif di Masa Lockdown, Pria ini Bangun Roller Coaster di Rumahnya
Fun
Kreatif di Masa Lockdown, Pria ini Bangun Roller Coaster di Rumahnya

Sean LaRochelle membawa keberanian untuk kreatif ke level yang berbeda.

Setelah Satu Dekade, Chrissy Teigen Hapus Akun Twitter-nya
ShowBiz
Setelah Satu Dekade, Chrissy Teigen Hapus Akun Twitter-nya

Keluarnya Teigen dari Twitter merupakan pukulan bagi perusahaan jejaring sosial Twitter